Ragam Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

peluang usaha di masa pandemi

Dari e-commerce hingga sektor kesehatan, ada banyak sekali peluang usaha di masa pandemi ini yang bisa Anda coba jalankan. Bukan hanya itu saja, peluang bisnis tersebut juga banyak yang bisa Anda jalankan dari rumah.

Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai peluang usaha di masa pandemi ini yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan atau bahkan untuk pindah haluan pekerjaan menjadi seorang wirausahawan.

Peluang Usaha di Masa Pandemi yang Bisa Anda Manfaatkan

Dengan memperhatikan standar protokol kesehatan, banyak peluang usaha di masa pandemi ini bisa dijalankan dari rumah dan tanpa proses yang rumit.

Lantas, apa saja jenis bisnis di masa pandemi yang bisa Anda geluti? Berikut adalah beberapa peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan di masa pandemi:

1. Membuka Toko Online

Peluang bisnis pertama di masa pandemi adalah membuka toko online. Membuka toko online tidak membutuhkan modal awal yang banyak karena tidak membutuhkan biaya untuk menyewa ruko atau tempat berjualan.

Barang yang dijual melalui toko online pun bisa sangat beragam, mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti peralatan rumah tangga, pakaian, makanan, hingga produk-produk dan alat kesehatan. Selain itu, karena Anda menjalankan bisnis secara daring, promosi produk juga dapat dilakukan secara gratis melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya.

Belum lagi di masa pandemi ini volume kegiatan yang dilakukan di rumah semakin tinggi. Dengan berkurangnya aktivitas di luar rumah, orang-orang akan lebih rutin berbelanja secara daring. Yang artinya, peluang untuk meraup keuntungan dari membuka toko online semakin terbuka lebar untuk Anda.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Tepat

2. Menjadi Freelancer

Peluang bisnis di masa pandemi ini bisa Anda lakukan dari mana saja. Beberapa jenis freelance atau pekerja lepas yang cukup banyak dicari saat ini adalah desainer grafis, penulis artikel, dan copywriter. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya orang yang memulai bisnis secara daring, alias membuka toko online.

Untuk memasarkan produknya, pelaku bisnis daring tentunya membutuhkan promosi dan branding yang baik agar dapat menarik konsumen dan calon konsumen. Di sinilah freelancer dapat memainkan peran penting tersebut.

Untuk memiliki branding produk yang menarik bisa dimulai dengan memiliki desain yang menarik pula, mulai dari logo hingga kemasan produk. Selain itu, untuk memasarkan produk, dibutuhkan penulisan iklan yang unik juga. Untuk melakukan itu semua, para pebisnis online membutuhkan bantuan dari desainer grafis dan copywriter yang mumpuni agar produknya bisa laku di pasaran.

Selain freelance sebagai penulis atau desainer grafis, Anda juga bisa melakukan freelance sebagai pengajar dan penerjemah. Anda dapat mengajar kursus secara online atau membuat video pengajaran online dan menjualnya ke situs pembelajaran seperti Coursera. Untuk penerjemahan, cobalah mulai mencari klien dari situs freelancer dan perlahan bangun portofolio Anda.

Baca Juga: Metode Analisis Peluang Usaha agar Bisnis Berhasil

3. Dropship

Hampir mirip dengan membuka toko online, bedanya dropship tidak perlu menyetok barang yang dijual. Untuk memulai bisnis dropship pun Anda tidak memerlukan modal sama sekali. Anda hanya perlu mengirim  rincian pesanan dan pengirimannya ke produsen, grosir, pengecer lain, atau gudang, yang kemudian akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pelanggan yang memesannya.

Sebagai seorang dropshipper, Anda tidak perlu lagi memikirkan produksi dan pengiriman barang. Sebab, semua itu akan ditanggung oleh produsen yang Anda pilih. Tugas Anda hanya memasarkan produk-produk tersebut. Jika Anda ingin uang tambahan dari internet tanpa risiko tinggi, dropshipping adalah peluang usaha yang patut dicoba.

4. Katering Rumahan

Membuka katering rumahan merupakan peluang bisnis di masa pandemi yang bisa dilakukan jika Anda memiliki hobi memasak. Anda dapat menggunakan rumah Anda sebagai tempat usaha.

Peluang usaha di masa pandemi ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Peralatan masak rumahan Anda sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak dan juga rice box atau pembungkus nasi untuk membungkus makanan yang akan dijual.

Sebagai permulaan, Anda dapat memulai dengan beberapa hidangan saja, tetapi pastikan rasanya enak (tidak hanya menurut Anda, tetapi juga menurut orang lain). Namun, jika seseorang memesan katering sesuai dengan menu yang diinginkan, Anda harus bisa menyesuaikan pesanan dan harganya.

Baca Juga: Perbedaan Ide dan Peluang Usaha yang Harus Dipahami

Agar usaha yang Anda jalankan ini lebih optimal, Anda bisa mengirimkan makanan yang dipesan oleh pelanggan melalui jasa ojek online dengan cara mendaftarkan katering rumahan Anda jalankan di aplikasi seperti gojek, Grab, atau Shopee.

Bagaimana? Peluang usaha di atas sangat cocok untuk dilakukan di masa pandemi kan? Yuk langsung saja mulai usaha Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan modal untuk memulai usaha Anda, Modalku dapat menyediakan pinjaman dana tunai untuk Anda. Langsung saja daftar di sini.

Tinggalkan Balasan