6 Alasan Kenapa Investasi Emas Jadi Pilihan Banyak Orang

Investasi emas selalu jadi pilihan

Investasi emas adalah salah satu dari sekian banyaknya instrumen investasi laris manis di Indonesia. Walaupun di tengah kondisi ekonomi yang kurang stabil, nyatanya masyarakat lebih giat mencari instrumen investasi yang paling menguntungkan bagi mereka. 

Nah, salah satu investasi yang dikatakan aman dan stabil meskipun di tengah resesi ekonomi adalah emas. 

Hal ini dikatakan lumrah karena bentuk nilai emas terjamin dan harganya terus mengalami kenaikan setiap tahun. Jadi, bukan rahasia lagi bila emas terlihat sangat menguntungkan di masa depan. 

Emas sendiri bisa diinvestasikan dalam berbagai bentuk, mulai dari emas batangan, emas perhiasan, emas dinar, juga tabungan emas yang bisa berfungsi menjadi biaya naik haji bahkan membeli rumah. Supaya lebih jelas, mari simak 6 manfaat investasi emas berikut ini!

Untuk pemula, emas juga cocok untuk mengumpulkan cuan lho! Temuka caranya di sini!

Lebih Mudah Dicairkan

Manfaat investasi emas yang pertama adalah lebih mudah dicairkan. Emas bisa dikatakan investasi yang likuiditasnya baik, sehingga mudah dijual untuk memperoleh uang tunai. Apabila Anda membutuhkan dana cepat, emas yang Anda miliki bisa dijual kembali sesuai dengan harga emas pada hari itu. Selain itu, emas pun memiliki nilai yang universal, artinya bila Anda terjebak dalam keadaan terdesak di luar negeri, emas dapat dikonversi menjadi uang tunai. 

Mudah Diperjualbelikan Lagi

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, kini jual beli emas bisa dilakukan dengan mudah. Anda bahkan tak perlu datang ke lokasi pegadaian untuk menjual emas lagi. Semua transaksi jual beli emas sudah bisa dilakukan secara online. 

Kini, jual emas secara online bahkan menawarkan kemudahan dan kepraktisan, modal yang minim, hemat tempat, dan bebas biaya administrasi. Cocok sekali untuk jual beli di tengah pandemi ini, bukan? Namun ingat, pastikan jual beli emas secara online ini telah disetujui penyedia layanan ini dan terjamin legalitasnya.


Nilai Emas Terus Meningkat

Dibandingkan dengan instrumen investasi yang lain, emas menghasilkan keuntungan yang lebih baik daripada investasi rendah risiko lainnya. Sedari dulu hingga hari ini, menyimpan emas tidak menghasilkan return cash flow, namun akan menghasilkan capital gain. 

Namun, capital gain ini baru bisa dirasakan dalam jangka panjang, setidaknya 8-10 tahun dengan kenaikan 7%-8%. Harga emas juga cenderung stabil bahkan naik setiap tahunnya, jadi ketika emas dijual kembali, Anda cenderung mendapatkan hasil baik yang lebih tinggi lagi.

Tahukah Anda? Emas juga bisa naik tiba-tiba lho!


Bisa Beli Emas <1 Gram

Siapa bilang emas hanya untuk orang dengan tabungan puluhan juta rupiah? Milenial juga bisa berinvestasi emas, lho! Pasalnya, Anda tak perlu langsung membeli emas dalam jumlah banyak. Emas dapat dibeli meski jumlahnya di bawah 1 gram, bahkan Anda bisa menabung emas dengan nominal mulai dari Rp 50.000. Memang kecil, namun untuk permulaan, tetapi sedikit-sedikit emas yang dikumpulkan tentu akan menggunung!

Investasi Emas Bebas Pajak

Manfaat investasi emas selanjutnya adalah bebas pajak. Berbeda dari instrumen investasi lainnya, keuntungan yang didapat dari investasi tersebut biasanya tidak dapat langsung dinikmati investor. Hal ini dikarenakan adanya potongan pajak. 

Memiliki emas sebagai investasi masa depan merupakan pilihan yang tepat karena investasi pajak ini tidak dikenakan biaya pajak. Jadi, keuntungan yang didapat bisa langsung Anda nikmati tanpa potongan harga.


Tahan Terhadap Inflasi

Di tengah pandemi ini, inflasi kerap terjadi akibat perekonomian yang tidak stabil. Untuk itu, Anda perlu mengambil langkah antisipasi untuk melindungi nilai aset yang ada. Hal ini dikarenakan inflasi yang menurunkan nilai uang secara perlahan tapi pasti. Contohnya, 10 tahun lalu Anda masih bisa membeli semangkuk bakso seharga Rp10 ribu, tetapi sekarang harganya bisa 2x lipat. 

Salah satu langkah yang melindungi uang kita dari inflasi adalah dengan investasi emas. Emas dikatakan dapat melindungi nilai uang dari inflasi karena nilainya tidak turun. Misalnya nilai dollar turun, nilai emas tetap terjaga, bahkan bisa beranjak naik, lho.

Itulah alasan kenapa investasi emas dipilih banyak orang apalagi di tengah pandemi ini. Anda juga harus memulai berinvestasi untuk masa depan mulai dari sekarang. Jika Anda ingin mencari solusi investasi dengan bunga yang lebih tinggi dari emas, Anda bisa coba investasi dengan konsep pendanaan UMKM dari Modalku.

Dapatkan tingkat bunga hingga 17% per tahun dan Anda pun bisa bantu dukung UKM di Indonesia. Jangan khawatir, Modalku sudah diawasi oleh OJK dan terdaftar di APFI. Tunggu apa lagi? Yuk, mulai danai UMKM di Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply