5 Penyebab Bisnis Bangkrut yang Harus Anda Hindari

Memiliki bisnis yang berkembang adalah impian dari setiap pengusaha. Namun, ada kalanya keadaanlah yang membuat semuanya berbalik arah, sehingga membuat bisnis bangkrut. Penyebab bisnis rugi dan bangkrut disebabkan oleh banyak faktor. Berikut di antaranya yang perlu Anda pelajari dan hindari agar bisnis berjalan dengan lancar.

Mulai bisnis terburu-Buru

Kesalahan awal bagi pebisnis pemula dan bisa membuatnya bangkrut adalah memulainya dengan terburu-buru tanpa perencanaan yang matang. Bisa saja seperti Anda mengikuti tren perkembangan bisnis yang ada tanpa bekal yang matang. Agar terhindar dari risiko bisnis bangkrut, setidaknya dalam memulainya beberapa hal yang patut diperhatikan adalah:

  • Tuliskan semua detail pekerjaan yang akan dilakukan terhadap bisnis Anda secara terperinci. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain. Begitu pula dengan perencanaan dan proyeksi ke depan harus dilakukan dengan matang.
  • Realistislah dalam berbisnis, sebab ekspektasi yang tinggi bisa jadi boomerang penyebab bisnis rugi. Realistis di sini maksudnya adalah jalankanlah bisnis sesuai dengan kemampuan dan jangan lupa untuk berinovasi. Untuk menjadi realistis, Anda bisa melakukan analisa dengan pendekatan SWOT (strengthweaknessopportunitythreat ).
  • Lalu, cobalah untuk fleksibel dalam menghadapi setiap keadaan. Ingat, kondisi pasar cepat berubah, sehingga Anda perlu menyesuaikan diri terhadap keadaan-keadaan yang mungkin belum Anda perhitungkan sebelumnya.

Terlalu cepat ekspansi

Cepat atau lambat, Anda pun diharuskan untuk memenangkan “pertarungan” dalam berbisnis. Salah satu langkahnya adalah dengan melakukan ekspansi. Akan tetapi, melakukan ekspansi yang terlalu cepat menjadi penyebab bisnis rugi dan pada akhirnya membuat bisnis bangkrut jika tidak dilakukan dengan baik.

Ketika Anda melakukan ekspansi terlalu cepat meski kemampuan dan modal tidak begitu cukup, ini akan membebani keuangan. Kualitas produk pun menjadi menurun dan ketika penjualan melejit, Anda akan sedikit kewalahan menghadapi kesulitan dan kondisi pasar yang tidak menentu. Jadi, pikirkan kembali sebelum Anda melakukan ekspansi dan jangan terlalu terburu-buru sebelum semuanya siap.

Penjualan lebih kecil dari pengeluaran

Penjualan dalam bisnis menjadi poin utama. Sebab, berjalan atau tidaknya sebuah bisnis tergantung pada tingkat penjualan. Bila penjualan berjalan dengan baik, maka bisnis pun berjalan baik. Sebaliknya, jika penjualan sedikit terhambat dan tidak mencapai target, bisnis pun akan menjadi goyah.

Ditambah lagi ketika penjualan lebih kecil, sementara pengeluaran harus tetap dibayarkan. Lambat laun akan membuat bisnis bangkrut. Maka, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan sistem point of  sale (POS) yang tepat. Termasuk promosi dengan gencar untuk mendongkrak penjualan.

Tidak ada dukungan dari tim

Memiliki bisnis tidak mungkin dilakukan sendiri, terlebih lagi bila bisnis Anda merupakan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Jelas di sini Anda membutuhkan tim yang lebih dari satu orang. Bila Anda memiliki modal besar, namun tidak memiliki tim yang solid tentu bisnis akan berjalan tidak seimbang.

Penting sekali untuk merekrut tim terbaik dengan selektif. Bisa saja tim ini terdiri dari orang di sekitar dengan kemampuan yang mumpuni di bidangnya. Salah memilih rekanan bisa membuat bisnis bangkrut karena mereka tidak serius bersama-sama dalam menjalankan bisnis. 

Apalagi jika dari tim ini terlibat tindakan yang tidak dapat dibenarkan hukum seperti penipuan, penggelapan, dan pencurian. Bisnis pun akan terancam gulung tikar. Di sinilah pentingnya Anda untuk merangkul tim dan melakukan evaluasi secara berkala.

Tidak memiliki pencatatan yang baik 

Selain keempat poin penyebab bisnis rugi dan bangkrut di atas, pencatatan bisnis ternyata juga berpengaruh. Ingat, pencatatan menjadi bagian penting dalam bisnis selain operasional. Jika tak diperhatikan dengan baik, lambat laun akan membuat bisnis bangkrut. Terutama untuk catatan keuangan.

Misalnya saja, Anda harus mencatat dengan jelas berapa uang yang keluar, barang yang keluar, begitu pun dengan masuknya barang dan uang. Semuanya harus dilakukan dengan detail dan rapi. Sehingga, ketika ada barang atau produk yang menipis Anda tidak perlu khawatir lagi.

Dengan memperhitungkan hal-hal di atas, setidaknya dapat menjauhkan Anda dari bisnis bangkrut jika dilakukan dengan baik. Kemudian, yang tak kalah penting dalam bisnis adalah modal. Anda dapat memperoleh modal dengan mudah salah satunya melalui lembaga keuangan seperti pinjaman online yang ditawarkan Modalku. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan? Anda bisa klik di sini. Selamat mencoba!

Meta Desc: Dalam menjalankan sebuah bisnis ada banyak hal yang patut diperhatikan agar tidak bangkrut dan rugi. Apa sajakah?

Leave a Reply