Apa Itu Content Maintenance dalam Bisnis?

Content marketing memiliki berbagai macam aspek yang wajib diperhatikan. Salah satunya adalah content maintenance atau disebut juga dengan pemeliharaan konten. Langkah ini adalah sebuah proses dalam menciptakan hubungan baik dan berkelanjutan terhadap audiens. Lantas, apa pentingnya content maintenance ini dalam bisnis dan apa saja yang harus diperhatikan?

Tahukah Anda? dengan content maintenance, Anda juga menguasai pasar digital. Kok bisa? Simak artikel ini: “Memahami ‘Bahasa’ Milenial, Merebut Pasar”

Pentingnya Content Maintenance

Sebagian bisnis menganggap pemeliharaan konten tidak begitu penting. Ini salah besar, sebab dalam content maintenance memberikan banyak manfaat. Berikut alasan mengapa pemeliharaan ini menjadi penting.

Menampilkan Konten Baru di Mesin Pencari

Mesin pencari seperti Google akan merekomendasikan konten apa yang sesuai dengan harapan penggunanya. Maka, tak heran jika Google sering menampilkan konten terbarunya di SERP atau search engine result page. SERP ini akan membaca melalui algoritma apakah konten tersebut sudah basi atau tidak. Itulah mengapa, pemeliharaan penting untuk menjaga konten Anda tetap pada posisi teratas di mesin pencarian.

Mengetahui Strategi Kompetitor

Mungkin saja konten Anda akan muncul, namun tenggelam dan peringkatnya semakin menurun karena kompetitor menggunakan strategi SEO lain. Dengan adanya content maintenance,Anda dapat mengetahui strategi apa yang dilakukan oleh kompetitor untuk menampilkan konten berada di urutan teratas.

Lihat juga: “Cara Berbisnis Online, dengen Bikin Konten Digital Marketing”

Dapat Meningkatkan Inbound Link

Adapun yang disebut inbound link ialah link situs lain dapat mengarah ke situs konten Anda. Bila inbound link semakin banyak, Google pun bakalan menilai situs atau website Anda kredibel sehingga bisa muncul di urutan teratas. Jadi, Anda perlu melakukan content maintenance dengan tujuan orang lain dapat memasukkan link Anda ke website mereka.

Tips Update Aspek Teknis dari Konten

Content marketing memang  harus selalu dilakukan pembaruan setiap hari. Dalam kaitannya dengan content maintenance, Anda perlu memperhatikan aspek penting apa saja yang harus dilakukan pada saat update. Tujuannya adalah agar audiens dalam hal ini konsumen Anda tidak menjadi bosan dan tetap loyal pada brand Anda.

Berikan Konten Video Menarik

Mungkin saja audiens merasa bosan dengan konten yang monoton. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar mereka tidak bosan adalah content maintenance di mana Anda bisa menambahkan konten berupa video menarik. Cara ini juga akan membuat website perusahaan maupun bisnis semakin up to date. Perlu diingat, dalam memasukkan video tersebut, usahakan yang sedang viral atau happening dan kaitkanlah dengan bisnis Anda.

Tambahkan Testimoni Pelanggan Bila Perlu

Content maintenance atau pemeliharaan konten juga bertujuan untuk menjaga audiens maupun pelanggan tetap bertahan pada brand kita. Anda juga bisa menambahkan testimoni dari pelanggan. Langkah ini dilakukan untuk menggaet calon pelanggan baru, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Dari testimoni ini pula, dapat Anda jadikan modal dalam melakukan evaluasi bisnis.

Lihat juga: “Ini Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis yang Anda Rintis”

Tampilan Konten Website yang Menarik

Tak ada salahnya juga untuk mengubah tampilan website jika dirasa perlu. Namun, usahakan saat diubah tampilan website tersebut memenuhi kriteria yang user friendly dan menarik. Sebab dalam content marketing, website yang tidak user friendly dan kurang menarik akan cenderung ditinggalkan oleh audiens.

Fokus pada Konten Terpopuler

Agar dapat bertahan dan memenangkan kompetisi dalam dunia content marketing, kuncinya adalah Anda harus fokus juga pada konten-konten populer. Jika konten yang ditampilkan cenderung berbelit-belit dan irelevan, maka audiens dan pelanggan akan tidak tertarik.

Konten ini dapat berupa artikel dengan tema teknologi, kuliner, traveling, kesehatan, dan sebagainya. Artikel adalah media efektif untuk meningkatkan traffic website. Berikutnya adalah konten berupa video yang berupa tutorial, ulasan produk, hingga membahas mengenai tips dan trik. Konten video dipercaya memiliki efektivitas cukup bagus dalam dunia content marketing.

Konten audio pun bisa Anda coba dengan tema yang sama seperti di atas. Namun, tentukan terlebih dahulu topik utamanya. Lalu, pastikan juga perangkat yang digunakan terbaik. Jenis lainnya yang dapat digunakan adalah gambar maupun infografis. Anda bisa menyelipkannya pada artikel atau website agar audiens dan pelanggan tidak bosan.

Hal penting yang perlu diingat di sini adalah, Anda janganlah terbatas pada readers atau jumlah audiens. Namun, berfokuslah pada esensi dan relevansi konten itu sendiri. Apakah konten itu sudah sesuai dengan yang audiens butuhkan dan relevan dengan bisnis Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply