5 Cara Menarik Pembeli Online untuk Tingkatkan Profit Olshop

Dalam membangun bisnis di era digital, mencari cara menarik pembeli online merupakan tugas utama para perintis bisnis. Bagi Anda yang memiliki bisnis online, tentu saja membutuhkan strategi ma

rketing yang tepat sebagai cara menarik pembeli online guna meningkatkan profit. Tidak perlu bingung, berikut 5 strategi marketing yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda sebagai cara menarik pembeli online.

Cari Tahu Plus dan Minus Kompetitor

Jika Anda sudah mengetahui spesifikasi, mulai dari keuntungan hingga kerugian dari produk yang akan Anda jual, ini saatnya bagi Anda untuk mengetahui bagaimana spesifikasi produk-produk serupa milik kompetitor. Analisa kompetitor inilah yang menjadi langkah awal dalam cara menarik pembeli online. 

Biasanya, konsumen cenderung memilih barang yang terlihat lebih menonjol daripada toko lainnya. Nah, dengan melakukan analisis mendetail terhadap kompetitor, peluang Anda untuk menemukan unique selling point dari kompetitor bisa menjadi senjata untuk membuat produk Anda lebih menonjol! 

Mainkan Efek Fear of Missing Out

Langkah kedua dari cara menarik pembeli online adalah dengan memainkan efek Fear of Missing Out (FOMO). Ada hal yang perlu Anda ketahui tentang konsumen di era digital, yaitu mereka cenderung takut ketinggalan tren. Nah, cara menarik pembeli online yang bisa Anda lakukan adalah dengan memunculkan efek FOMO atau perasaan tidak ingin ketinggalan suatu tren yang sedang berkembang pada masa ini. Melalui iklan, Anda bisa mengatakan bahwa saat ini produk yang Anda jual adalah top selling product dan sudah dipercaya oleh banyak orang. 

Lihat juga tren bisnis yang sedang ramai: Kenali Bisnis Thrifting yang Populer dan Bermodal Kecil!

Tingkatkan Visibilitas Produk dan Brand 

Jangan lupa untuk selalu menggunakan semua platform iklan bisnis dalam meningkatkan visibilitas produk. Anda bisa menampilkan iklan produk pada situs e-commerce terkemuka seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Dengan online marketplace yang cukup besar tersebut, Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan mengambil keuntungan yang melimpah. Tak hanya itu, dengan menggunakan platform tersebut, Anda bisa memanjakan pelanggan dengan kemudahan transaksi online. Pelanggan senang, bisnis pun semakin jaya!

Nah, jika  Anda memiliki budget lebih, Anda bisa investasikan sebagian dana Anda ke dalam strategi marketing iklan yang cukup efektif, seperti Google AdWords dan Facebook Ads. Jika dilakukan dengan cara yang benar, bisa saja penjualan produk Anda akan meningkat pesat. Jangan lupa untuk melakukan riset supaya Anda bisa menentukan platform mana yang sesuai dengan target pelanggan dan budget Anda.

Lihat juga: Cara Mudah Menentukan Nama Merek Dagang untuk Bisnis Anda

Konsisten dalam Update Media Sosial

Langkah berikutnya adalah dengan konsisten membuat konten di media sosial. Cobalah untuk meluangkan waktu sebentar setiap harinya demi menyusun konten yang akan dipublikasikan. Rutin membuat konten adalah kunci keberhasilan promosi online melalui media sosial. Manfaatkanlah semua media sosial yang ada untuk mempromosikan produk Anda secara online. Beberapa di antaranya yang layak dicoba adalah Twitter, Instagram, Facebook, WordPress, dan YouTube

Semakin banyak orang yang melihat posting-an Anda, akan semakin banyak orang juga yang tertarik untuk membeli produk tersebut. Cara ini adalah salah satu cara menarik pembeli online yang paling praktis. Namun, semua media sosial tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu konsisten membuat konten pada setiap platformnya. Intinya, selama tidak merugikan, tidak ada alasan untuk berhenti menggunakan semua media sosial sebagai media iklan gratis!

Lebih lanjut: Cara Berbisnis Online dengan Bikin Konten Digital Marketing

Buat Penawaran Terbatas

Terakhir, cara menarik pembeli online yang tak kalah ampuh adalah dengan membuat penawaran terbatas. Ini adalah cara yang cukup sering digunakan oleh bisnis, baik itu bisnis skala mikro maupun bisnis skala besar. Anda bisa menggunakan iming-iming “dijual terbatas!” atau “limited edition!”

Kalimat-kalimat tersebut cukup efektif digunakan karena faktanya, konsumen akan memiliki rasa bangga tersendiri jika mereka berhasil mendapatkan barang dengan embel-embel “dijual secara terbatas.”

Selain itu, karena jumlahnya yang terbatas dan konsumen yang berminat jauh lebih banyak, produk Anda dijamin akan lebih cepat laku terjual. Hal ini bisa memancing rasa penasaran calon pembeli online karena mereka akan bertanya-tanya mengapa produk tersebut begitu diminati oleh orang-orang. Hal tersebut akan semakin mendorong mereka untuk mencobanya secara langsung. 

Itulah beberapa cara menarik pembeli online yang bisa Anda terapkan. Cara apa saja yang sudah Anda coba? Jangan sampai bisnis online Anda tidak berjalan semulus rencana Anda karena kendala biaya. Yuk, mulai kembangkan bisnis Anda bersama Modalku! Dengan pinjaman hingga Rp250 juta tanpa agunan, Anda bisa mendanai strategi marketing yang diperlukan untuk menarik lebih banyak pembeli.

Kembangkan Bisnis!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply