Untung Maksimal dengan 5 Kelebihan Bisnis Online Berikut

Zaman yang serba informatif seperti sekarang ini menjadi salah satu kelebihan bisnis online yang menjadikannya pilihan terbaik untuk berjualan. Siapa sangka, hadirnya bisnis online mampu membuat orang tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja, bahkan menjadi peluang usaha untuk orang-orang yang ingin mencari penghasilan tanpa harus keluar rumah. 

Jika sebelumnya transaksi jual beli banyak dilakukan secara langsung atau tatap muka, sekarang ini transaksi jual beli cukup menggunakan ponsel pintar saja. Semuanya bisa dilakukan secara online. Kelebihan bisnis online inilah yang terus dimanfaatkan para pencari peluang usaha. 

Tidak diragukan lagi bahwa bisnis online merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Masih bimbang untuk memulai bisnis online? Berikut 5 kelebihan bisnis online yang akan memantapkan pilihan Anda!

Bisa Melayani Pembeli dari Berbagai Daerah

Bisnis offline rasanya tidak akan bisa secara maksimal melayani pembeli berdomisili di luar kota, ribuan kilometer jauh dari lokasi toko Anda. Hal ini terjadi karena Anda terbatas dengan wilayah geografis, sehingga jangkauan bisnis Anda pun jauh lebih kecil dibandingkan jangkauan bisnis online. Artinya, Anda hanya bisa menarik pembeli yang lokasinya dekat dengan lokasi toko offline Anda. 

Lain halnya jika Anda mulai berbisnis online. Dengan bisnis online, tentu jangkauan bisnis Anda takkan terbatas. Anda bisa melayani calon pembeli dari Sabang sampai Merauke hanya dengan ponsel pintar dan jangkauan internet. Dengan bantuan dua item tersebut, Anda dapat memasarkan produk yang Anda jalankan seluas-luasnya, bahkan sampai ke luar negeri. 


Modal yang Lebih Kecil

Bisnis online punya banyak kelebihan yang menguntungkan penjual, salah satunya adalah tidak membutuhkan banyak modal. Anda hanya butuh komputer, laptop, atau ponsel dengan koneksi internet untuk memulai bisnis online. Lalu, Anda bisa menggunakan sistem dropship untuk menerima stok barang yang akan dijual. Dropship sendiri adalah sistem di mana Anda meminta seller atau supplier untuk mengirimkan barang ke customer atas nama Anda sesuai pesanan. 

Masalah pemasaran dan pemasangan iklan, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar karena semuanya bisa dilakukan secara gratis melalui media sosial dan berbagai platform marketplace. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengoptimalkan SEO, menerapkan pay per click, dan lain sebagainya. 

Selain gratis dalam sisi iklan, bisnis online yang menguntungkan ini juga tidak membutuhkan biaya sewa tempat dan merekrut banyak karyawan seperti kasir atau proses operasional lain karena semua kegiatan tersebut bisa dilakukan secara online atau jarak jauh. Artinya, pemilik bisnis pun bisa melakukannya sendiri.  

Untuk lebih lanjut mengenai bisnis online dengan modal kecil, Anda bisa cek di: 7 Bisnis Online Modal Kecil yang Menggiurkan di Tahun 2021


Tidak Perlu Tatap Muka dengan Pembeli

Dengan berbisnis secara online, Anda tidak perlu bertemu dengan pembeli secara langsung. Anda bisa berkomunikasi melalui media sosial atau platform lain yang Anda gunakan untuk berjualan. Selain itu, Anda juga tidak perlu memajang produk secara fisik, cukup menyediakan katalog disertai deskripsi. Tentunya, kelebihan bisnis online yang satu ini begitu menguntungkan di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. 

Lebih lanjut: 5 Tips Mengelola Bisnis di Tengah Pandemi


Bebas Jualan Kapan Saja dan di mana Saja

Bisnis online dianggap lebih mudah daripada bisnis offline. Hampir semua pelaku bisnis online mengakui hal tersebut. Pernyataan tersebut tentu tidak salah sama sekali. Faktanya, bisnis online sangat mudah untuk dilakukan oleh berbagai kalangan karena Anda dapat menjalankannya dari mana saja dan kapan saja. Pastikan saja Anda memiliki koneksi internet yang cukup kencang agar bisa tetap menjalankan operasional bisnis online.


Mudah Ekspansi
 

Kelebihan terakhir yang tentu Anda rasakan adalah kemudahan ekspansi bisnis Anda. Meski modal untuk merintis bisnis online terbilang minim, ekspansi bisnis tetap harus dilakukan! Nah, jangkauan internet yang tidak ada batasnya inilah yang membantu kemudahan ekspansi Anda. Anda bisa lebih mudah membuat produk Anda dikenal oleh banyak orang melalui media sosial.

Media sosial ditambah dengan jaringan internet merupakan media promosi yang paling cost-effective, begitu mudah dan murah jika dibandingkan dengan media lain seperti koran, pamflet, dan brosur yang memakan biaya dan upaya yang besar. Padahal, belum tentu iklan di koran, pamflet, dan brosur yang disebar bisa menarik banyak calon pembeli. 

Meski begitu, tetap saja merintis dan mengembangkan bisnis online memerlukan modal yang cukup. Jangan sampai bisnis online Anda tersendat di tengah jalan. Untuk itu, Anda bisa mengandalkan pinjaman khusus bisnis online dengan nominal hingga Rp250 juta. Modalku yang sudah diawasi oleh OJK menyediakan layanan kemudahan ekspansi usaha untuk Anda. Kenali layanannya, mulai ambil langkah bersama Modalku.

Klik di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply