4 Mitos Bisnis Online yang Bikin Salah Kaprah

Melakoni bisnis online di tengah kemajuan teknologi internet memang sangat menggiurkan. Bahkan, pelaku-pelaku lama di dunia bisnis membuka toko online agar bisnis semakin laris manis. Bisnis online memang bisa menjangkau pembeli lebih luas. Transaksinya pun kini lebih praktis dengan teknologi yang menunjang. Tentu saja makin banyak orang yang ingin membuka bisnis online.

Tetapi, tak jarang banyak orang yang terjebak dalam mitos bisnis online yang bikin salah kaprah. Salah-salah, bukannya untung, Anda malah dibikin pundung! Nah, mitos bisnis online yang suka bikin salah kaprah apa yang wajib banget kita hindari? Ini dia jawabannya.

Bisnis Online yang Sukses Adalah yang Sesuai Passion

Banyak para guru bisnis yang menyuruh kita untuk mengikuti passion. Menurut mereka, kesuksesan diukur di saat Anda bisa memiliki bisnis online yang sesuai dengan passion kita. Tunggu dulu, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar, lho.

Menurut Ramit Sethi dari New York Times, mengikuti passion tidak akan cukup membuat bisnis online yang Anda bangun menjadi sukses. Memang, membangun bisnis online juga butuh passion agar Anda bisa bergerak maju, tetapi Anda harus mendukungnya dengan strategi marketing yang baik, sistem bisnis online yang tepat, dan tentunya target jelas yang mau dicapai.

Masih bingung bagaimana mengelola bisnis online? Cek bagaimana Strategi Sukses Bisnis Online di Tahun Pertama

Dapat Untung Hanya dari Media Sosial

Pemilik bisnis online wajib memiliki akun media sosial. Namun, media sosial bukan satu-satunya tempat mendatangkan keuntungan untuk bisnis online Anda. Media sosial hanyalah satu dari komponen untuk mempromosikan bisnis online Anda.

Ingat, jumlah followers tidak bisa disamakan dengan jumlah pembeli kita. Traffic yang tinggi juga bukan berarti Anda menjadi pilihan utama calon pembeli. Anda tetap harus mengkaji taktik promosi Anda selain dari sosial media. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahli digital marketing untuk mendapatkan strategi pemasaran yang lebih baik.

Baca juga: 5 Panduan Media Sosial Bagi UKM

Bisnis Online Lebih Mudah daripada Bisnis Konvensional

Di era perkembangan teknologi internet seperti sekarang, jual-beli produk semakin mudah. Apalagi ditunjang dengan fitur penjawab otomatis atau menu customer service yang siap melayani konsumen selama 24 jam dalam sekali klik. Hal inilah yang membuat bisnis online terlihat lebih mudah dibandingkan bisnis konvensional.

Anda mungkin tertarik dengan: 5 Bisnis Online yang Menjanjikan

Meski demikian, Anda tetap harus mengkajinya lagi. Jika Anda ingin menghindari kesalahan dalam bisnis online, Anda harus tetap mengambil pendekatan manual untuk hal-hal seperti riset pasar, pembuatan konten yang menarik, dan langganan konsumen, lho. Hal ini dilakukan agar semuanya sesuai dengan standar yang sudah Anda tetapkan.

Profit Besar, Modal Kecil

Ini dia mitos bisnis online yang paling sering membuat banyak orang salah kaprah. Banyak yang menganggap memulai bisnis online hanya membutuhkan modal kecil. Meski dimulai dengan modal kecil, Anda akan mendapatkan profit yang besar. Pernyataan ini tidak seluruhnya benar.

Kalau Anda memiliki modal yang besar, Anda setidaknya bisa mempercepat perkembangan bisnis online Anda. Manfaatkan modal yang besar untuk menguji produk dan menggunakan jasa ahli digital marketing untuk meningkatkan perkembangan bisnis online. Tetapi tetap harus dicatat, pertumbuhan yang meningkat secara bertahap justru lebih baik lagi. Hal ini menjadikan bisnis online Anda lebih stabil ketika profit margin Anda tumbuh.

Bingung mengatur modal bisnis online? 5 Cara Mengatur Keuangan Modal Usaha Online ini layak dicoba!

Mitos-mitos ini dalam bisnis online ini masih menghantui calon pelaku bisnis baru. Agar Anda tidak terjebak, selalu lakukan riset pasar dan berkonsultasi dengan ahli digital marketing supaya Anda tidak melakukan kesalahan dalam bisnis online. Ingat, bisnis online tidak hanya jadi investasi di masa depan untuk Anda, namun juga membantu membuka lapangan pekerjaan baru.

Jika Anda masih kurang percaya diri membangun bisnis online karena keterbatasan modal, Anda bisa memanfaatkan Modalku. Modalku adalah penyedia layanan peer-to-peer lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Dalam sekali klik, Anda bisa mengajukan pinjaman dari Rp50 juta sampai Rp 2 miliar. Modalku juga sudah memiliki izin dan diawasi oleh OJK, sehingga aman dan terpercaya. Tunggu apa lagi? Yuk, bangun bisnis online impian bersama Modalku! Klik tombol di bawah ini!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply