Cara Membangun Bisnis Minim Modal yang Bisa Dicoba

Banyak orang yang ingin memulai bisnis, namun gugur karena terhalang modal yang minim. Mereka pesimis akan bisnis minim modal yang umumnya sulit untuk berkembang. Padahal, modal ini merupakan uang tabungan yang sudah ditabung sejak lama, semakin sulit untuk memberikannya pada bisnis yang kurang pasti. 

Sayangnya, pemikiran-pemikiran ini yang justru menghentikan langkah Anda memiliki bisnis impian. Kabar baiknya, Anda tetap berpeluang untuk menjadi wirausahawan dengan merintis bisnis minim modal, asalkan Anda tahu strategi tepatnya. Sebelum patah semangat, simak dulu cara membangun bisnis minim modal yang bisa dicoba selengkapnya!

Bangun Mental Baja

Sebelum memulai bisnis, penting untuk kita membangun mental baja. Mental baja inilah yang akan membantu Anda menghadapi rintangan kala menjalani bisnis minim modal. Untuk membangun mental baja, Anda harus memiliki pola pikir entrepreneurship

Untuk melakukan pola pikir entrepreneurship ini, Anda harus berani mengatasi ketakutan dan keraguan dalam berbisnis minim modal. Jangan mudah puas dengan apa yang sudah Anda dapat dan selalu meyakinkan diri untuk memperoleh kesuksesan. Dengan menerapkan pola pikir ini, Anda dapat membangun mental baja yang melihat rintangan sebagai tantangan yang harus dihadapi saat berbisnis.


Siapkan Model Bisnis yang Menarik

Model bisnis adalah cara paling sederhana untuk menggambar bisnis minim modal yang Anda impikan. Meski sederhana, masih banyak orang yang kesulitan menggambarkan bisnis yang ada di pikiran mereka. Model bisnis sendiri ditampilkan secara terstruktur agar mudah Anda wujudkan. Tak hanya berstruktur dengan baik, Anda juga harus menyiapkan model bisnis yang menarik. Model bisnis yang menarik juga dapat menggaet investor untuk berinvestasi ke dalam bisnis Anda. 

Anda mungkin juga tertarik: 5 Tips Manajemen Usaha untuk Para Pebisnis


Cari Partner Bisnis dengan Visi Misi Serupa

Jika Anda sedang bingung mencari cara mengumpulkan modal tambahan, Anda bisa mengundang partner dalam membangun bisnis impian. Namun, Anda harus mendapatkan partner bisnis dengan visi misi yang serupa. Bayangkan, kalau Anda punya perbedaan yang timpang dalam visi dan misi, pasti Anda terus berdebat dan saling memaksakan pendapat.

Hanya karena tidak memiliki visi dan misi yang sama, bisnis Anda dijamin mengalami hambatan. Karena itu, Anda harus cermat memilih partner. Partner dengan visi dan misi yang serupa siap mengantarkan bisnis minim modal Anda berkembang dengan cepat dan stabil.


Mulai Sebagai Bisnis Sampingan

Belum menemukan partner bisnis dengan visi misi yang sama? Jangan jadikan hal ini penghalang Anda memulai bisnis. Anda bisa masih bisa memulai bisnis minim modal sebagai bisnis sampingan. Modal kecilnya bisa Anda gunakan untuk membeli bahan baku pokok untuk membuat produk. Tak apa-apa menghasilkan produk yang terbatas, asalkan Anda membuatnya sungguh-sungguh dan layak dijual. 

Meski begitu, ada baiknya bisnis kecil ini dijadikan kegiatan sampingan saja. Jika Anda masih memiliki pekerjaan tetap, jangan terburu-buru untuk resign. Lumayan, kan, gajinya bisa Anda pakai untuk menambahkan modal usaha. Jika uang dari hasil bisnis kecil-kecilan terkumpul, ditambah dengan tabungan hasil kerja tetap, Anda pun bisa memulai bisnis yang lebih besar dan lebih matang.

Lihat juga: 5 Cara Membangun Bisnis Kecil


Jadikan Investasi Sebagai Awal Modal

Modal memang menjadi pondasi awal memiliki bisnis. Kalau Anda masih berpikir uang tabungan Anda belum cukup menjadi modal, Anda bisa mengalokasikannya untuk berinvestasi. Gaji dari pekerjaan tetap bisa Anda sisihkan untuk menabung dan berinvestasi. Investasi ini bisa menghasilkan pundi-pundi tambahan untuk mematangkan modal Anda.

Lebih baik menabung, berinvestasi atau memulai bisnis kecil-kecilan daripada Anda berhutang dengan suku bunga yang tinggi. Apalagi, bisnis sendiri tidak memiliki kepastian akan untung ataupun rugi. Jika rajin menabung dan investasi, nantinya kita dapat memiliki modal yang besar untuk berbisnis.

Untuk Anda yang tak ingin berhutang atau masih ragu berinvestasi namun tetap ingin mempunyai bisnis minim modal, Anda bisa mempertimbangkan Modalku. Modalku menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dengan opsi investasi alternatif dengan bunga menarik. 

Jadikan Modalku sebagai cara mengumpulkan modal untuk bisnis Anda. Pinjaman yang ditawarkan Modalku pun berkisar dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar Rupiah. Modalku sudah berizin dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga keamanannya pun terjamin. Yuk, bangun bisnis Anda bersama Modalku dengan klik di bawah ini.

Klik di sini!






Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply