5 Tahap Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Menjanjikan

5 Tahap Mengidentifikasi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Anda dapat membangun atau mengembangkan bisnis berdasarkan peluang usaha yang menjanjikan. Peluang usaha tidak muncul secara mendadak dan Anda harus melakukan riset dahulu sebelum mengeksekusinya. Pemilihan peluang usaha yang tepat akan membawa keuntungan besar bagi bisnis pada masa depan.

Ada bisnis yang berhasil dalam mengeksekusi peluang usaha di sekitarnya, sementara ada pula yang gagal memanfaatkannya. Faktor keberhasilan peluang usaha terlihat dari langkah identifikasinya. Anda perlu memahami tips mengenali peluang usaha secara akurat agar sukses diterapkan dalam bisnis.

Sekilas Mengenai Peluang Usaha

Peluang usaha adalah kesempatan yang tersedia di lingkungan sekitar atau target pasar untuk memulai sebuah usaha dan mendapatkan keuntungan. Bisnis juga makin berkembang karena mereka memanfaatkan peluang usaha yang tersedia. Kesempatan tersebut melibatkan beberapa situasi dan kondisi dalam masyarakat yang harus dipenuhi oleh bisnis.

Keberhasilan sebuah bisnis terlihat dari cara mereka memanfaatkan peluang usaha yang tersedia. Pengusaha sukses selalu berhasil menyorot sebuah peluang usaha, kemudian merencanakan dan mengeksekusinya menjadi sebuah bisnis. Mereka juga tangkas dalam mengenali peluang tersebut sebelum diambil oleh pengusaha lain sehingga menjadi bisnis perdana yang memanfaatkan peluang tersebut.

Peluang usaha selalu menjadi alasan bagus untuk memulai suatu bisnis. Pengusaha dapat menyelesaikan masalah atau kondisi yang sedang dihadapi target pasar atau masyarakat di sekitarnya melalui bisnis mereka. Ide baru serta inovasi juga lahir dari peluang usaha tersebut sehingga value proposition bisnis makin meningkat di mata target pasar.

Baca Juga: Peluang Usaha Adalah: Pengertian dan Ciri-cirinya

Tahapan Identifikasi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Anda harus melewati beberapa tahapan dalam proses identifikasi sebuah peluang usaha. Peluang usaha tidak bisa langsung dieksekusi, tetapi harus melalui serangkaian riset dan hipotesis untuk meningkatkan potensi keberhasilannya. Proses tersebut membantu Anda dalam menentukan keputusan tepat dalam mengeksekusi kesempatan tersebut.

Apa saja tahapan penting dalam mengidentifikasi sebuah peluang usaha?

1. Melakukan Riset Konsumen

Identifikasi peluang usaha dimulai dari mengetahui kebutuhan konsumen atau target pasar. Anda harus melakukan riset mengenai masalah atau kondisi yang sedang mereka alami serta ekspektasi atau tujuan mereka dalam memecahkan masalah tersebut. Riset berguna agar bisnis Anda bisa menciptakan value atau nilai di mata konsumennya.

Banyak cara untuk melakukan riset, mulai dari survei, wawancara, atau menyebarkan kuesioner. Lakukan pula riset mengenai tren target pasar agar Anda lebih memahami preferensi produk mereka. Proses riset melibatkan kegiatan mengumpulkan, mengorganisir, dan menganalisis informasi terkait perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Dicoba

2. Membuat Hipotesis Masalah

Hasil riset pasar pada langkah pertama digunakan untuk membuat hipotesis permasalahan. Anda perlu mengetahui isu atau kekhawatiran target pasar agar bisa memberikan solusi yang tepat melalui produk atau layanan bisnis.

Hipotesis dibuat berdasarkan hasil feedback atau masukan dari target pasar melalui jawabannya. Setelah mengetahui permasalahannya, Anda juga harus mengetahui berbagai kemungkinan penyebab masalah tersebut dapat terjadi. Sertakan juga solusi yang dapat ditawarkan melalui kehadiran bisnis Anda, contohnya menciptakan produk atau layanan terbaru, memberikan harga lebih terjangkau, dan lain-lain.

3. Menciptakan Produk atau Layanan

Setelah memahami masalah serta solusinya, barulah Anda bisa menentukan produk atau layanan yang ingin dibuat. Produk tersebut harus dibuat berdasarkan preferensi segmentasi atau target pasar bisnis Anda.

Gunakan hasil riset pasar untuk menciptakan produk atau layanan yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Sebagai langkah awal, buatlah prototipe atau sampel produk dahulu untuk diuji coba pada langkah berikutnya. Berikan juga fitur yang mendukung produk tersebut sesuai feedback dari target pasar tersebut.

Baca Juga: Apakah Strategi Pemasaran Offline Masih Relevan?

4. Melakukan Uji Coba

Tahap uji coba berguna untuk memastikan produk Anda bisa menjawab permasalahan atau tantangan yang dihadapi target pasar. Selain itu, Anda dapat mengetahui tingkat permintaan produk atau layanan tersebut secara riil.

Sasarlah target konsumen Anda dan jelaskan produk serta fitur yang terdapat di dalamnya. Jika menyediakan layanan, Anda bisa memberikan uji coba gratis kepada mereka selama periode tertentu. Jangan lupa untuk meminta feedback mengenai produk atau jasa serta fitur-fiturnya agar Anda bisa mengembangkannya sesuai kebutuhan mereka.

Baca Juga: Bagaimana Cara Jualan Online Tanpa Modal? Simak di Sini!

5. Mengembangkan Produk atau Jasa

Anda berhasil memanfaatkan peluang usaha apabila mendapatkan banyak feedback positif terkait sampel produk tersebut. Target pasar juga merasa terbantu dengan kehadiran sampel produk Anda, jadi tidak ada salahnya untuk mengembangkannya agar lebih komplet.

Gunakan feedback dari target pasar untuk mengembangkan produk atau layanan tersebut. Pastikan produk tersebut cukup efektif dan mampu menjawab kebutuhan target pasar dalam jangka panjang. Anda perlu mempertimbangkan aspek lain dalam proses pengembangan ini, seperti kompetitor dan model bisnisnya.

Kehadiran target konsumen sangat membantu dalam mengenali peluang usaha. Pahami kebutuhan mereka agar bisnis Anda bisa menyediakan solusi yang mampu menjawab permasalahan.

Proses mengidentifikasi peluang usaha yang menjanjikan untuk pengembangan UMKM membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kabar baiknya, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha secara mudah dengan Modalku. Persyaratan pengajuan pinjamannya juga tidak rumit, cukup sediakan KTP, mutasi rekening, dan laporan penjualan Anda. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut mengenai program kredit Modalku.


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan