Strategi Marketing Online Gary Vaynerchuk, Yakin Nggak Mau Niru?

Tulisan bertema strategi marketing online ini merupakan artikel partnership antara Modalku dan LuarSekolah

Strategi Marketing Online – Belum kenal dengan Gary Vaynerchuk? Bisa jadi Anda masih baru di dunia marketing. Dikenal juga dengan nama Gary Vee, ia adalah seorang pebisnis, investor, pembicara, dan juga digital marketer kelas dunia. Ia juga banyak dicari orang karena kesuksesannya dalam memegang beberapa brand top dunia, seperti General Electric, PepsiCo, Mondelez dan lain-lain.

Meski sudah handal dalam dunia marketing, nyatanya strategi marketing online yang dijalaninya justru cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun, serta cocok juga digunakan untuk personal maupun untuk perusahaan. Lalu, apa saja strategi marketing online yang dimiliki oleh Gary Vee seorang ahli marketing online top dunia ini? Berikut pembahasan lebih jauhnya.

Gunakan Semua Media Sosial

Strategi marketing online yang disarankan Gary adalah milikilah semua akun media sosial. Hal ini harus dilakukan karena setiap segmentasi konsumen yang berbeda, tidak berkumpul di satu media sosial saja. Salah satu maksud dari menggunakan semua media sosial sendiri agar bisa menjaring semua calon konsumen potensial.

Selain membangun dan mengumpulkan leads secara organik dengan media sosial, Anda juga jangan melupakan iklan berbayar ya.

Bagikan Value Lebih Dulu Ketimbang Langsung Jualan

Dalam mengelola akun-akun online sebagai sarana jualan ini, lebih baik Anda membagikan value lebih dulu ketimbang langsung menggencarkan promosi untuk jualan. Maksud dari value sendiri, sejak awal Anda perlu mengedepankan nilai Anda dan memberikan benefit lebih dulu pada calon konsumen.

Berikan apa yang konsumen butuhkan seperti konten-konten bermanfaat. Jika sudah mengedepankan value, Anda bisa menjadi lebih mudah dipercaya. Dari kepercayaan inilah Anda baru bisa mendapatkan hati konsumen dan mulai berjualan secara perlahan.

Tidak Perlu Repot Membuat 1 Konten Hanya Untuk 1 Media

Dengan padatnya aktivitas Gary Vee sebagai pebisnis dan pembicara, tentu akan memakan banyak waktu dalam mengelola media sosial. Akan tetapi jika Anda mengikuti akun-akun media sosialnya, akun yang ia miliki tetap konsisten membagikan konten-konten edukasi. Meskipun memang secara profesional ia memiliki tim sendiri untuk mengelola media sosialnya, jadi ia tidak perlu membuat satu konten untuk satu media.

Hal yang sering ia lakukan adalah membuat 60 menit konten video yang nantinya bisa diubah ke dalam bentuk-bentuk konten lainnya, baik untuk artikel, podcast, Instagram post dan story hingga IG TV. Hanya dengan satu konten video, Anda bisa bagikan ke dalam semua akun media sosial seperti Youtube, Instagram, Twitter, Facebook, Podcast dll. Dengan catatan, konten utama di edit sesuai kriteria tiap media sosialnya.

Tahukah Anda? Tik Tok kini menjadi platform yang efektif untuk marketing online lho!

Jangan Malas Merespon Pesan Dan Komentar

Hingga saat ini, Gary Vee sendiri masih sering membalas pesan masuk dan komentar yang ada di akun sosial medianya. Hal ini juga yang perlu Anda dan perusahaan lakukan sebagai salah satu strategi marketing online yang bisa dilakukan. Membalas komen dan pesan sendiri adalah bentuk dari customer service sebuah perusahaan. Jika membalas komen dan pesan saja tidak dilakukan, bagaimana dengan pelayanan lainnya?

Dari sejumlah strategi marketing online yang dilakukan Gary Vee, ternyata terbilang cukup sederhana dan tidak begitu kompleks. Bahkan, poin-poin diatas bisa dijalankan dan ditiru oleh siapa saja. Jika dilihat secara general, strategi marketing online yang dijalankan Gary Vee adalah berada dimana konsumen Anda berada, memberikan value lebih dulu dan juga memberikan pelayanan terbaik pada calon konsumen.

Sejauh ini, Anda sudah melakukan strategi yang mana saja? Strategi ini tentunya akan semakin mengembangkan bisnis Anda bukan?

Jika bingung ingin mulai belajar dari mana, Anda juga dapat mengikuti kelas Belajar Menerapkan Digital Marketing untuk Manajer Pemasaran yang disediakan oleh Luarsekolah! Modalku dan Luarsekolah berkolaborasi menciptakan kemudahan untuk Anda dalam belajar memulai strategi digital marketing

Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan di Luarsekolah?

Luarsekolah merupakan wadah untuk para generasi milenial Indonesia yang ingin belajar dan menguasai keterampilan untuk mendukung pengembangan industri 4.0. Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis melalui digital marketing, Anda dapat mengikuti kelas Belajar Menerapkan Digital Marketing untuk Manajer Pemasaran yang diselenggarakan Luarsekolah.

Luarsekolah telah dipercaya oleh lebih dari 600 ribu penggunanya, untuk membeli kelas pelatihan online. Luarsekolah menyediakan berbagai jenis kelas bagi seseorang, yang ingin belajar soft skills maupun hard skills dengan harga terjangkau. Mulai dari kategori kelas seperti bisnis, pengembangan diri, pemasaran, teknologi dan software, hingga kelas fotografi. 

Materi yang disajikan mudah dipahami karena menggunakan sistem micro-learning, serta bahan pembelajaran yang terdiri dari video, PDF, sampai podcast. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat lebih fokus dan tidak merasa bosan. Semua mentor dan pemateri di Luarsekolah merupakan instruktur terbaik yang telah memiliki pengalaman menahun di bidangnya.

Tunggu apa lagi? Yuk cek kelas Luarsekolah sekarang juga di www.luarsekolah.com. Dapat ilmunya & dapat juga hadiahnya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. 

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply