Cara Bayar PBB Online yang Mudah & Cepat

masa depan bank digital

Pajak bumi dan bangunan atau PBB merupakan pajak yang rutin harus dibayar jika Anda memiliki atau menggunakan properti atau bangunan. Meski distribusi tagihan & pembayarannya seringkali dikoordinir, tidak ada salahnya untuk menggunakan cara bayar PBB online yang bisa jadi pilihan. Inilah cara bayar PBB Online yang praktis, mudah, dan cepat!

Selain bayar pajak bumi dan bangunan, kita juga bisa daftar NPWP secara online lho!

Pilih Platformnya Terlebih Dahulu

Awali langkah Anda dengan memilih platform pembayaran terlebih dahulu. Apakah Anda ingin membayar lewat bank? Seperti M-Banking atau Internet Banking? Atau mau lewat ATM? Tentu yang lebih praktis sekarang adalah dengan menggunakan M-banking karena dapat dioperasikan lewat aplikasi smartphone. Penasaran dengan kemudahanya, berikut beberapa langkah bayar PBB online sesuai dengan platformnya:

Lihat juga: Memilih Pinjaman Tanpa Jaminan Melalui Platform Pendanaan UMKM

M-Banking

Meski aplikasi M-Banking punya tampilan yang berbeda-beda, pada dasarnya, cara bayar PBB online hampir sama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi M-Banking
  2. Pilih Menu “Pembayaran” atau “M-Payment”
  3. Pilih Menu “Pajak”
  4. Pilih Jenis Pajak
  5. Lalu pilih “PBB”
  6. Input Nomor Objek Pajak
  7. Pilih Tahun Pajak, Kemudian akan muncul nominal pajak
  8. Selanjutnya klik “Ya”, “Bayar” atau “Kirim Formulir”

Berikut beberapa tangkapan layar M-banking BCA sebagai contoh agar Anda mendapat gambaran yang lebih jelas

Setelah itu, biasanya Anda akan diminta password untuk mengeksekusi pembayaran. Mudah bukan? 

Fintech Payment

Kini, aplikasi Fintech Payment juga menjadi pilihan untuk melakukan pembayaran berbagai keperluan. Tak terkecuali bayar PBB Online. Tentu cara bayar PBB online dengan aplikasi Fintech Payment tak kalah praktisnya dengan bayar via aplikasi M-banking. 

Secara umum, cara bayar dengan Fintech Payment juga mirip-mirip. Berikut ini adalah contoh langkah pembayaran dengan salah satu Fintech Payment OVO. Berikut langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Fintech payment langganan Anda
  2. Pilih menu “Lainnya”
  3. Klik “Pajak PBB”
  4. Pilih wilayah pajak PBB Anda
  5. Isi nomor pajak & tahun pembayaran pajak
  6. Klik pilihan ke “Lanjut ke Pembayaran”
  7. Lanjutkan dengan klik “konfirmasi”
  8. Klik “bayar”

Jangan lupa untuk masukkan ulang password aplikasi agar Anda bisa melanjutkan pembayaran. Untuk ilustrasi dan langkah lebih tepatnya, silahkan kunjungi websitenya. Bagaimana? Mudah bukan? 

E-commerce

Ada lagi pilihan untuk bayar PBB online, yakni via e-commerce. Kita bisa ambil salah satu contohnya langkah pembayarannya di salah satu e-commerce terbesar, yakni Tokopedia. Begini langkahnya:

  1. Masuk laman Tokopedia, atau buka aplikasi Tokopedia di smartphone Anda
  2. Klik “PBB Online”
  3. Masukkan nomor objek pajak dan tahun pembayaran pajak. Lalu pilih ‘lanjutkan pembayaran. 
  4. Pilih kota/kabupaten domisili pembayaran Pajak PBB Anda
  5. Klik opsi “Bayar”
  6. Tunggu, sistem memproses pembayaran Anda hingga muncul notifikasi.

Tak kalah mudahnya kan. Itulah berbagai cara pembayaran PBB online. Secara umum, langkahnya sebenarnya mirip, buka platform, pilih atau klik tombol “bayar PBB”, isi form nomor pajak hingga wilayah pajak. Dan bayar. Mudah bukan? Apapun platformnya, bayar PBB online lebih cepat, nyaman dan tidak perlu antri. Tertarik untuk mencoba? 

Lihat juga: 5 Buka Toko Online bagi yang biasa Berjualan Offline


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply