5 Cara Buka Toko Online Bagi yang Biasa Berjualan Offline

Bagaimanakah cara buka toko online? Apakah prosesnya rumit dan sangat panjang? Apakah membuka online shop ini juga butuh modal yang besar? Bagi yang sebelumnya memiliki toko offline, mungkin proses membuka online shop akan sedikit membingungkan. Namun, sebenarnya tidak rumit atau sulit, kok! Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memiliki toko online pertama Anda! 

Buat Website yang Menarik dan Fungsional

Cara buka toko online dimulai dengan langkah pertama membuat website yang menarik dan fungsional. Apakah tidak boleh jika pakai marketplace atau media sosial yang sudah ada? Bisnis online dan offline memang bisa saja mengandalkan marketplace dan media sosial yang sudah ada, tetapi akan lebih baik jika Anda memiliki situs sendiri yang menampilkan produk maupun jasa yang ditawarkan. 

Dengan memiliki situs sendiri, pelanggan bisa fokus melihat produk yang Anda jual atau jasa yang ditawarkan. Contohnya jika Anda menjual produk fashion, katalog produk bisa dimasukkan ke dalam website sekaligus dapat membuat artikel berupa tips dan trik mix and match fashion. Gunakan platform seperti Shopify untuk membuat website pertama Anda dengan mudah. 

Untuk lebih lanjut mengenai tips membuat website untuk bisnis Anda, klik di sini.

Atur Payment Gateway

Setelah membuka website dan mengatur tampilan lamannya, langkah berikutnya adalah mengatur metode pembayaran atau payment gateway. Dalam hal ini, Anda perlu memahami bahwa metode pembayaran yang sangat mungkin dilakukan hanyalah melalui online saja. Tetapi, jangan batasi satu metode bayar online saja, ya. Anda harus memberikan beberapa opsi pembayaran online, misalnya melalui m-banking, transfer, kartu kredit, hingga dompet digital.

Semakin banyak metode bayar yang ditawarkan, maka akan semakin memudahkan pembeli mendapatkan produk Anda. Sebaliknya, kalau metode pembayarannya terbatas, hal tersebut tidak akan mampu menjangkau lebih banyak customer. Jadi, usahakan untuk bisa menawarkan beberapa opsi pembayaran di website Anda. Manfaatkan situs website yang hadir dengan opsi untuk mengintegrasikan gateway pembayaran yang berbeda. 

Pilih Produk atau Jasa yang Masuk ke Platform Online

Anda mungkin bisa menjual banyak barang dalam satu toko offline, tetapi hal tersebut tidak berlaku untuk toko online. Semakin spesifik produk yang Anda jual di website online, maka akan semakin bagus. Pelanggan pun bisa dengan mudah menemukan barang yang dicari. Bukankah menemukan hal yang dicari dengan cepat adalah tujuan orang menggunakan internet? 

Cara buka toko online yang benar adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa yang akan dijual. Lakukan survei kepada pengguna media sosial soal barang atau jasa yang ingin bisa didapatkan melalui online. Setelah mendapatkan hasilnya, pilih beberapa item yang memungkinkan untuk dijual online. Setelah itu, pikirkan juga mengenai proses packing dan pengemasan agar barang aman dikirim sampai tujuan. 

Lebih lanjut: Trik Event Marketing untuk Memperkenalkan Produk Bisnis Online

Buka Toko di E-commerce 

Jika sudah tahu cara buka toko online di website, mengapa harus buka toko juga di e-commerce? Sebenarnya, ini juga jadi langkah penting untuk memasarkan website jualan Anda ke khalayak yang lebih luas, lho. Ibarat website adalah rumah utama, maka toko di e-commerce adalah pancingan kepada pelanggan untuk masuk ke situs utama tersebut. 

Bukalah toko online Anda di e-commerce. Masukkan katalog produk Anda ke situs e-commerce tersebut. Update juga metode pembayaran yang dapat dipilih oleh pembeli saat berbelanja di toko Anda. Anda bisa memberikan pilihan kepada pembeli untuk check out melalui e-commerce atau melalui website. 

Umumkan ke Seluruh Pelanggan

Promosi adalah langkah akhir bagi Anda yang ingin membuka online shop. Setelah website beres, payment method diatur, dan toko di e-commerce pun sudah selesai dibuat, kini saatnya Anda promosi. Bagaimana caranya? Apakah sulit dan rumit? Tenang saja, Anda pasti bisa melakukannya dengan mudah, kok!

Pertama, riset kata kunci pencarian yang paling banyak untuk bisnis semacam Anda. Kata kunci ini bisa diterapkan pada artikel dalam website agar bisnis Anda terdeteksi oleh Google. Kedua, buat profil media sosial dan tambahkan detail lokasi bisnis, serta kontak customer service. Ketiga, buat postingan rutin di media sosial yang telah Anda pilih. Bisa berupa foto maupun video singkat. Keempat, kalau ada budget lebih, Anda bisa gunakan fitur ads di Facebook dan Instagram. 

Lihat juga: Cara Bisnis Modal Kecil Muncul di Halaman Google

Cara buka toko online ternyata mudah sekali, bukan? Dimulai dengan membuat website, mengatur metode pembayaran, buka situs di e-commerce, lalu buat profil media sosial untuk promosi. Namun, setiap bisnis pastinya membutuhkan modal. Kalau Anda pemilik UKM yang sekarang sedang proses berpindah ke online, ajukan pendanaan di Modalku saja. Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa agunan hingga Rp250 juta untuk mengembangkan bisnis online Anda!

Ajukan Pinjaman!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply