5 Tips untuk Cepat Cari Sumber Pendapatan Bagi Fresh Graduates

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan kerja setelah lulus dari kuliah. Perjuangan mendapatkan gelar setelah empat tahun kuliah, bahkan lebih, akan terasa lengkap setelah mendapatkan kerja sesuai keinginan. Namun bagi lulusan fresh graduates, mendapatkan sumber pendapatan seringkali bukan perkara gampang. Tak jarang, puluhan lamaran kerja sudah dikirimkan ke berbagai perusahaan, namun tak kunjung mendapatkan balasan. 

Harus diakui, perusahaan cenderung untuk merekrut pegawai yang sudah berpengalaman. Karena sulitnya bersaing, banyak dari fresh graduates masih menganggur pasca lulus dari perguruan tinggi. Nah, berikut ini 5 tips mencari sumber pendapatan yang bisa dicoba para fresh graduates.

Lihat juga: “5 Cara Mengembangkan Bisnis Ala Mahasiswa”

Penuhi CV dengan Pengalaman Kerja dan Organisasi

Selain tampilan CV yang menarik, hal penting dalam pembuatan CV agar bisa menarik HRD yakni dengan mencantumkan pengalaman kerja. Buatlah CV yang terlihat menjual dengan memasukkan keahlian khusus yang dimiliki di portofolio, baik kemampuan softskill maupun hardskill. Jangan menyunting CV secara berlebihan karena bisa membuat perekrut merasa ragu. 

Karena belum memiliki pengalaman kerja, untuk fresh graduates bisa memasukkan pengalaman magang. Sementara untuk mereka yang sudah bekerja saat masih berkuliah, hal ini bisa jadi nilai tambah di CV yang Anda buat. Sebaiknya, cantumkan pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan yang diincar. 

Berikutnya yang tak kalah penting yakni memasukkan pengalaman organisasi selama berkuliah di kampus. Pengalaman organisasi akan meyakinkan perekrut kalau Anda bisa diandalkan saat bekerja dalam tim maupun. 

Lihat juga: “Pentingnya Mempersiapkan 4 Langkah Berikut untuk Dana Pendidikan”

Sumber Pendapatan Fresh Graduates dari Minat dan Passion

Karena Anda berstatus fresh graduates dan belum memiliki pengalaman bekerja, biasanya minat dan passion jadi pertimbangan perusahaan untuk merekrut karyawan. Misalnya seorang lulusan dari Jurusan Komunikasi yang memiliki minat dan passion pada jurnalistik, tentu sangat dipertimbangkan ketika Anda melamar ke perusahaan yang bergerak di media massa. 

Inilah yang membuat Anda perlu untuk mengetahui minat dan passion yang pas sebelum lulus kuliah. Karena itu, mereka yang mengincar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion biasanya bisa menjawab pertanyaan pewawancara secara meyakinkan.  

Cari dan Perluas Network

Dalam dunia kerja, membangun networking atau jejaring profesional merupakan hal yang penting. Fresh graduates yang memiliki relasi yang luas akan menguntungkan ketika mencari pekerjaan atau sumber pendapatan. 

Membangun relasi yang luas tak melulu ketika Anda sudah bekerja. Koneksi bisa dibangun sejak dari bangku kuliah seperti dengan mengikuti berbagai organisasi di kampus seperti kegiatan UKM maupun himpunan mahasiswa yang disesuaikan dengan minat dan bakat. 

Networking juga bisa dicari dengan cara mengikuti kegiatan volunteer hingga workshop yang banyak diikuti mahasiswa dari berbagai angkatan dan lintas perguruan tinggi. Sebaiknya, fokus memperluas network yang sesuai dengan passion Anda. 

Manfaatkan Media Sosial

Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial dalam proses rekrutmennya. Bagi Anda yang berstatus fresh graduates, penting untuk membangun personal branding di media sosial. Buatlah profil yang baik yang benar-benar mencerminkan kepribadian Anda sebagai seorang profesional dalam akun media sosial, seperti LinkedIn. 

Lihat juga: “5 Panduan Media Sosial Bagi UMKM”

Seringkali, lowongan kerja juga banyak tersedia dari media sosial. Jika ingin memanfaatkan media sosial sebagai media untuk mencari pekerjaan, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas atau grup dengan tema yang relevan. 

Jangan lupa untuk selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Perekrut terkadang melihat akun media sosial Anda ketika mereka akan memutuskan untuk merekrut Anda sebagai karyawan. 

Buka Usaha Sendiri

Membuka usaha juga bisa jadi pilihan setelah lulus berkuliah. Bahkan saat ini semakin banyak fenomena anak muda yang berwirausaha setelah meraih gelar sebagai sumber pendapatan ketimbang langsung mencari pekerjaan. Namun mereka yang berstatus fresh graduates seringkali memiliki keterbatasan modal. Anda bisa memilih bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil.

Jangan salah, meski usaha dimulai dalam skala kecil, semua bisnis jika itu ditekuni dengan baik maka bisa saja menjadi usaha yang sukses. Tips untuk fresh graduates, bisnis yang dirintis tak harus sesuai dengan ilmu yang Anda pelajari selama kuliah, pilih bisnis yang sesuai dengan minat dan juga skill Anda.  

Alternatif lain jika belum memiliki modal yang cukup adalah dengan menggunakan saja pinjaman online dari Modalku yang memiliki bunga kompetitif dan pencairan dana hingga Rp 2 Miliar. Proses cepat dan aman, Anda pun siap untuk menjadi pemilik bisnis online. Segera klik tombol di bawah ini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply