Peluang Usaha Adalah: Pengertian dan Ciri-cirinya

ciri ciri peluang usaha yang baik

Jika Anda ingin memulai suatu bisnis yang baru dan belum ada sebelumnya, maka Anda harus mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang baik terlebih dahulu untuk menghindari risiko kegagalan yang bisa saja terjadi kapan pun.

Jangan sampai Anda terlalu percaya diri terhadap peluang usaha yang Anda temukan dan langsung memulai bisnis tersebut secara sembarangan tanpa adanya persiapan. Untuk menghindari kerugian dan kegagalan ketika Anda memulai sebuah bisnis baru, yuk simak ulasan mengenai apa itu peluang usaha dan ciri-ciri peluang usaha yang potensial serta baik untuk Anda, di bawah ini!

Apa itu Peluang Usaha?

Pengertian peluang usaha adalah salah satu istilah yang seringkali muncul dalam dunia bisnis. Dalam hal ini, setiap orang memiliki peluang usaha untuk mencapai tujuan mereka masing-masing.

Sesuai namanya, peluang usaha terdiri dari dua kata, yaitu peluang dan usaha. Peluang sendiri memiliki arti kesempatan dan usaha memiliki arti upaya. Jika disimpulkan, peluang usaha adalah suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai sebuah tujuan, terutama dalam tujuan bisnis.

Cara Menemukan Peluang Usaha

Dalam membangun sebuah bisnis, peluang bisnis dan usaha tidak dapat ditemukan begitu saja. Berikut ini adalah bagaimana cara menemukan peluang usaha atau peluang bisnis bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

1. Tingkatkan Pengetahuan

Salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan banyak ide untuk menemukan peluang usaha adalah dengan meningkatkan pengetahuan yang Anda miliki. Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil untuk meningkatkan peluang usaha, seperti membaca buku, melihat beragam model bisnis di internet, sampai mengikuti forum wirausaha di sekitar Anda.

Bertambahnya pengetahuan akan membuka pikiran Anda menjadi lebih luas sehingga bisa lebih mudah menemukan apa peluang usaha yang cocok dilakukan di sekitar Anda.

2. Ketahui Potensi Diri

Sesuatu yang baik dimulai dari diri sendiri, begitu juga dengan peluang usaha. Untuk mencari peluang usaha, Anda bisa melihat potensi apa saja yang ada di dalam diri Anda dan bisa diubah menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan uang.

Terlebih jika Anda memiliki nilai jual dalam diri Anda, seperti memiliki bakat memasak, menciptakan sebuah karya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu penting untuk melihat potensi diri Anda dari sekarang agar bisa menemukan peluang usaha yang cocok untuk Anda.

3. Diskusi dengan Teman yang Memiliki Usaha

Peluang usaha bisa Anda temukan di mana saja, termasuk dari lingkungan terdekat Anda. Mulai mencari nilai jual dari sesuatu di sekitar, seperti melihat teman-teman Anda yang sudah memiliki usaha lebih dulu.

Anda bisa mengajakk mereka berdiskusi. Jangan merasa segan untuk bertanya mengenai usaha yang mereka jalankan. Serta mintalah saran dari mereka agar usaha Anda dalam mencapai tujuan dapat terwujud dengan baik.

Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Baik jika Anda baru akan memulai sebuah usaha maupun sudah menjalankan usaha, Anda dapat menyimak ciri-ciri dari peluang usaha yang baik di bawah ini agar terhindar dari kerugian ketika menjalankan sebuah usaha.

1. Original atau Unik

Ciri-ciri pertama dari peluang usaha yang potensial adalah orisinalitas dari pemanfaatan peluang usaha tersebut, atau setidaknya memiliki keunikannya tersendiri. Cara Anda memanfaatkan peluang usaha tersebut jangan sampai mirip dengan apa yang sudah dilakukan orang lain sebelumnya.

Dalam berbisnis, ada baiknya jika Anda memiliki orisinalitas dan keunikan tertentu. Mengapa? Karena belum tentu usaha yang Anda jalankan bisa membuahkan hasil sukses yang sama dari bisnis yang Anda tiru.

2. Modal yang Dibutuhkan Rendah

Modal memang sangat diperlukan, baik untuk memulai maupun untuk mengembangkan suatu usaha. Namun, masalah akan muncul jika Anda harus mengeluarkan modal secara terus menerus selama bisnis Anda berjalan.

Yang seharusnya terjadi adalah Anda bisa mendapatkan keuntungan hanya dari modal awal saja. Selanjutnya dari keuntungan tersebut Anda dapat mengembangkan bisnis agar mendapatkan keuntungan yang lebih lagi. 

Jika hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus menganalisa kembali bisnis yang Anda jalankan sekarang, dari mulai rencana bisnis hingga pengeluaran dan pemasukan. Jika perlu, Anda dapat mengubah bisnis yang sedang dijalankan atau bahkan mengubah cara kerja bisnis secara menyeluruh.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

3. Sesuai dengan Kemampuan Anda

Ketika menemukan peluang usaha, Anda harus memperhatikan apakah Anda memiliki kemampuan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Jika tidak memiliki kemampuannya, sebenarnya Anda dapat mencari rekan kerja mempekerjakan orang lain untuk memanfaatkan peluang tersebut. Namun pastikan rekan kerja atau orang yang akan Anda pekerjakan adalah orang yang dapat Anda percaya.

Selain itu, pastikan juga orang tersebut memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk memanfaatkan peluang tersebut. Lakukan riset yang mendalam mengenai kemampuan apa yang dibutuhkan agar peluang usaha tersebut dapat terealisasi dan berhasil.

4. Memiliki Risiko yang Kecil

Anda bisa melihat ciri-ciri dari peluang usaha yang baik dari besar kecilnya risiko yang akan terjadi. Hal yang paling menjadi momok saat menjalankan bisnis adalah risiko kerugian. Untuk itu, Anda perlu melakukan riset yang mendalam untuk menemukan risiko kerugian apa yang akan terjadi dari peluang usaha tersebut.

Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis dengan aman, pilihlah peluang usaha yang tingkat kesulitan dan risikonya ringan terlebih dahulu, agar ketika mendapatkan pesaing yang jauh lebih unggul, kerugian yang akan Anda alami tidak akan terlalu besar.

Baca Juga: 6 Tips dan Cara Memulai Usaha Dari Nol

5. Ketersediaan Sumber Daya

Ketersediaan sumber daya adalah salah satu kualitas yang paling penting dari sebuah peluang usaha. Sumber daya yang dibutuhkan untuk bisnis terbagi dalam lima kategori: manusia, keuangan, pendidikan (skill), fisik, dan emosional.

Anda memang perlu memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis, tetapi tanpa adanya sumber daya yang cukup, bisnis yang ingin Anda jalankan pun tidak akan terealisasi. Selain itu, jika bisnis sudah berjalan pun, Anda akan kesulitan untuk mengembangkannya jika tidak memiliki sumber daya yang cukup dan baik.

6. Pasar Dapat Mengakomodasi Peluang

Ketika menemukan peluang usaha, Anda harus mengetahui apakah ada pasar untuk usaha tersebut, dalam artian apakah akan ada calon konsumen untuk peluang usaha tersebut. Lakukan riset untuk mengetahui apakah ada pasar untuk bisnis yang ingin Anda bangun dan seberapa besar pasarnya.

Sebelum Anda dapat memanfaatkan peluang usaha tersebut, pastikan ada permintaan untuk produk atau jasa yang akan Anda sediakan. Pahami pasarnya, ketahui seberapa banyak calon konsumen yang ada, dan seberapa besar kemungkinan calon konsumen tersebut bersedia membayar produk atau jasa yang akan dijual.

Baca Juga: Segmentasi Pasar: Pengertian, Jenis, dan Contoh

7. Produk atau Jasa yang Disediakan Dibutuhkan Banyak Orang

Salah satu ciri-ciri dari peluang usaha yang potensial lainnya adalah produk atau jasa yang Anda sediakan dapat memenuhi kebutuhan banyak orang. Oleh karena itu, Anda dapat coba menyediakan produk yang dibutuhkan banyak orang seperti sembako, makanan, atau minuman, maupun jasa yang dibutuhkan seperti pemasaran, pengiriman, dan lain sebagainya.

JIka Anda sudah menemukan peluang usaha, coba bandingkan apakah peluang usaha yang Anda temukan sudah memenuhi ciri-ciri di atas. Jika sudah, maka Anda sudah bisa memulai membuat rencana mengenai bagaimana Anda akan memanfaatkan peluang tersebut.

Jika Anda membutuhkan modal untuk mengembangkan peluang usaha tersebut, Anda dapat mengajukan pinjaman dana tunaidi Modalku. Jika tertarik, Anda dapat mendaftar di sini. Semoga ulasan mengenai ciri-ciri dari peluang usaha yang potensial ini dapat membantu Anda, ya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan