7 Cara Memulai Bisnis Online Baru Lewat Instagram

cara memulai usaha untuk mahasiswa

Ada banyak cara memulai bisnis online, salah satunya adalah dengan memanfaatkan Instagram. Seiring perkembangan dan perubahan dalam industri bisnis, online presence menjadi sangat penting untuk menjangkau target pelanggan. Cara sederhana namun efektif untuk menguatkan online presence adalah melalui pemasaran media sosial. 

Data internal Instagram 2019 menunjukkan bahwa 90% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu bisnis. Jadi, kenapa tidak berjualan sambil promosi produk di platform yang sama? Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Mari simak beberapa cara memulai bisnis online lewat Instagram berikut ini.

Buat Akun Instagram for Business

Cara memulai bisnis online yang pertama adalah membuat akun Instagram for Business. Akun bisnis di Instagram akan memberi Anda lebih banyak tools (alat) untuk mengelola dan mengembangkan brand

Manfaat penting “Business Profile” di Instagram sebagai cara jualan online di Instagram adalah kemudahan untuk menambahkan informasi kontak (nomor telepon, email, dan lokasi bisnis), iklan bisnis, fitur e-commerce bawaan, hingga akses ke analitik.

Untuk menghindari kesulitan beriklan, konversi lebih baik ddilakukan melalui profil Facebook yang terhubung dengan halaman Facebook bisnis. Ikuti langkah-langkah sederhana ini: 

  • Buka profil Anda dan ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar. 
  • Ketuk Pengaturan > Akun > Beralih ke Akun Profesional
  • Pilih kategori Instagram yang paling dekat dengan produk atau layanan bisnis Anda.
  • Dari halaman Apakah Anda Bisnis?, pilih Bisnis. 
  • Masukkan informasi kontak perusahaan Anda.
  • Pilih halaman Facebook bisnis yang terhubung dengan akun Instagram. 
  • Tambahkan detail tambahan tentang merek Anda di bagian yang disediakan, lalu ketuk Selesai.

Profil Instagram Harus Lengkap

Selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa profil Instagram Anda sudah lengkap. Instagram menyediakan 150 karakter untuk memberi tahu calon pengikut semua yang perlu mereka ketahui tentang bisnis Anda jadi gunakan dengan bijak. Anda dapat menyertakan hashtag di bio yang dapat membantu lebih banyak orang menemukan profil Anda. Pastikan juga untuk menyertakan tautan ke website bisnis.

Cara Memulai Bisnis Online Harus Upload Konten Rutin

Semakin rutin Anda meng-upload konten, semakin tinggi pula kemungkinan tingkat engagement audiens. Namun, tentu saja Anda tidak bisa asal upload. Buatlah beberapa tema untuk jenis konten yang ingin Anda upload sebagai bagian dari strategi pemasaran Instagram Anda. 

Setelah membuat pilar konten, lanjutkan dengan merencanakan konten dengan cara memutuskan konten apa yang ingin Anda posting dan menyusunnya secara strategis. Rencanakan apa yang akan Anda posting setidaknya setiap minggu, atau untuk beberapa minggu pada satu waktu.

Lihat juga: “6 Cara Memasarkan Produk di Instagram”

Masukkan Hashtag di Setiap Postingan

Anda perlu memasukkan hashtag di setiap postingan dan menggunakannya secara strategis. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan 7-30 hashtag per posting berkinerja terbaik, meskipun tergantung jumlah pengikut yang Anda miliki. 

Instagram baru-baru ini menambahkan fitur yang memungkinkan Anda melihat berapa banyak orang yang menemukan postingan Anda melalui hashtag. Ini membantu Anda mengukur seberapa efektif hashtag yang dipakai dalam menghasilkan keterlibatan.

Jadikan Testimoni Sebagai Postingan

Jika Anda ingin menggunakan testimoni pelanggan sebagai postingan di Instagram, pertimbangkan untuk membuka akun Instagram kedua hanya untuk konten tersebut. Konten testimoni sendiri saat ini tidak sulit didapat. Banyak konsumen yang tidak hanya suka mengambil foto produk karena menganggap produk tersebut berguna, namun juga karena mereka ingin membantu calon pelanggan lain membuat keputusan pembelian yang tepat.

Jangan Pelit Kasih Promo Kepada Followers

Banyak cara memanjakan followers, salah satunya dengan memberikan promo-promo menarik. Anda bisa memberikan promo berdasarkan hari besar, misalnya untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Dengan tidak pelit memberikan promo, Anda membuka peluang besar bagi followers untuk tetap mengikuti Anda karena menunggu event promo yang Anda berikan sewaktu-waktu.

Di samping promo, Anda juga bisa menyelenggarakan giveaway. Metode yang terbukti ampuh menaikkan follower dan meningkatkan keterlibatan ini dapat berupa pemberian produk, layanan, atau kupon gratis. Meminta peserta giveaway menandai teman akan membantu meningkatkan eksposur Anda.

Bisnis Online lewat instagram adalah masa depan

Rajin Jawab Pertanyaan Followers

Cara memulai bisnis online di Instagram tidak hanya bisa Anda lakukan dengan mengajukan pertanyaan. Anda juga bisa mendorong keterlibatan dengan rutin menjawab pertanyaan. Pertanyaan dari followers biasanya muncul di kolom komentar. Luangkanlah waktu untuk menanggapi komentar yang berisi pertanyaan tersebut. Ini penting untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai tanggapan atau pertanyaan mereka dan untuk menunjukkan bahwa Anda peduli.

Itulah beberapa informasi tentang cara memulai bisnis online. Sekarang Anda sudah paham cara jualan online di Instagram, bukan? Semoga bermanfaat dan bisnis online Anda berjalan lancar.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply