Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Tanpa Jaminan

mengenal pinjaman tanpa jaminan

Tawaran pinjaman tanpa jaminan dengan nominal hingga puluhan bahkan ratusan juta Rupiah sekarang ini banyak dicari masyarakat Indonesia. Pinjaman tanpa agunan dengan nominal kecil biasanya dipakai untuk pembelian barang kebutuhan. Sementara itu, pinjaman dana dalam jumlah besar kerap diajukan untuk pendirian maupun perintisan usaha baru. Skema pinjaman tanpa perlu memberikan barang sebagai jaminan memang menarik, namun sebaiknya Anda ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya. 

Apa itu pinjaman tanpa jaminan?

Pinjaman tanpa jaminan pada dasarnya sama saja dengan kredit tanpa agunan atau KTA. Pinjaman tanpa agunan ini merupakan produk bank yang ditawarkan kepada nasabah dengan kebutuhan dana besar dalam waktu cepat. Nasabah yang membutuhkan dana cair dalam jumlah besar di waktu singkat biasanya mengajukan pinjaman terlebih dahulu kepada bank. Pinjaman tersebut kemudian dicicil untuk pengembalian dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

Sesuai dengan namanya, pinjaman jenis ini benar-benar tidak meminta jaminan apa pun ke nasabah yang mengajukan. Sehingga, apabila Anda mengajukan pinjaman ini, tidak perlu sertifikat rumah atau kendaraan untuk dijaminkan. Pinjaman tanpa jaminan ini bisa Anda manfaatkan sebagai modal usaha, dana darurat sebab situasi mendesak, hingga kebutuhan rumah tangga.

Tahukah Anda? Pinjaman Tanpa Jaminan Mampu Meningkatkan Omzet Lho!

Jenis-jenis pinjaman tanpa agunan

Jenis pinjaman tanpa perlu menjaminkan barang ini bisa Anda dapat lewat beberapa bank di Indonesia. Di Indonesia, sudah ada beberapa bank yang menyediakan pinjaman tanpa agunan. Jenis pinjaman ini digolongkan lagi dalam dua jenis, yakni KTA Payroll dan KTA Reguler.

KTA Payroll adalah kredit tanpa agunan khusus untuk karyawan sebuah perusahaan yang menggunakan sistem payroll (penggajian) bank tersebut. Misalnya, perusahaan A menggunakan payroll bank A, maka karyawan perusahaan tersebut berhak mengajukan KTA di bank A. Sementara itu, KTA Reguler adalah kredit tanpa agunan yang disediakan pihak bank untuk masyarakat umum. Siapa saja boleh mengajukan, termasuk masyarakat yang bukan nasabah bank tersebut.

Kelebihan pinjaman tanpa jaminan

Tidak adanya jaminan yang harus Anda berikan untuk mendapatkan pinjaman besar dari bank tentu saja menggiurkan. Hal ini yang menjadi salah satu kelebihan pinjaman tanpa agunan. Anda tidak perlu menyiapkan sertifikat atau jaminan apapun untuk mengajukan pinjaman. Berikut ini kelebihan dari pinjaman yang tidak meminta barang jaminan kepada nasabahnya:

  1. Bebas jaminan berupa barang maupun bentuk lain untuk mengajukan pinjaman. Ini merupakan kelebihan yang meringankan nasabah KTA.
  2. Pengajuan yang mudah dan tanpa jaminan membuat dana yang didapat bisa digunakan untuk keperluan darurat maupun mendadak.
  3. Biaya administrasi KTA tergolong ringan dan terjangkau oleh siapa saja.
  4. Pencairan dana pinjaman tidak butuh waktu lama yang terhitung sejak awal pengajuan.
  5. KTA atau pinjaman tanpa agunan ini sudah menjadi produk yang ditawarkan oleh banyak bank di Indonesia sehingga Anda memiliki pilihan atau alternatif pilihan bank.
  6. Pengajuan pinjaman sangat fleksibel, bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan Anda. Pinjaman ini tidak sama seperti kredit kepemilikan rumah yang khusus untuk pinjaman pembelian tempat tinggal atau kredit pemodalan usaha.

Kekurangan pinjaman tanpa agunan

Meski kredit tanpa agunan menciptakan kemudahan bagi nasabah yang ingin mengajukan, yakni tidak perlu menyiapkan jaminan, namun tetap ada kekurangannya. Kekurangan itu berasal dari persyaratan yang harus dipenuhi oleh nasabah agar bisa mengajukan kredit tanpa agunan. Salah satu syaratnya berhubungan dengan profesi dan penghasilan tiap bulan. Berikut kelemahan kredit tanpa pinjaman yang perlu Anda tahu sebelum mengajukan.

  1. Syarat pengajuan kredit tanpa agunan adalah Anda harus memiliki kartu kredit dengan riwayat penggunaan yang bersih, tidak ada tunggakan atau telat bayar.
  2. Keberhasilan pengajuan kredit ini sangat bergantung pada profesi dan penghasilan Anda tiap bulannya. Hal ini untuk dijadikan tolok ukur kemampuan Anda mengembalikan dana pinjaman.
  3. Limit atau batas pinjaman KTA biasanya hanya sampai pada angka Rp300 juta dan tidak bisa lebih tinggi lagi.
  4. Bunga KTA relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman lain yang ditawarkan oleh bank.

Untuk kebutuhan mendesak atau butuh dana untuk usaha, pinjaman tanpa agunan ini memang sangat membantu. Namun, Anda perlu mempertimbangkan persyaratan pengajuan yang telah diatur oleh pihak bank. Apabila Anda butuh pinjaman tanpa jaminan, terutama untuk modal usaha UMKM, bisa cek Modalku yang menyediakan layanan pinjaman modal usaha dengan syarat dan proses mudah!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan