Tren Bercocok Tanam Jadi Peluang Bisnis Online yang Menggiurkan

Belakangan, bisnis online di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), dalam rentang antara tahun 2009-2019, e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan hingga 17%. Menariknya lagi, model bisnis online di Indonesia kebanyakan adalah UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dari total 26,2 juta pelaku bisnis, 84,21% adalah UMKM. Tentu hal ini menjadi bukti bahwa peluang bisnis online makin terbuka lebar.

Itu artinya, bisnis online dapat dimulai siapa saja, termasuk mereka yang tidak memiliki banyak modal. Terlebih sekarang ini banyak hal yang bisa dijadikan peluang bisnis. Salah satunya adalah tren bercocok tanam. Tren yang satu ini mulai digemari sebagai alternatif kegiatan untuk mengisi waktu. Di balik tren ini, ada beberapa peluang bisnis yang bisa Anda tekuni. Berikut ini beberapa referensi peluang bisnis online dari tren bercocok tanam. 

Lihat juga: “5 Peluang Bisnis di Era New Normal”

Menggeluti Hidroponik

Hidroponik adalah salah satu teknik budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam. Teknik ini cocok sekali untuk penghobi tanaman di perkotaan yang tidak punya banyak lahan. Selain menghemat tempat, ternyata hidroponik juga bisa menjadi peluang bisnis online

Anda dapat menjual hasil panen dari bercocok tanam secara hidroponik. Hasil panen dari budidaya hidroponik banyak disukai karena dinilai lebih aman (tidak menggunakan pestisida serta bebas hama). Anda cukup menyediakan bibit tanaman dan juga media tanam berupa air yang ditampung dalam wadah.

Selain menjual hasil panen, Anda juga bisa menjual peralatan budidaya hidroponik. Peralatan tersebut dapat berupa bibit serta media tanam dengan sistem irigasi otomatis. Jangan salah, meski terlihat sederhana, banyak yang berminat untuk membeli peralatan hidroponik karena dinilai lebih praktis.

Berjualan Bibit Tanaman

Peluang bisnis online di bidang tanaman tidak melulu soal hasil panennya. Sekarang ini, Anda bahkan bisa menjual bibit tanaman. Bibit tanaman memiliki banyak peminat karena relatif mudah ditanam daripada harus menyemai biji sendiri. 

Anda tidak perlu kesulitan mencari bibit untuk dijual karena sekarang sudah ada banyak sekali produsen bibit. Jika mau susah sedikit, tidak ada salahnya untuk menghasilkan bibit sendiri. Simpan beberapa bibit untuk kemudian dibudidayakan dan sisanya untuk dijual. Dengan begitu, uang Anda akan terus berputar.

Cara mudah lainnya adalah dengan menjadi reseller . Ya, sekarang ini sudah banyak penjual bibit yang menawarkan program reseller. Dengan menjadi reseller, Anda bisa membeli bibit murah untuk kemudian dijual kembali.

Tanaman Hias yang Cantik

Masih ingat tren tanaman gelombang cinta? Tanaman hias yang satu ini pernah menjadi primadona di tahun 2007-2008. Bukan hanya karena bentuknya yang cantik, gelombang cinta juga menjadi favorit karena bisa menghasilkan keuntungan. Saat sedang jaya-jayanya, satu tanaman gelombang cinta bisa dibanderol dengan harga minimal Rp25 juta. Fantastis, bukan?

Di tahun 2020, gelombang cinta memang sudah tidak populer lagi. Namun, ada beberapa tanaman hias yang menjadi penggantinya. Sebut saja monstera atau ceriman, begonia, hingga succulent. Tren tanaman yang disukai di tahun 2020 adalah tanaman indoor serta tanaman yang mudah perawatannya. Tertarik untuk mulai berjualan tanaman hias?

Hobi seperti tanaman hias bisa jadi bercuan lho! Simak langkahnya di sini

Bunga Potong untuk Momen Spesial

Produk tanaman lain yang bisa menjadi peluang bisnis online adalah bunga potong. Peminat bunga potong akan selalu ada karena kegunaan bunga yang sangat variatif. Bunga dapat mempercantik ruangan, membuat suasana semakin meriah, hingga menjadi lambang dari sebuah pesan yang ingin diungkapkan. Maka tak heran jika bunga selalu ada di berbagai kesempatan mulai dari pernikahan, ulang tahun, wisuda, pemakaman, hingga sekadar untuk menghias rumah.

Bunga potong kemudian bisa diolah menjadi buket bunga, karangan bunga, sampai diambil helaiannya untuk menghias makanan. Dengan banyaknya kegunaan bunga potong, rasanya sayang jika tidak menjadikannya produk bisnis, bukan?

Terarium yang Lagi Trending bisa Jadi Peluang Bisnis Online

Terarium adalah hiasan ruangan yang serupa dengan akuarium. Jika akuarium adalah wadah kaca berisi air dan ikan, maka terarium adalah wadah kaca berisi tanah dan tanaman. Hiasan ini sedang trending karena bentuknya yang unik dan bisa mengubah suasana ruangan seketika. Konsepnya mirip dengan hidroponik, tapi terarium masih menggunakan media tanam berupa tanah. Tanaman yang digunakan pun cenderung kecil dan lebih mudah perawatannya. 

Lihat juga: “Bisnis Onlinemu dapat Pinjaman? Ini Cara Mengelolanya!”

Saat ini, terarium sedang banyak penggemarnya. Maka, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan hiasan cantik ini sebagai peluang bisnis online. Anda bisa menjual terarium jadi atau peralatan serta bahannya.

Ternyata, tanaman tidak hanya bisa mengurangi polusi udara. Tanaman ternyata bisa menjadi peluang bisnis online yang menggiurkan asal Anda jeli melihat pasar. Dari kelima model bisnis tanaman di atas, mana yang paling menarik minat? Mulai segera bisnis tanaman Anda bersama Modalku. Modalku merupakan pionir layanan peer-to-peer lending berbasis teknologi finansial di Indonesia. Kami siap membantu bisnis Anda semakin maju. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply