Modalku Bagikan Pengalaman Melayani UMKM hingga ke Vietnam

Hanoi, 25 November 2020 – Sebagai pilar ekonomi bangsa, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu diberi perhatian khusus. Tak hanya di Indonesia, di seluruh ASEAN peran UMKM sangat penting. Sayangnya, banyak diantara UMKM yang belum tersentuh layanan keuangan. Persoalan inilah yang dibahas dalam diskusi bertajuk “Fintech and Payments in ASEAN”. Diskusi merupakan rangkaian dari acara Vietnam Venture Summit yang digelar di Hanoi, Vietnam.

Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan pun hadir secara virtual sebagai pembicara dalam diskusi tersebut. Iwan mengemukakan bahwa melayani UMKM itu cukup menantang. Pada dua tahun pertama, Modalku berusaha meyakinkan regulator bahwa Fintech Lending dapat membantu UMKM yang tidak terlayani oleh lembaga keuangan yang sudah ada. 

Upaya Modalku tidak berhenti sampai di situ. Edukasi pasar pun dilakukan, karena kebanyakan UMKM masih beroperasi secara tradisional dan sudah sangat terbiasa dengan layanan lembaga keuangan konvensional. “Untuk mengatasi tantangan tersebut, kami bekerja sama dengan berbagai pihak, misalnya supply chain partners di Asia Tenggara. Kami juga bekerja sama dengan mitra teknologi yang dapat membantu mereka (UMKM) melayani klien,” tandas Iwan. 

Tak berhenti di situ, Modalku terus mencari sumber data finansial yang dapat dijadikan bahan untuk menganalisis kondisi bisnis UMKM, misalnya rekening koran, data invoice digital, atau data transaksi e-commerce. “Kami berharap dapat membagikan pengalaman-pengalaman dalam melayani UMKM pada beragam sektor bisnis di seluruh Asia Tenggara,” tambah Iwan. 

Selain Modalku, diskusi ini juga dihadiri oleh perwakilan dari market research company seperti McKinsey, serta venture capital yakni VNPay Teko Ventures. Ada juga startup Fintech Vietnam yakni Moca dan Momo. Tak ketinggalan startup Fintech Indonesia, Go-Pay. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply