6 Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis Online

TikTok kini menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di berbagai kalangan, bahkan menyaingi Facebook, Instagram, dan Twitter. Sifatnya yang mendorong pembuatan konten-konten kreatif, berinteraksi, dan menginspirasi membuat traffic-nya bergerak dengan cepat. Kreatifnya ide konten TikTok tidak jarang mendorong konten-konten untuk viral lebih cepat.

Hal ini tidak hanya jadi perhatian beberapa content creator yang sebelumnya aktif di platform media sosial yang lain, tetapi juga jadi perhatian pemilik bisnis. TikTok dianggap bisa menjadi platform ideal untuk mengeksekusi strategi pemasaran online. Apalagi jika target pasar bisnis tersebut dapat dijangkau di platform ini. Tinggal mengeksekusi beberapa ide konten TikTok di bawah ini untuk berpromosi dengan efektif secara online.

Lihat juga: “Cara Pasang Iklan untuk Promosi Bisnis Online”

Coba Hashtag Challenge

Ide konten TikTok untuk mengeksekusi strategi pemasaran online yang pertama adalah dengan memakai hashtag challenge. Fungsi hashtag di TikTok tidak jauh berbeda dengan media sosial lain, yakni untuk kurasi konten dengan tema serupa agar mudah ditemukan oleh pengguna. 

Viralitas di platform ini banyak terjadi karena menggunakan hashtag challenge ini. Caranya bisa dengan mengikuti challenge populer yang sebelumnya sudah ada, terutama jika challenge masih relevan dengan bisnis Anda atau produk yang Anda jual. Cara lainnya adalah dengan membuat sendiri challenge. Buat semenarik dan unik agar dapat menarik lebih banyak TikTokers untuk ikut serta dalam challenge tersebut.

Buat Konten Edukasi

Video pendek yang dikemas secara kreatif juga bisa jadi ide konten TikTok yang cocok untuk promosi. Konten bertema edukasi termasuk salah satu jenis konten yang sering sekali muncul di For You Page TikTok. Anda bisa menggarap konten-konten edukatif yang tentunya masih relevan dengan bisnis yang Anda kelola.

Konten edukatif bisa membahas seputar bahan-bahan yang dipakai untuk mengolah produk Anda semisal. Beritahu manfaatnya bagi orang. Bisa juga membahas fun fact yang tentunya juga relevan dengan bisnis atau produk Anda.

Lihat juga: “Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai”

Tampilkan Tutorial Pemakaian Produk

Eksekusi strategi pemasaran online akan terlihat lebih menarik jika menampilkan tutorial pemakaian produk itu sendiri. Ini juga bisa jadi salah satu ide konten TikTok yang cocok untuk bisnis Anda. Agar lebih menarik, tutorial pemakaian produk ini bisa disertai dengan copywriting yang lucu tetapi tetap informatif agar konten tidak terasa membosankan untuk ditonton.

Konten seperti ini juga bisa dieksekusi dengan menggunakan jasa influencer TikTok. Pilihlah salah satu influencer yang dianggap memiliki audiens sesuai dengan target pasar bisnis Anda. Cobalah dihubungi kemudian untuk diajak berkolaborasi dengan sistem endorsement.

Tarik Perhatian dengan Video Before After

Membuat video before after juga dapat menarik perhatian lebih banyak audiens. Apalagi jika bisnis yang Anda kelola memiliki produk yang bisa dieksekusi dengan gaya video yang satu ini. Ide konten TikTok dengan membuat video before after bertujuan untuk memperlihatkan pada audiens juga target pasar bagaimana kualitas kinerja produk Anda tersebut.

Video before after tidak hanya dapat diterapkan dalam konteks penggunaan produk saja, dalam konteks jasa pun cocok. Dengan mengolah fungsi produk atau jasa dan hasil akhir setelah penggunaan, Anda bisa mengemas video dengan menarik.

Selain TikTok, Instagram juga efektif untuk promosi bisnis online lho!

Tampilkan Video Behind the Scene 

Jika bisnis Anda menjual produk olahan yang siap pakai atau sudah jadi, ide konten TikTok untuk menampilkan proses pembuatan produk akan sangat menarik. Video behind the scene ini bisa jadi sarana strategi pemasaran online yang menguntungkan karena dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen pada produk Anda sendiri. Video yang menunjukkan proses kerja ini juga akan memperlihatkan sejauh mana kualitas terjaga dalam produksinya. Berikutnya, tinggal edit video dengan menarik agar semakin seru dilihat.

Coba Fitur Duet dengan Akun TikTok Lain

Terakhir, ide konten TikTok yang hendak Anda buat ini bisa dieksekusi dengan menggunakan fitur duet. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berkolaborasi dengan TikTokers lainnya dari seluruh penjuru dunia. Tinggal bagaimana eksekusi video duet itu sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi Anda sendiri.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply