7 Langkah-Langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha Bisnis

langkah langkah pengembangan ide dan peluang usaha

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda harus memahami langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha. Dengan memahami informasi tersebut, Anda dapat menyusun dan menjalankan strategi bisnis yang efektif dan tepat sasaran.

Ide perlu dikembangkan untuk dapat menarik minat pasar dengan strategi bisnis yang kreatif dan mampu bermain dengan sentimen setiap orang. Setiap bisnis juga memiliki peluang yang mungkin saja dapat memberikan keuntungan terhadap suatu bisnis.

Melalui artikel ini, Modalku ingin memberikan informasi lengkap kepada Anda seputar langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam pengembangan ide dan peluang usaha. Namun, sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari peluang usaha.

Apa Itu Peluang Usaha?

Arti kata dari peluang itu sendiri adalah kesempatan. Setiap bisnis atau usaha memiliki kesempatan yang dapat digunakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Seperti misalnya, bisnis A mempunyai tujuan untuk dapat masuk ke kancah internasional. Kemudian, pemilik bisnis A tersebut melihat adanya peluang untuk mencapai tujuan tersebut melalui sebuah festival di negara A. Pebisnis itu mengambil peluang tersebut agar usaha yang dimilikinya dapat dikenal secara global.

Sama halnya bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan usaha, tentu akan ada peluang usaha yang tentu sayang jika sampai dilewatkan. Jadi, ketika peluang usaha tersebut datang kepada Anda, jangan segan-segan untuk memanfaatkan peluang tersebut dan buatlah strategi bisnis yang tepat.

Apa Saja Langkah-langkah Pengembangan Ide dan Peluang Usaha?

Dalam mengembangkan ide dan peluang usaha, ada 7 langkah yang dapat Anda lakukan sebagai seorang pebisnis, yaitu:

1 . Menentukan Tujuan Bisnis yang Jelas

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan ide dan peluang usaha adalah dengan menentukan tujuan bisnis yang jelas. Anda tidak bisa hanya menentukan sebuah tujuan, seperti bisnis ini harus meraih keuntungan ratusan juta dalam tahun ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa maksud dari tujuan bisnis yang jelas dan rinci? Tujuan bisnis yang jelas harus dapat terukur dan Anda juga tahu harus menyusun strategi bisnis yang seperti apa.

Dalam menentukan tujuan bisnis, Anda bisa menggunakan metode SMART (Specific, Measureable, Achievable, Relevant, Timebound). Metode ini dapat membantu Anda untuk menentukan tujuan dengan jelas dan terukur.

Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Tanpa Jaminan

2 . Menyusun Strategi Bisnis yang Efektif

Setelah tujuan bisnis ditentukan dengan jelas, Anda sekarang dapat masuk ke tahap penyusunan strategi bisnis yang efektif. Anda dapat mulai mengembangkan sumber daya yang dimiliki saat ini untuk mencapai tujuan bisnis yang sudah ditentukan.

Dalam tahap penyusunan strategi bisnis ini, Anda harus merinci lagi hal apa saja yang dibutuhkan agar pelaksanaan strategi ini dapat berhasil. Penyusunan strategi yang tepat dan matang tentu akan membuahkan hasil di kemudian hari.

3 . Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa

Kualitas menjadi kunci penting yang perlu Anda perhatikan dalam mengembangkan ide dan peluang usaha. Ketika pasar sudah memastikan tingginya kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan, peluang usaha secara perlahan-lahan akan terbentuk. 

Permintaan pasar terhadap bisnis Anda akan semakin meningkat sehingga di sanalah peluang usaha akan muncul. Oleh karena itu, tingkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada pasar agar Anda dapat menerima peluang usaha yang menguntungkan pada masa mendatang.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Di Masa Pandemi yang Bisa Anda Lakukan

4 . Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Anda tentu ingin mempertahankan konsumen yang sudah ada agar mereka hanya membeli produk atau jasa dari yang Anda tawarkan saja, bukan? Untuk itu, jagalah hubungan dengan konsumen melalui berbagai cara, seperti mengirimkan penawaran melalui kontak pribadi mereka, aktif memberikan informasi terbaru di media sosial, dan lainnya.

5 . Memahami Kompetitor

Kompetitor menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh Anda dalam mengembangkan ide dan peluang usaha. Maka dari itu, Anda harus mengenal siapa saja kompetitor yang sedang ramai dibicarakan oleh pasar saat ini dan carilah peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sebagai contoh, kompetitor A tidak memiliki layanan pelanggan yang baik. Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan ide dan peluang usaha dengan meningkatkan layanan pelanggan. Dengan demikian, pasar akan merasa puas dengan layanan pelanggan tersebut yang tidak dimiliki oleh kompetitor A.

Baca Juga: 6 Tips Bisnis untuk Pemula agar Tidak Salah Langkah

6 . Melakukan Kegiatan Pemasaran yang Menarik

Sudahkah Anda melakukan kegiatan pemasaran seperti membuat brosur, menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis, menghubungi calon potensi customer melalui aplikasi bertukar pesan, dan lainnya? Kegiatan pemasaran perlu untuk dilakukan untuk dapat mengembangkan ide dan peluang usaha yang tentunya dapat meningkatkan keuntungan dalam bisnis Anda.

7 . Melakukan Kerja Sama dengan Pebisnis Lainnya

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan ide dan peluang bisnis adalah melakukan kerja sama dengan pebisnis lainnya. Cara ini mulai sering dilakukan oleh para pebisnis untuk dapat saling membantu dalam mengembangkan bisnis yang mereka miliki.

Sebagai contoh, Anda menjual makanan A dan pebisnis lainnya menjual minuman B. Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan adalah dengan menjadikan 2 produk tersebut ke dalam 1 paket. Dengan demikian, bisnis Anda dapat dikenal oleh pasar dari pebisnis minuman tersebut dan begitu pun sebaliknya.

Sekian informasi yang perlu Anda ketahui mengenai langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha bisnis. Satu cara terakhir yang dapat Anda lakukan dalam mengembangkan ide dan peluang bisnis adalah dengan menambah modal yang dapat digunakan untuk menjalankan strategi bisnis yang Anda miliki.

Modalku menyediakan platform pinjaman online yang dapat dimanfaatkan oleh Anda untuk mengembangkan ide dan peluang usaha bisnis. Kini waktunya memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki dan hubungi Modalku sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan