4 Investasi Jangka Pendek untuk Pemula

4 investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek memberikan kemudahan dengan perputaran aset yang cepat. Berikut adalah empat jenis investasi ini yang cocok untuk pemula.

Sama halnya dengan investasi jangka panjang, investasi jangka pendek membuat Anda bisa menanam modal dengan harapan mendapatkan keuntungan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. Bedanya, investasi ini memberikan waktu pencairan yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan investasi jangka panjang.

Pada dasarnya, investasi ini dikelola dengan memperjualbelikan aset yang dapat diputar dalam waktu cepat, sehingga waktu pencairannya pun bisa lebih singkat. Investasi ini juga minim akan risiko, sehingga keuntungannya tidak sebesar pada investasi jangka panjang. Namun, investasi ini cocok untuk pemula yang baru ingin memulai berinvestasi. 

Apa Saja Kelebihan investasi jangka pendek?

Sebagai instrumen investasi yang bisa dicairkan dengan cepat, investasi ini memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui investasi ini.

1. Keuntungan lebih cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, investasi jenis ini memiliki perputaran uang yang relatif cepat, sehingga Anda bisa mencairkan dana yang Anda tanam dalam waktu singkat. Waktu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 1-12 bulan.

Investasi jangka pendek juga memiliki suku bunga lebih rendah daripada investasi jangka panjang. Namun, hal tersebut bisa Anda atur sesuai dengan rencana keuangan yang Anda miliki. Cepatnya perputaran uang tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menanamkan hasil investasi demi memperoleh keuntungan berikutnya.

2. Bisa digunakan sebagai tabungan untuk dana darurat

Karena sifatnya yang relatif singkat, investasi jenis ini bisa dikatakan lebih mirip dengan menabung. Dana yang Anda tanam pada instrumen investasi jangka pendek bisa dicairkan dalam waktu singkat, sehingga bisa Anda gunakan sebagai tabungan dana darurat jika suatu waktu perlu digunakan.

3. Menawarkan fleksibilitas

Kelebihan investasi jenis ini selanjutnya adalah fleksibilitas yang ditawarkan. Investor dapat dengan mudah mencairkan aset investasi menjadi uang tunai. Meskipun begitu, Anda tetap dianjurkan untuk memperhitungkan waktu proses pencairan tersebut yang memerlukan waktu hingga beberapa hari.

Apa Saja Kekurangan investasi jangka pendek?

Sama halnya dengan investasi jangka panjang yang memiliki kekurangan, investasi ini pun juga memiliki kekurangan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Butuh perhatian khusus

Karena memiliki waktu yang singkat, Anda perlu memikirkan secara matang segala tindakan sebelum melakukan investasi. Anda harus memahami jenis investasi yang Anda ambil serta risiko yang  dimilikinya. Jangan sampai dalam waktu yang singkat ini Anda justru membakar habis modal yang Anda miliki, sebab tidak punya pemahaman risiko yang lengkap.

2. Nilai fluktuatif

Nilai aset yang fluktuatif mungkin tidak berpengaruh besar pada Anda yang memilih investasi jangka panjang. Namun, hal tersebut bisa menjadi malapetaka bagi Anda yang memilih investasi ini. Meskipun dikenal sebagai jenis investasi jangka pendek yang minim risiko, investasi tetap memiliki risikonya masing-masing.

Jenis-jenis investasi jangka pendek

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi jangka pendek, Anda perlu mengetahui jenis-jenis investasi apa saja yang cocok dengan perencanaan keuangan yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa pilihan investasi ini yang bisa Anda pakai.

1. Reksa dana

Bagi Anda yang tak ingin pusing untuk memikirkan strategi dan cara mengelola modal investasi yang Anda tanam, gunakan investasi reksa dana sebagai pilihan jenis investasi. Reksa dana terbagi menjadi beberapa pilihan, mulai dari pasar uang, obligasi, saham, dan lain sebagainya. Reksa dana sering dijadikan pilihan karena risikonya yang relatif rendah.

2. Deposito

Berbeda dengan tabungan biasa, tabungan deposito tidak dapat Anda ambil sewaktu-waktu sesuka hati. Anda harus menunggu sesuai dengan jangka waktu yang Anda pilih, seperti tiga, enam, dua belas, hingga 24 bulan dengan risiko yang relatif rendah. Deposito juga menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung biasa.

3. Surat utang negara (SUN)

SUN merupakan surat utang yang diterbitkan oleh negara untuk para investor. Simpelnya, negara meminjam uang Anda untuk pembangunan dan kebutuhan negara dalam menjalankan pemerintahan. Investasi jenis ini terbilang sangat menguntungkan dan aman untuk Anda lakukan, sebab negara sendiri yang akan menjamin pengembalian modal yang telah Anda tanamkan.

4. P2P lending

P2P (peer-to-peer) lending merupakan jenis investasi jangka pendek yang mempertemukan pemberi pinjaman dan pemilik UMKM sebagai penerima pinjaman. Umumnya, P2P lending hadir dalam bentuk platform online, seperti Modalku. Kami juga memberikan keuntungan beragam bagi para investor yang ingin mengalokasikan dananya dalam pengembangan UMKM di Indonesia. Suku bunga yang ditawarkan pun cukup tinggi, mencapai 17%.

Investasi adalah salah satu hal penting yang harus mulai dilakukan sedini mungkin. Bagi para pemula yang baru akan memulai berinvestasi, Anda bisa memilih instrumen investasi jangka pendek yang aman dengan menjadi pemberi pinjaman di Modalku. Informasi lebih lanjut tentang investasi di Modalku bisa Anda akses tombol di bawah ini:


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Referensi:

https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/04/14/investasi-jangka-pendek

Tinggalkan Balasan