6 Cara Memasarkan Produk di Instagram

Memasarkan produk di instagram menambah peluang marketing karena belum lama ini, Instagram memperbaharui lamannya dengan menyertakan fitur Shop, fitur yang membagikan rekomendasi toko online tepercaya di media sosial yang satu ini. Belanja online semakin mudah, lantas bagaimana cara memasarkan produk di Instagram dengan lebih efisien? Untuk membantu Anda, ada beberapa cara memasarkan produk di Instagram yang bisa Anda terapkan di bawah ini.

Gunakan Instagram Business Account

Cara memasarkan produk di Instagram yang pertama adalah mengalihkan akun Anda menjadi akun Instagram bisnis. Ini lebih dikenal juga dengan istilah Instagram Business Account. Dengan kata lain, akun Anda sudah bukan lagi akun personal, melainkan akun Instagram bisnis yang tujuannya memang untuk berjualan.

Untuk beralih ke akun Instagram bisnis pun cukup mudah. Anda cukup membuka panel Setting di Instagram, lalu buka menu Account dan pilih opsi Switch to Business Account. Dengan beralih ke akun bisnis, Anda dapat memperoleh fitur-fitur tambahan yang dapat membantu Anda mengembangkan bisnis di laman Instagram Anda sendiri. Termasuk juga fitur insight untuk melihat rekam data interaksi, serta fitur Shop untuk mengunggah produk dan memungkinkan calon pembeli melakukan pemesanan dengan mudah.

Buat Iklan Sponsored

Setelah beralih menjadi akun bisnis, cara memasarkan produk di Instagram yang berikutnya adalah dengan membuat iklan sponsor. Beriklan di Instagram tidak semahal yang Anda bayangkan. Harganya tebilang worth it untuk menjangkau lebih banyak pengguna Instagram yang sesuai dengan target pembeli Anda.

Untuk dapat membuat iklan di Instagram, Anda diwajibkan untuk memiliki laman Facebook yang terhubung dengan akun bisnis Anda. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk menentukan target iklan. Di sana, Anda dapat menyesuaikan lokasi juga rentang usia. Harga beriklan akan diatur sesuai dengan lama konten diiklankan serta seberapa banyak jangkauan yang Anda tetapkan untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda. 

Lebih lanjut: Cara Pasang Iklan Gratis untuk Promosi Bisnis Online  

Posting Video Tutorial Menggunakan Produk yang Dijual

Pastikan konten Instagram Anda juga informatif dan tepat untuk target pembeli. Tujuan dibuatnya video tutorial ini adalah untuk menunjukkan fungsi serta kelebihan produk pada followers dan juga calon pembeli lain yang mampir ke akun bisnis Anda.

Cara memasarkan produk di Instagram yang satu ini memang menuntut kreativitas Anda karena Anda harus memutar otak soal bagaimana cara mengemas promosi produk dengan unik dan tetap informatif bagi calon pembeli. Namun, kembali lagi, sesuaikan juga dengan karakter target pembeli Anda supaya video tutorial buatan Anda pun bisa tepat sasaran.

Lihat juga: Lakukan 5 Strategi Marketing ini untuk Kembangkan Bisnis!

Berinteraksi Lewat Story

Jangan hanya aktif di feed Instagram saja. Manfaatkan semua fitur yang ada, termasuk fitur IGTV dan Guide. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berinteraksi lebih kasual dengan menggunakan fitur Story di Instagram. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjalin komunikasi one on one bersama pelanggan.

Cara memasarkan produk di Instagram yang satu ini bisa dilakukan dengan cara melakukan QnA melalui story, di mana nanti Anda akan menjawab berbagai macam pertanyaan dari calon pembeli seputar produk Anda. Tidak hanya jadi kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan mereka, Anda juga punya kesempatan besar untuk mempromosikan produk lebih jauh lagi.

Lihat juga: 5 Tips Digital Marketing untuk Usaha Kecil

Buat Hashtag Interaktif yang Baru

Alih-alih menggunakan hashtag lama yang sudah sangat populer, Anda juga bisa menambahkan hashtag baru yang identik dengan produk dan brand Anda. Tujuan dari membuat hashtag ini adalah untuk menghubungkan calon pembeli dengan produk-produk Anda, sekaligus menjadikan konten terasa lebih interaktif dan mudah dijangkau calon pembeli. 

Saat akan membuat hashtag baru, pastikan Anda menggunakan kata yang mudah dibaca serta mudah dieja. Bisa juga memilih kata yang umum dipakai oleh orang-orang saat hendak mencari produk sejenis dengan yang Anda jual. Dengan begini, kemungkinan besar produk Anda ditemukan di laman pencarian Instagram juga lebih tinggi.

Perhatikan Jadwal Posting

Cara memasarkan produk di Instagram juga bergantung dari jadwal posting Anda. Jadwal posting Anda sebaiknya disesuaikan dengan waktu followers Anda paling aktif di Instagram. Contoh yang paling umum adalah di jam makan siang, yakni sekitar jam 11 sampai jam 1 siang. 

Untuk menemukan data serta informasi ini, Anda bisa memeriksa panel Insight di akun bisnis Anda. Anda jadi tahu hari serta jam berapa saja yang paling cocok untuk dijadikan jadwal mengunggah konten produk Anda di Instagram.

Itu dia beberapa cara memasarkan produk di Instagram yang patut dicoba. Jangan khawatir, ada Modalku yang menyediakan jasa pinjaman untuk bisnis online yang bisa Anda andalkan. Dengan proses yang tidak sulit dan aman, Anda dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan hingga Rp250 juta dengan cepat!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply