Bingung Cara Jualan Online Menggunakan E-commerce? Simak Tips Berikut!

Cara jualan online dengan e-commerce

Zaman digital menuntut kita untuk beradaptasi dengan berbagai kemudahan teknologi. Kemudahan tersebut dapat Anda rasakan dalam berbagai hal, misalnya: kecepatan dalam transportasi, pendidikan, komunikasi, fasilitas pinjaman modal usaha hingga aktivitas transaksi jual-beli. Semuanya itu saat ini bisa Anda kerjakan secara daring. Jika Anda berminat untuk membuka usaha yang mudah dan bisa dikerjakan di rumah, ada baiknya untuk mencoba cara jualan online menggunakan e-commerce.

Manfaat dan Kemudahan Cara Jualan Online Menggunakan E-commerce

Jualan online dapat dipasarkan secara mandiri menggunakan platform e-commerce dan media sosial. E-commerce adalah kependekan dari electronic commerce yang diartikan sebagai kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan konsumen dengan seller untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi lainnya. Bisa disimpulkan bahwa e-commerce adalah wadah yang mendukung  masyarakat untuk melakukan aktivitas jual-beli dan bisnis lainnya. 

Baca juga: “Kecanduan Gaya Hidup Digital”

Sebelum membahas mengenai cara jualan online, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu manfaat dan kemudahan menggunakan e-commerce. Pertama, Anda bisa membuka toko tanpa mengeluarkan uang sewa. Artinya, toko tersebut dapat dibangun dan ditemukan secara daring melalui e-commerce. Kedua, fasilitas dan ruang untuk jualan online ada banyak. 

Terdapat berbagai pilihan e-commerce di Indonesia, seperti: Shopee, Lazada, Tokopedia, Bibli, Sorabel, JD.ID, Zalora, dan  sebagainya. Ketiga, biaya operasional yang dikeluarkan lebih efisien, tidak terikat waktu, pemasaran cenderung lebih murah, dan dapat menjangkau konsumen secara luas.  Jualan online menggunakan e-commerce juga mempermudah Anda dalam melakukan transaksi dan menentukan target pasar.

Baca juga: “Tak Hanya E-Commerce, 6 Jenis Platform Jualan Online Paling Laris yang Bisa Dipilih”

Tips Memilih Produk yang Akan Dijual

Memulai usaha online tentu saja harus mengetahui produk seperti apa yang hendak dijual. Anda bisa memulainya dengan membuka usaha jasa, jual-beli barang, hingga bisnis makanan. Berikut tips memilih produk yang akan dijual, Anda bisa menentukannya dengan memperhatikan faktor-faktor berikut:

  • Kenali calon konsumen produk yang akan Anda jual. Alangkah baiknya apabila target konsumen memiliki ketertarikan spesifik terhadap produk tertentu.
  • Apakah produk sedang trending atau tidak? Kepopuleran sebuah produk di kalangan masyarakat berpengaruh terhadap jumlah permintaan barang di pasar. Gunakan kesempatan tersebut untuk menjadi salah satu supplier-nya.
  • Jangan memilih produk yang terlalu banyak pesaing.Untuk mengatasi hal tersebut, perbanyak strategi pemasaran dengan aktif berpromosi menggunakan internet marketing.
  • Produk sekali beli atau bisa berulang? Produk sekali beli adalah produk yang diharapkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, misalnya: alat-alat elektronik seperti televisi, handphone, dan laptop. Sedangkan produk yang sering dibeli adalah makanan, minuman, dan camilan.

Baca juga: “Yang Mau Berbisnis, Ini 9 Ide Bisnis dengan Modal Kecil”

Setelah memilih e-commerce & barang dagangan, Anda perlu memikirkan cara pengambangan bisnis. Khususnya dalam menjaga jumlah stok barang. Klik poster di bawah ini untuk dapatkan stok tanpa menggangu arus kas:

Bisnis Online lewat instagram adalah masa depan

Cara Jualan Online di E-commerce 

Setelah menentukan produk  yang akan dijual, tahap selanjutnya adalah memasarkan produk tersebut di e-commerce. Cara jualan online menggunakan e-commerce dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan produk beserta foto dan deskripsinya secara lengkap.
  • Unduh aplikasi e-commerce yang sudah Anda pilih dan ikuti panduannya. Anda bisa memilih e-commerce yang memiliki kecenderungan lebih banyak pembeli untuk produk yang Anda jual. Misalnya, alat-alat elektronik di e-commerce A, makanan di e-commerce B, dan produk pakaian di e-commerce B.
  • Jika mengalami kesulitan dalam melakukan input produk, segera hubungi layanan customer service e-commerce terkait.
  • Setelah berhasil mengunggah foto dan produk yang Anda jual, segera pasarkan melalui media sosial.
  • Gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter serta melampirkan utas produk yang Anda jual.
  • Lakukan evaluasi usaha secara berkala untuk menemukan hal-hal apa saja yang harus dipertahankan dan diperbaiki selama jualan online di e-commerce.

Itulah cara jualan online menggunakan e-commerce yang bisa Anda coba. Jika usaha yang dijalankan sudah berjalan dalam waktu yang lama, segera miliki rencana untuk mengembangkan dan memperluas usaha Anda. Jangan khawatir dengan modal, sebab saat ini tersedia layanan pinjaman modal usaha seperti di Modalku, yang menawarkan fasilitas dan layanan pendanaan bagi UMKM di Indonesia.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. 

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply