5 Tanda Bisnis Anda Membutuhkan Bantuan Modal Usaha

Di saat yang mendesak seperti di era pandemi ini, tidak heran jika banyak pemilik bisnis yang mulai mencari bantuan modal usaha agar bisa mempertahankan usahanya. Pandemi yang tak kunjung selesai membawa dampak yang tidak menyenangkan bagi sektor bisnis dan ekonomi di seluruh dunia. Mulai dari bisnis kecil sampai perusahaan besar pun tidak luput menjadi korban pandemi.

Jangan sampai operasi bisnis jadi tersendat apalagi gulung tikar! Selain modal kecil dan pemasukan bisnis yang kian menipis, mari simak tanda-tanda di bawah ini yang harus dikenali ketika usaha Anda membutuhkan bantuan modal.

Masalah Finansial Tidak Bisa Ditutupi

Tanda paling utama bahwa bisnis Anda memerlukan bantuan modal usaha adalah ketika muncul masalah finansial bisnis seperti kerugian yang terus menerus. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya penjualan yang tidak memenuhi target atau beban operasional yang semakin membengkak. Di saat seperti ini, tidak dipungkiri bahwa Anda memerlukan bantuan berupa modal tambahan. Anda tidak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman yang bisa menjadi suntikan modal untuk menyeimbangkan kembali kondisi bisnis Anda. Masalah finansial bisnis Anda pun bisa dituntaskan dan Anda lebih leluasa untuk memajukan bisnis.

Banyak Inventaris yang Rusak

Jika core bisnis Anda adalah penjualan barang, seringkali Anda akan mendapatkan diri Anda kekurangan stok barang dikarenakan inventaris banyak yang rusak. Kadang ada saja stok barang yang tidak proporsional dengan permintaan dari konsumen Anda. Sebagai penjual, Anda dituntut untuk selalu mempunyai ready stock yang bisa dibeli kapan saja oleh konsumen Anda. Jika tidak, mungkin saja konsumen Anda akan beralih ke penjual lain karena tidak ingin menunggu kesiapan barang Anda.

Penambahan stok barang tentu membutuhkan modal yang cukup banyak agar tidak mengganggu biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan. Di situasi seperti inilah Anda membutuhkan bantuan modal usaha agar Anda bisa restock inventaris Anda secara rutin tanpa mengganggu biaya operasional lainnya. Rutinnya restock inventaris Anda ini juga bisa dijadikan cadangan apabila penjualan Anda sedang mengalami kenaikan yang tajam. Anda sudah tidak perlu pusing lagi menghadapi situasi dimana stok habis saat konsumen ingin membeli.

Ekspansi Bisnis Tersendat

Setiap bisnis tentu saja ingin melakukan ekspansi. Nah, ekspansi bisnis membutuhkan modal yang memadai agar bisnis utama Anda bisa berjalan beriringan dengan pengembangan usaha yang sudah direncanakan. Terkadang profit yang sudah diterima tidak cukup untuk membantu Anda mengembangkan bisnis. Maka dari itu, Anda bisa mencari bantuan modal usaha dari pihak luar. Bantuan modal usaha ini bukan hanya akan membantu ekspansi bisnis yang Anda impikan, tetapi juga untuk menjaga finansial bisnis yang sudah dijalankan agar tidak terganggu.

Lebih Sering Rugi Daripada Untung

Poin ini mungkin saja alasan yang paling klise saat ingin mengajukan bantuan modal usaha. Banyak sekali pengusaha yang mengajukan pinjaman bisnis karena masalah kurang modal. Hal ini malah mungkin menjadi alasan pertama Anda tidak bisa menjalankan bisnis baru. Selain itu, bisnis yang sudah Anda jalankan mengalami rugi terus menerus, sehingga modal yang Anda punya semakin terkikis. Jika sudah begini, tidak perlu Anda khawatirkan lagi. Anda harus segera mencari bantuan modal usaha agar bisnis Anda bisa tetap berjalan.

Baca juga: 5 Penyebab Bisnis Bangkrut yang Harus Anda Hindari

Bantuan Modal Usaha untuk Performa Bisnis yang Menurun

Seiring berjalannya waktu, bisnis Anda yang awalnya mungkin berkembang dengan pesat. Suatu saat bisnis akan mencapai titik di mana performa bisnis pelan-pelan menurun. Hal ini bisa disebabkan oleh core bisnis Anda yang menjadi terlalu pasaran sehingga konsumen mulai merasa bosan, penjualan Anda yang semakin menurun, atau kalah saing dengan kompetitor. Sementara itu, biaya operasional terus berjalan dan semakin membengkak, menyebabkan arus kas bisnis perlahan mulai tersendat. Apapun sebabnya, sebagai pemilik bisnis tentu Anda harus memutar otak mencari cara mencegah performa bisnis tidak semakin menurun.

Salah satu solusinya adalah suntikan dana untuk menjaga agar finansial bisnis Anda tetap stabil. Tak perlu bingung lagi bagi Anda yang sedang mencari bantuan modal usaha. Modalku bisa membantu Anda mendapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan skema pembayaran yang mudah, cocok sekali untuk pelaku UMKM atau bisnis online. Pendaftarannya pun sangat mudah, bisa dilakukan secara online. Informasi selengkapnya mengenai pinjaman dengan Modalku bisa Anda cek di sini.

Pelajari di sini


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply