Meski Pandemi, Modalku Tetap Dukung Pengusaha Online Kembangkan Bisnisnya

Jakarta, 19 November 2020 – Sebagai platform Peer-to-Peer (P2P) lending, Modalku terus menunjukkan kontribusinya untuk mendukung UMKM di tengah pandemi ini, tak terkecuali pengusaha online. Modalku menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan hingga Rp 250 juta kepada pengusaha online yang berjualan di berbagai platform, termasuk e-commerce, media sosial, aplikasi pesan, serta platform digital lainnya. Sampai saat ini, Modalku telah memberikan akses pendanaan lebih dari Rp 760 miliar kepada lebih dari 26 ribu pengusaha online di Indonesia.

Penelitian yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company dalam e-Conomy SEA 2020 menunjukkan  transaksi jual beli melalui platform digital terus menunjukkan pergerakkan yang positif selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan sebagai upaya menghemat tenaga dan waktu serta mengurangi risiko terpapar COVID-19. Di Indonesia sendiri, fenomena ini ditunjukkan dengan meningkatnya pencarian kata kunci terkait penjualan online hingga 5x lipat di mesin pencari web.

Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan mengatakan, “Modalku terus berupaya untuk menjadi perusahaan financial technology (Fintech) terpilih bagi UMKM di Indonesia. Pendapatan dari penjualan online di Indonesia pun juga terbukti mengalami pertumbuhan sebesar 54% dibandingkan dengan tahun 2019.” Sampai saat ini, nominal pinjaman yang diajukan oleh peminjam di Modalku sangat beraneka ragam yaitu hingga Rp 250 juta dengan rata-rata nominal sekitar Rp 25 juta. Para pengusaha online bisa mengajukan pinjaman dengan proses persetujuan yang cepat, maksimal 3 hari kerja setelah dokumen dilengkapi. Bunga pinjaman yang dikenakan juga rendah, dimulai dari 2% per bulan yang akan ditentukan berdasarkan profil risiko dari masing-masing pengusaha.

Ibu Fifih, salah satu pengusaha online (peminjam di Modalku) mengatakan, “Fasilitas pinjaman yang diberikan oleh Modalku sangat membantu untuk penambahan stok barang usaha saya yang bergerak di bidang aksesoris dan alat kesehatan. Selama masa pandemi ini, saya sudah melakukan transaksi pinjaman beberapa kali di Modalku. Hasilnya, bisnis saya mengalami kenaikan omset sebesar 30% dengan adanya penambahan modal dari Modalku.”

Modalku menyediakan layanan peer-to-peer (P2P) lending, dimana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pemberi pinjaman platform (individu atau institusi yang mencari alternatif investasi) melalui pasar digital. Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura dan Malaysia dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 18,8 Triliun.

Ingin tahu lebih lanjut tentang berita ini, cek link di bawah ini:


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply