Yang Mau Berbisnis, Ini 9 Ide Bisnis dengan Modal Kecil

Memulai bisnis dengan modal kecil pada tahun 2020 dibilang cukup unik dan banyak pelajaran berharga yang bisa kita petik. Pandemi COVID-19 melahirkan ketidakpastian, dimana ada banyak usaha yang gulung tikar dan banyak pula usaha yang mampu melaju kencang mulai dari UMKM hingga ke industri besar. Hal ini menstimulasi pelaku bisnis tidak hanya terdorong untuk mengasah kemampuan baru dan bertindak secara kreatif, tetapi juga harus pandai melihat dan mengambil peluang yang ada.

Tahun 2021 bisa jadi menjadi tipping point untuk membuka lembaran baru. Dengan semangat yang tinggi, momentum pemulihan ekonomi tentu bisa diraih. Apalagi mengingat dengan meningkatnya tren penggunaan sosial media dan penjualan bisnis online dapat menjadi angin segar bagi mereka yang ingin lebih sukses. Lalu, peluang usaha apa saja yang bisa Anda rintis walaupun dengan modal minim di tahun 2021? Simak dengan seksama artikel berikut!

Jual Makanan Via Online

Ada hal menarik yang diutarakan Inventure Consulting Yuswohady yang menyebutkan bahwa perilaku konsumen pada tahun 2021 tidak akan berbeda jauh dengan tahun lalu. Bisnis makanan menurutnya masih menjanjikan dan patut untuk dijajaki asalkan bisa dipesan melalui layanan online baik lewat aplikasi pesan online maupun layanan siap antar. Selain itu, kebersihan juga menurut mereka wajib untuk dijaga, sehingga konsumen yakin jika makanan tersebut bebas dari penularan virus corona

Menjual Masker 3 Lapis

Pandemi yang masih belum juga mereda, artinya kebutuhan masker akan terus ada dan bahkan mungkin meningkat secara eksponensial. Info yang beredar juga stok surgical mask di pasaran masih jauh dari permintaan, sehingga banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan masker kain. Adapun, sekarang ini masker kain memiliki peraturannya sendiri, salah satunya harus 3 lapis. Tentu saja, ini menjadi peluang emas bagi pelaku bisnis.

Bisnis Reseller

Berjualan tanpa harus punya barang dan modalnya terbilang kecil adalah mimpi semua orang. Skill yang harus Anda kuasai pun terbilang minim, sehingga cocok untuk bagi para pemula. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan social media dan berjualan di banyak e-commerce guna menunjang keberhasilan Anda dalam mencapai target penjualan. Di beberapa platform, Anda bahkan tidak dipusingkan dengan ongkos pengiriman, karena pendistribusian barang biasanya akan diatur oleh pihak ketiga.

Jasa Digital Marketing

Penggunaan social media dan penjualan bisnis online memang meningkat, tapi yang memiliki kemampuan digital marketing masih terhitung jari. Padahal, menjamurnya bisnis berkedok “start-up” sangat mengedepankan teknologi dan digitalisasi pada semua aktivitas bisnis yang terjadi termasuk dalam melakukan pemasaran melalui online. Alhasil, jika Anda memiliki kemampuan di bidang digital marketing, cuan sudah didepan mata. Bersiaplah dan teruslah mengasah kemampuan Anda agar lebih bisa bersaing dengan orang lain yang lebih dulu memulai.

Bisnis Obat Herbal

Pengamat pemasaran terkenal dari MarkPlus Inc Hermawan Kertajaya mengutarakan masyarakat masih akan sangat memperhatikan kekebalan tubuhnya dari virus. Tahun lalu, konsumsi vitamin dan suplemen terbilang meningkat tajam, walaupun banyak diantara masyarakat yang juga lebih untuk menyetok obat herbal karena harganya lebih terjangkau. Menyusul fenomena ini, pelaku bisnis patut untuk mempertimbangkannya dengan memperhatikan dan mengedepankan keunggulan produk jika akhirnya mau mencoba.

Pupuk Kompos dan Tanaman Hias

Selama berdiam diri di rumah, masyarakat punya hobi baru yang sekarang menjadi mainstream. Salah satunya adalah bercocok tanam. Tidak hanya jadi alternatif untuk menghilangkan stress dan hobi, kegiatan ini juga baik untuk menjaga produktivitas mereka sehingga lebih banyak bergerak dan pada akhirnya lebih sehat. Daripada menjadi kaum rebahan, mending menjadi kaum bercocok tanam. Alhasil, jika kamu memiliki hobi yang sama dan sudah memiliki pengetahuan karena sudah bergelut di bidang ini bertahun-tahun, ada baiknya kamu merintis bisnis pertanian dengan memanfaatkan sampah rumah tangga untuk diolah menjadi pupuk kompos. Selain itu, Anda juga bisa mengoleksi tanaman hias sansevieria atau lidah mertua yang sedang populer dan diprediksi akan tetap menguntungkan di tahun 2021

Perlengkapan Dekorasi Rumah

Hobi baru selain bercocok tanam di masa pandemi adalah mendekorasi rumah. Hal ini dilakukan untuk mengatasi rasa bosan dan mengganti suasana lebih fresh terutama pada ruang-ruang yang dipergunakan untuk bekerja secara online (work from home). Maka, dengan menjual dekorasi rumah bisa dijadikan peluang bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan bisnis di tahun 2021 misalnya mulai dari lampu, stiker, meja dan kursi, hiasan dinding seperti gantungan dan lukisan, gorden, hingga kasur dan sarung bantal.

Jasa Mengajar Online

Walaupun pandemi COVID-19 memaksakan masyarakat untuk belajar dari rumah, kabar baiknya virus ini bisa dibilang mendemokratisasi pendidikan di Indonesia. Bermunculannya seminar-seminar, workshop,  bimbingan belajar yang dilakukan melalui online bisa dimanfaatkan secara cuma-cuma. Maka daripada itu, jika kamu memiliki kemampuan yang mumpuni dalam satu bidang, tentu kamu bisa menciptakan pundi-pundi penghasilan baru dengan mengajar secara online. Anda cukup punya akses internet dan menyiapkan materi yang menarik.

Jasa Desain

Menariknya, tahun lalu jumlah pelamar kerja diperkirakan meningkat hingga 3x lipat. Jadi, jika kamu punya keahlian dalam bidang desain, ini peluang menjanjikan yang bisa kamu coba karena mereka tentu membutuhkan CV untuk melamar pekerjaan yang baru. Selain itu, semakin meleknya masyarakat dengan personal branding, banyak dari mereka yang mencari desainer handal untuk bekerja dengan mereka.

Demikian, 9 jenis bisnis yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Apapun pilihannya, pastikan agar Anda juga memikirkan faktor penting lainnya, seperti pengelolaan keuangan. Bagi UMKM, mereka selalu kesulitan dalam mengelola keuangan, terutama dalam urusan pembukuan yang berantakan dan tidak terpantau dengan baik. Alhasil, usaha bisa berantakan, jika Anda tidak memperhatikannya.

Solusinya adalah, Anda bisa menggunakan solusi pengelolaan keuangan, Paper.id. Dengan fitur invoicing dan accounting, Anda dapat melakukan penagihan serta pembukuan secara digital. Semua biaya dan laporan keuangan dapat Anda pantau langsung tanpa kesulitan. Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut:

Cek di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply