Webinar dari Regulatory Sandbox ke Regulatory Technology

Jakarta, 4 Februari 2021- Saat ini, dunia sedang mengalami perubahan yang dikarenakan arus perkembangan teknologi. Karena itu regulasi yang ada harus turut berkembang mengikuti arus perkembangan teknologi. Pada kesempatan kali ini, Iwan Kurniawan, Co-Founder & COO Modalku sekaligus Vice Chairman Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dipercaya menjadi salah satu narasumber dalam acara webinar “Virtual Seminar dari Regulatory Sandbox ke Regulatory Technology” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI). Seminar ini mengangkat topik membangun keseimbangan inovasi dan pengendalian resiko.

Kecepatan perkembangan teknologi dilihat dari perilaku ekonomi. Pelaku ekonomi keuangan global telah berubah secara struktural seperti inovasi yang banyak dilakukan oleh para pelaku ekonomi salah satunya adalah dengan banyaknya pemain baru di financial technology (Fintech). Arus teknologi yang cepat ini juga dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan seluruh kegiatan ekonomi berkembang melalui digital. Pandemi yang ada ini akhirnya menimbulkan new normal, yaitu kegiatan normal baru yang bergantung pada teknologi sehingga mengakibatkan munculnya regulasi yang baru pula.

Iwan menyampaikan bahwa AFTECH merupakan asosiasi yang dipercaya untuk bertanggung jawab dalam ekosistem fintech di Indonesia. Karena itu AFTECH sebagai pihak industri berperan sebagai regulator meminimalisir kegiatan-kegiatan tidak etis supaya industri fintech memiliki masa depan yang bagus.

“Masih banyak tantangan atas industri fintech di Indonesia, antara lain perilaku bisnis yang tidak etis, model bisnis yang tidak berkelanjutan, serangan cyber, dan Fintech Illegal. Karena itu disinilah peran AFTECH dalam meminimalisir masalah-masalah tersebut,” ujar Iwan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply