Ide Usaha Makanan & Cara Berbisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga ternyata tidak hanya bekerja untuk mengurus keperluan rumah  semata. Anda bisa meningkatkan produktivitas dengan cara berbisnis online usaha makanan. Ide tersebut cocok dikerjakan ibu rumah tangga yang ingin menambah pemasukan sekaligus menerapkan bisnis online yang populer di kalangan UMKM. Apa saja ide bisnis makanan dan bagaimana cara berbisnis online untuk ibu rumah tangga? 

Ide Usaha Makanan

Untuk langkah awal, tentukan terlebih dahulu jenis produk yang hendak ditawarkan. Produk bisa berupa barang, jasa, dan kuliner. Dari berbagai pilihan produk yang ada, Anda bisa memilih makanan rumahan sebagai ide bisnisnya. Berikut ide usaha makanan rumahan yang bisa Anda buat dan pasarkan sendiri di e-commerce ataupun media sosial.

  • Lauk-pauk tahan lama

Ada berbagai produk makanan rumahan yang awet dan digemari masyarakat luas. Beberapa di antaranya adalah tempe kering, kering kentang, kentang mustofa, abon daging, dan makanan kering lainnya. Anda bisa membuatnya sendiri atau menjadi reseller produk makanan ringan dan menjualnya kembali di e-commerce

  • Jajanan ringan 

Ide bisnis makanan rumahan lainnya adalah jajanan serba pedas yang digemari masyarakat, terutama anak-anak muda. Contoh makanan ringan pedas yang bisa Anda jual adalah mie lidi, keripik pedas, makaroni, bihun goreng, dan keripik usus.

  • Kue kering toples

Selain makanan kering dan ringan, ide bisnis makanan rumah selanjutnya adalah kue kering toples. Kue kering banyak diminati terutama saat hari raya besar. Contoh kue kering yang populer dan laris dijual di e-commerce adalah: kue sagu, nastar, kastengel, lidah kucing, dan kue kering matcha.

  • Katering rumahan

Ide usaha makanan lainnya yang bisa Anda coba adalah katering rumahan. Anda bisa memulainya dengan menjajakan makanan dalam skala kecil, seperti nasi kotak hingga prasmanan untuk arisan, hajatan, hingga pesan antar online.

Selain frozen food, food truck juga menjadi pilihan yang menarik lho! Simak selengkapnya di artikel ini: “Cara Memulai Usaha Food Truck Kekinian yang Ramai Pembeli”

  • Frozen food

Beragam pilihan makanan beku yang bisa Anda pasarkan melalui media sosial ataupun e-commerce. Contoh frozen food yang laris dijual adalah nugget, bakso, egg roll, dimsum, hingga cireng. Makanan tersebut banyak diminati karena dinilai mudah dan efektif untuk dimasak langsung. Selain itu, frozen food dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama  hingga beberapa minggu. 

  • Gorengan

Gorengan adalah kudapan favorit sebagian masyarakat di Indonesia. Selain rasanya yang enak dan murah, gorengan merupakan usaha makanan yang dapat dibangun dengan modal kecil. Contoh jenis gorengan populer yang laris manis di kalangan masyarakat adalah cireng, combro, tahu isi, mendoan, risoles, tape, pisang goreng, dan lain-lain. 

  • Rice Bowl

Ide usaha makanan yang satu ini tergolong populer dan banyak diminati oleh masyarakat. ADa berbagai inovasi rice bowl yang bisa Anda jual, seperti rice bowl chicken katsu, ayam geprek, nasi paru, ayam berbagai bumbu; teriyaki, saus padang, lada hitam, dan sambal nusantara. Selain itu, packaging rice bowl dinilai lebih elegan, higienis, dan terjangkau. Anda bisa menjual dan memasarkannya melalui media sosial. Jangan lupa posting foto produk makanan semenarik mungkin, ya!

Baca juga: “4 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Iklan Instagram”

Setelah menentukan produk makanan yang hendak dijual, ada baiknya untuk mengetahui platform apa saja yang bisa digunakan untuk berbisnis online. Memilih platform yang tepat akan membantu Anda dalam memasarkan produk yang Anda jual. Berikut berbagai pilihan platform untuk kebutuhan bisnis online Anda.

Cara Berbisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis online adalah mengetahui platform apa saja yang Anda kuasai. Platform tersebut berguna sebagai media pemasaran bagi produk yang hendak Anda tawarkan. Contoh platform populer untuk memasarkan produk secara online adalah media sosial dan e-commerce.

Ada beragam pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah WhatsApp, Instagram, dan Twitter. Paling mudah yang bisa Anda coba adalah  fitur WhatsApp story dan fitur posting gambar di Instagram. Anda bisa merilis foto produk secara rutin danjangan lupa memperbanyak kontak maupun pengikut di media sosial. Semakin banyak pembeli yang mengetahui keberadaan produk Anda, semakin besar pula kesempatan produk dikenali dalam cakupan yang luas. Selain itu, jangan lupa untuk meningkatkan brand awareness. Branding produk penting dilakukan karena memengaruhi reputasi usaha karena dapat menciptakan hubungan yang baik antara Anda dengan konsumen. 


Baca juga: “Strategi Meningkatkan Brand Awareness dengan Platform Social Media”

Selanjutnya, Anda bisa memilih e-commerce sebagai media penjualan dan pemasaran. Berbagai pilihan e-commerce dapat Anda unduh dan pakai aplikasinya secara langsung. Contoh e-commerce populer dan sering digunakan oleh seller di Indonesia adalah Go-food (Gojek), ShopeeFood (Shopee), Grabfood (Grab), Tokopedia, Food Panda, dll. Masing-masing aplikasi memiliki fitur yang beragam, Anda bisa meminta arahan dari customer services  apabila membutuhkan informasi tambahan.

Itulah ide usaha makanan dan cara berbisnis online bagi ibu rumah tangga. Anda bisa memulainya dengan modal kecil dan memanfaatkan pemasaran online. Jangan pula takut saat usaha Anda membutuhkan bantuan dana. Anda bisa mempercayakan Modalku, platform pendanaan digital tanpa agunan yang melayani fasilitas pendanaan bagi UMKM. Anda berminat menggunakan produk kami? Klik tombol berikut!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply