Cara Jualan Online Laris Menggunakan Tiktok dan Instagram!

cara jualan online dengan instagram dan tik tok

Benarkah melakukan pemasaran (marketing) melalui media sosial itu mudah dan efektif? Meski efeknya tidak langsung besar saat itu juga, namun pilihan untuk menggunakan media sosial adalah langkah yang baik dalam pemasaran produk. Beberapa contoh media sosial yang sering digunakan adalah Tiktok dan Instagram. Kedua platform tersebut melibatkan foto dan video untuk diunggah dan dibagikan ke khalayak umum. Lantas, bagaimana cara jualan online laris menggunakan media sosial TikTok dan Instagram?

Pentingnya Marketing Menggunakan TikTok dan Instagram 

Ada beberapa alasan umum mengapa TikTok dan Instagram kerap dipakai untuk keperluan marketing. Pertama, masing-masing platform memiliki fitur yang bagus untuk mempromosikan produk. Misalnya, Instagram memiliki dua fitur utama feed dan Insta Story, sedangkan TikTok fitur utamanya adalah video pendek dan live streaming. 

Di Instagram feed, pembeli bisa melihat dan membaca informasi produk secara jelas karena foto sudah terunggah dan dapat bertahan secara tetap. Bahkan Foto produk dapat diatur dengan rapi tampilan feed-nya di Instagram. Pengguna bisa menentukan warna, desain, dan konsep promosinya sendiri. Kedua, melalui Insta Story, pengguna bisa memberikan informasi secara ringkas, padat, dan cepat. Anda juga bisa bereksperimen lebih kreatif menggunakan tools yang disediakan, seperti: font, warna filter, dan sejenis tools yang disediakan Insta Story. 


Namun pada tahun ini, Instagram mengeluarkan fitur terbaru berupa Instagram Reels yang memungkinkan penggunanya mengunggah video berdurasi 15 detik disertai dengan fitur kreatif berupa filter, audio, dan lain sebagainya. Mirip dengan TikTok, pengguna bisa menggabungkan beberapa video menjadi satu klip video utuh. 

Selanjutnya, TikTok tidak kalah pentingnya dalam pelaksanaan marketing. Baik dari segi komunitas pengguna serta fitur yang ditawarkan, pelaku bisnis bisa memasarkan produknya di sini. Bahkan secara spesifik, TikTok menyediakan fasilitas TikTok for Business yang menyertakan wawasan statistik maupun tools tambahan untuk mengakomodasi kebutuhan analisa bisnis. 


Baca juga: “Bingung Cara Jualan Online Menggunakan E-commerce? Simak Tips Berikut!”

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Cara Jualan Online Laris Menggunakan TikTok dan Instagram

Berdasarkan faktor-faktor di atas, berikut cara jualan online laris yang bisa Anda terapkan menggunakan media sosial TikTok dan Instagram.

1. Perbanyak Konten Kreatif, Cara Jualan Online 101!

Konten utama yang dapat diunggah di TikTok adalah video sedangkan Instagram bisa video dan juga foto. Salah satu strategi supaya media sosial ramai dikunjungi adalah aktif mengunggah konten secara berkala. Tidak hanya mengunggah foto dan video saja, Anda bisa menggunakan kreativitas untuk membuat konsep konten yang disukai target audiens. Di Instagram, Anda bisa memulainya dengan membuat akun Instagram for Business, lengkapi profilnya, dan mulai dengan unggah konten secara rutin. Jangan lupa gunakan tagar di setiap postingan dan jadikan testimoni pelanggan sebagai salah satu kontennya. Begitu juga dengan TikTok, Anda bisa gunakan TikTok for Business dan menyelipkan tagar di setiap postingan. 

2. Buat Konten Sesuai Target Audiens

Jangan salah pilih konsep untuk postingan. Anda bisa menentukan strategi berdasarkan target audience-nya. Siapakah pengguna media sosial yang mengunjungi akun bisnis Anda? Berapa usia dan apa profesinya? Apakah bisnis Anda merupakan produk kuliner? Jika iya, tentu saja salah satu targetnya adalah pengguna media sosial sekaligus pecinta kuliner. Perbanyak konten tentang makanan dan informasi terkait produk yang Anda tawarkan. Apalagi setiap postingan video memiliki durasi yang tidak lama, sehingga membutuhkan kreativitas dalam mengolah konten.

Baca juga: “6 Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online”

3. Ajak Influencer

Cara jualan online laris selanjutnya adalah menggunakan  jasa influencer. Influencer sendiri dimaknai sebagai seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain dalam mengambil keputusan. Artinya, influencer yang Anda temukan di media sosial merupakan orang yang sukses membangun kredibilitas sehingga berhasil memengaruhi audiens dalam jumlah yang besar. Tidak dipungkiri, kehadiran influencer dapat meningkatkan kredibilitas dan popularitas produk yang Anda tawarkan. 

4. Rutin Evaluasi 

Saat menggunakan media sosial untuk bisnis, salah satu fitur yang dapat digunakan adalah statistik yang dapat dianalisa. Anda bisa mengetahui berapa banyak kunjungan setiap harinya, konten mana yang paling banyak disukai, bahkan Anda juga bisa menganalisa pengunjung menggunakan alat tersebut. Itulah sebabnya penting untuk melakukan evaluasi. Kira-kira konten mana yang harus diperbanyak? Mengapa kunjungan mulai menurun? Serta pertimbangan lainnya yang memungkinkan akun bisnis Instagram dan TikTok dapat terus ditingkatkan.

Misalnya saja, Anda menemukan kecenderungan konsumen terhadap konten yang sifatnya soft-selling. Keberhasilan soft-selling dapat ditrasakan apabila teknik pemasaran dilakukan dengan pendekatan yang halus dan persuasif. Contohnya, apabila Anda berjualan salad buah, maka buatlah konten mengenai pentingnya konsumsi buah secara rutin dan berkala. Dengan menekankan faktor tersebut, Anda dapat menunjukkan salah satu keunggulan produk salad buah yang Anda tawarkan. 

5. Perluas Pemasaran dengan Media Sosial Lainnya

Jangan hanya berhenti di TikTok dan Instagram saja!  Cara jualan online laris salah satunya adalah memperbanyak platform untuk pemasaran produk. Jika bisa ditambah menggunakan YouTube, Facebook maupun Twitter, mengapa tidak? Menentukan platform media sosial juga mempertimbangkan kebutuhan audiens-nya. Karena masing-masing platform memiliki audiens yang berbeda-beda. Semakin dikenal produknya, semakin banyak pembeli yang mencoba mencari tahu menggunakan media sosial yang mereka miliki.

Itulah cara jualan online laris menggunakan media sosial TikTok dan Instagram. Anda bisa mulai menerapkannya dengan mengunggah foto dan video produk secara rutin dan berkala. Selamat mencoba!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply