6 Contoh Peluang Usaha yang Bisa Diraih

contoh peluang usaha

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha baru, ada baiknya jika Anda mempelajari beberapa contoh peluang usaha yang sudah terbukti keberhasilannya terlebih dahulu. Ada banyak peluang bisnis yang tersedia, dan banyak di antaranya tidak memerlukan investasi besar untuk memulai.

Jika Anda siap untuk bekerja keras dan berdedikasi pada usaha Anda sendiri, berikut adalah beberapa contoh peluang usaha yang bisa Anda pertimbangkan:

1. Mengajar

Jika Anda memiliki pengalaman mengajar atau latar belakang pendidikan, mengajar online bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari rumah. Anda dapat mengajar kursus secara online atau membuat video pengajaran online dan menjualnya ke situs pembelajaran seperti Coursera.

Jangan merasa terbatas pada internet juga, Anda dapat mengajarkan hampir semua hal yang Anda kuasai secara langsung. Beberapa posisi mungkin akan memerlukan sertifikasi mengajar atau gelar lanjutan, tetapi jika Anda membuat dan menawarkan kursus Anda sendiri, yang Anda butuhkan hanyalah keahlian yang menurut orang lain berharga. Menghasilkan uang dengan cara Anda sendiri melalui pendidikan bisa menjadi peluang bisnis yang bagus.

2. Penerjemah

Jika Anda dapat memahami dua bahasa (bilingual) atau bahkan lebih, pertimbangkan untuk memulai bisnis kecil di mana Anda menawarkan layanan terjemahan. Cobalah mulai mencari klien dari situs freelancer dan perlahan bangun portofolio Anda.

Penerjemahan adalah salah satu peluang usaha sampingan yang sempurna jika Anda hanya memiliki beberapa jam waktu luang setiap hari.

Seiring bertambahnya klien, Anda juga dapat menyewa lebih banyak penerjemah yang berspesialisasi dalam bahasa lain untuk menyelesaikan pekerjaan Anda atau bahkan bekerja untuk Anda. Jika Anda sudah memiliki banyak klien, Anda bahkan bisa membangun agensi penerjemah sendiri.

Baca Juga: Mengumpulkan Aset dengan Memulai Bisnis Sampingan

3. Katering Rumahan

Membuka katering rumahan merupakan peluang bisnis yang bisa dilakukan jika Anda memiliki hobi memasak. Anda dapat menggunakan rumah Anda sebagai tempat usahanya. Banyak orang yang bekerja di kantor dan tidak punya waktu untuk memasak, orang-orang ini pasti memesan makanan untuk makan siang mereka. Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha Anda sendiri.

Peluang usaha ini bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil. Peralatan memasak di rumah Anda sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang akan dimasak dan juga rice box atau bungkus nasi untuk membungkus makanan yang akan dijual tersebut.

Sebagai permulaan, Anda bisa memulai dengan beberapa hidangan saja, tetapi pastikan rasanya enak (tidak hanya menurut Anda, tapi menurut orang lain juga). Namun jika ada yang memesan katering sesuai dengan menu yang mereka mau, Anda harus bisa menyesuaikan pesanan dan harganya.

4. Dropship

Dropshipping merupakan salah satu bentuk peluang bisnis di mana penjual menerima pesanan pelanggan tetapi tidak menyimpan barang yang dijual dalam stok. Sebaliknya, penjual mengirim  rincian pesanan dan pengirimannya ke produsen, grosir, pengecer lain, atau gudang, yang kemudian akan mengirimkan barang tersebut langsung ke pelanggan yang memesannya. Dengan demikian, penjual bertanggung jawab untuk memasarkan dan menjual produk, tetapi memiliki sedikit atau tidak memiliki kendali atas kualitas produk, penyimpanan, manajemen persediaan, atau pengiriman.

Sistem ini dapat menghilangkan biaya pemeliharaan gudang – atau bahkan etalase, pembelian dan penyimpanan inventaris, dan staf yang dibutuhkan untuk fungsi tersebut. Seperti dalam bentuk ritel lainnya, penjual mendapat untung dari selisih antara harga grosir dan eceran suatu barang, dikurangi biaya penjualan dan pengiriman terkait yang dibebankan kepada mereka.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Pinjaman UMKM Online

5. Percetakan

Peluang usaha yang satu ini bisa dilakukan jika Anda tinggal di dekat sekolah atau kampus. Namun tidak menutup kemungkinan juga di tempat lain peluang usaha ini bisa sukses atau berhasil.

Modal untuk memulai peluang usaha percetakan ini juga relatif kecil, Anda hanya membutuhkan satu laptop atau komputer, satu mesin fotocopy, dan satu printer untuk memulai usaha ini. Tipsnya cari tempat yang strategis agar jasa percetakan Anda bisa laris dan mendapatkan keuntungan yang besar.

6. Waralaba atau Franchise

Ingin memulai bisnis tetapi terkendala oleh kurangnya ide dan tidak memiliki pengalaman atau merasa ragu untuk memulainya sendiri? Maka jenis usaha waralaba ini bisa menjadi solusinya.

Jenis usaha waralaba bisa dikatakan paling cocok untuk pemula karena jika Anda ingin menjalankan model bisnis waralaba ini, Anda akan dibantu oleh franchisor (pemegang brand) mulai dari pelatihan hingga setelah usaha berjalan.

Sebagai pemula, Anda tidak akan bingung dengan konsep bisnis yang akan dijalankan. Anda hanya perlu menjalankan sesuai dengan kemampuan modal Anda sambil tetap bernaung di bawah nama brand dari perusahaan franchise yang dipilih.

Tips: pilihlah bisnis waralaba yang sudah stabil dan dikenal luas oleh banyak orang.

Baca Juga: 4 Tantangan dalam Bisnis Waralaba yang Patut Diwaspadai
Demikian contoh peluang usaha yang dapat kami sampaikan. Jika Anda tertarik untuk melakukan pendanaan online atau investasi terhadap sebuah usaha, Anda bisa melakukannya di Modalku. Jika Anda tertarik, langsung saja daftar sebagai investor di sini.

Tinggalkan Balasan