Peran Penting Website untuk Bisnis Offline

Bagi para pelaku bisnis offline, memiliki sebuah website bisnis dianggap sebagai bukan prioritas utama. Seluruh aktivitas bisnis yang dilakukan secara offline atau tatap muka membuat keberadaan website dirasa kurang penting. Padahal, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan membuat website, terlebih di era digital seperti sekarang. Berikut adalah beberapa peran penting website bagi bisnis offline.

Anda mungkin tertarik dengan: 5 Tips Digital Marketing untuk Usaha Kecil

Bisa Sambil Berjualan

Sebuah website bisnis tidak melulu berisi tentang informasi perusahaan atau profil pelaku usaha. Anda juga bisa memanfaatkan website bisnis sebagai sebuah sarana untuk berjualan. Fungsikan website Anda sebagai sebuah katalog produk. Lampirkan foto produk yang Anda tawarkan. Jika bisnis yang Anda jalankan menawarkan jasa, masukkan portofolio bisnis pada website. Dengan begitu, calon customer bisa langsung mengetahui produk Anda.

Website juga bisa menjadi tempat promosi bisnis yang efisien. Anda cukup memberikan update terkait produk baru lewat website dan publik pun akan segera mengetahuinya. Tidak perlu lagi memasang iklan yang memerlukan budget besar. Anggaran promosi bisnis pun bisa dialihkan pada keperluan lainnya. 

Bisnis Terlihat Lebih Kredibel

Peran penting website selanjutnya berkaitan dengan citra perusahaan Anda kepada publik. Website yang dikelola dengan baik akan membuat perusahaan Anda terlihat lebih kredibel. Jadikan website bisnis Anda sebagai sebuah media komunikasi dengan pelanggan. Cantumkan kontak atau layanan costumer service yang bisa dihubungi. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan publik terhadap perusahaan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan testimoni pelanggan ke dalam website. Dengan adanya testimoni atau review dari pelanggan terdahulu maka calon pelanggan pun tidak akan merasa ragu pada produk yang Anda tawarkan. Namun, pastikan untuk mencantumkan hanya testimoni asli dan bukan sebuah rekayasa.

Untuk meraih kredibilitas perusahaan, Anda juga dapat mengembangkannya melalui mentor bisnis.

Bebas Diakses Konsumen Selama 24 Jam

Penting bagi Anda untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Membangun dan mempertahankan komunikasi yang baik dengan konsumen akan membuat bisnis tetap berjalan lancar. Nah, memiliki website bisnis sendiri adalah strategi mudah sekaligus efisien untuk mempertahankan komunikasi Anda dengan konsumen.

Tidak seperti kontak bisnis yang hanya dapat dihubungi pada hari dan jam kerja, website bisnis bebas diakses oleh konsumen selama 24 jam. Dengan begitu, konsumen bisa tetap mengakses katalog produk yang tercantum dalam website Anda. Selama katalog produk dapat diakses oleh pelanggan maka penjualan pun tetap akan berjalan.

Memuat Informasi Penting dalam Bisnis

Anda juga bisa memuat informasi penting yang berhubungan dengan bisnis pada website. Misalnya, informasi tentang perusahaan seperti sejarah dan visi misi perusahaan. Anda juga bisa memuat konten yang bermanfaat bagi konsumen seperti artikel pengetahuan atau video tutorial. Semua konten tersebut, baik artikel maupun konten audio visual, tentunya dibuat tetap sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. 

Dengan menghadirkan informasi penting pada website, maka bisnis offline Anda pun akan terlihat lebih transparan di mata pelanggan. Transparansi sangat penting dalam hubungan antara pelaku usaha dan konsumennya. Tanpa adanya transparansi, konsumen akan sulit untuk percaya pada produk Anda. Transaksi jual beli pun tidak akan terjadi tanpa adanya rasa percaya dari konsumen. Website bisa membantu Anda untuk mewujudkan transparansi tersebut.

Mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Bagi Anda yang sedang berencana untuk melakukan ekspansi bisnis, membuat sebuah website bisnis adalah suatu strategi jitu. Anda bisa memanfaatkan bisnis sebagai media baru untuk berjualan. Dengan membuat website, pasar Anda pun semakin meluas. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda dapat membidik kalangan yang sebelumnya tidak menjadi target pasar.

Website dapat diakses oleh siapa saja dan di mana saja asal mereka terhubung dengan internet. Bisa jadi produk Anda akan dikenal oleh pasar internasional karena produk yang tercantum di website menarik perhatian mereka. Jadi tunggu apalagi, alokasikan waktu, tenaga, dan tentunya dana untuk merancang website bagi bisnis offline milik Anda.

Jika selama ini pasar Anda terbatas, maka website bisa membantu untuk meluaskannya. Di samping website bisnis, kembangkan bisnis offline milik Anda dengan pendanaan dari Modalku, sebuah platform layanan P2P lending pertama di Indonesia. Modalku menghubungkan para pelaku UMKM dengan pemberi pinjaman. Tidak perlu ragu, seluruh transaksi yang terjadi diawasi oleh OJK Indonesia. Segera terhubung dengan klik di sini.




Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply