5 Keuntungan Investasi untuk Pemula, Ayo Mulai dari Sekarang!

Mau cepat kaya? Ini Dia Investasi untuk Pemula

Investasi untuk pemula bisa memberikan nilai return yang fluktuatif, bisa lebih besar dari tabungan, tetapi ada kalanya menurun. Anda mungkin tidak mendapatkan kembali apa yang Anda investasikan semula. Namun dengan pengetahuan dan pengalaman, berinvestasi dapat membantu Anda mencapai tujuan finansial.

Meski rekening tabungan menawarkan akses mudah dan keamanan modal yang terjamin, pengembaliannya cukup kecil. Berinvestasi, misalnya di pasar saham, dapat memberikan pengembalian yang lebih kuat dalam jangka panjang, tetapi dengan tingkat risiko yang lebih tinggi. Jika masih ragu berinvestasi, mari simak beberapa keuntungan berinvestasi untuk pemula berikut ini.

Mau jadi investor handal? Perhatikan 4 hal ini!

Instrumen Investasi untuk Pemula dapat Melindungi Kekayaan dari Inflasi

Keuntungan investasi untuk pemula yang pertama adalah nilai kekayaan tetap aman walau inflasi. Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah ukuran kuantitatif dari kecepatan di mana biaya rata-rata untuk membeli suatu barang standar meningkat selama periode tertentu. Inflasi mengukur daya beli mata uang dan paling sering muncul dalam bentuk persentase. 

Bagi konsumen, inflasi adalah kabar buruk. Ini berarti dibutuhkan jumlah uang yang lebih besar untuk membeli suatu barang dan jasa tertentu yang sama dari tahun ke tahun. Namun, inflasi memiliki sisi positif jika dilihat dari sudut pandang investasi.

Lihat juga: “Hadapi Inflasi dengan Investasi

Investasi perumahan real estate misalnya. Tidak hanya diminati oleh banyak orang karena inflasi dapat menaikkan nilai jual properti, investasi real estate juga dapat digunakan untuk menghasilkan pendapatan sewa. 

Sama seperti nilai properti yang meningkat seiring dengan inflasi, jumlah yang dibayar penyewa juga dapat meningkat seiring waktu. Peningkatan ini memungkinkan pemilik menghasilkan pendapatan melalui properti investasi dan membantu mereka mengimbangi kenaikan harga secara umum di seluruh perekonomian. 

Masa Depan Lebih Cerah jadi Keuntungan Investasi untuk Pemula

Masa depan Anda tergantung pada investasi yang Anda lakukan hari ini. Jika Anda memulai lebih awal, waktu bisa menjadi teman, bukan musuh. Pertimbangkan untuk menginvestasikan uang Anda dalam saham atau obligasi, dan menabunglah secara khusus untuk masa depan.

Berinvestasi sendiri adalah cara menyisihkan uang saat Anda sibuk dengan kehidupan dan membuat uang bekerja untuk Anda, sehingga Anda dapat menuai hasil kerja Anda di masa depan. 

Warren Buffett yang merupakan seorang investor legendaris menggambarkan investasi layaknya proses menanam uang supaya nantinya bisa menghasilkan lebih banyak uang. Tujuan berinvestasi adalah menempatkan uang Anda untuk bekerja di satu atau lebih jenis instrumen investasi agar uang Anda bisa tumbuh dari waktu ke waktu.

Investasi untuk Pemula Menjadikan Diri Bebas Secara Finansial

Mencapai kebebasan finansial adalah tujuan bagi kebanyakan individu. Jika Anda bebas secara finansial, itu artinya Anda punya cukup tabungan, investasi finansial, dan uang tunai untuk menjalani sebuah kehidupan yang memang Anda inginkan untuk diri sendiri dan keluarga. Kebebasan finansial berarti uang bekerja untuk Anda, bukan sebaliknya.

Untuk memperoleh kebebasan finansial, Anda perlu menetapkan tujuan hidup, membuat anggaran, melunasi kartu kredit secara penuh, membuat tabungan, hingga berinvestasi mulai dari sekarang. Sekecil apapun bentuk investasi yang Anda lakukan, investasi tersebut bisa meningkatkan seiring waktu dan membuat Anda bebas secara finansial.

Mempermudah Tujuan Keuangan

Menentukan tujuan pasti yang harus dicapai oleh investasi adalah langkah penting dalam mencapai tujuan tersebut. Jika Anda berinvestasi dengan tujuan keuangan, misalnya untuk punya dana guna membeli mobil, rumah, atau barang-barang lainnya, maka besar kemungkinan investasi akan memberikan manfaat tersebut.

Investasi Tidak Sesulit Bayangan, Sekarang Mudah Banget!

Keuntungan berinvestasi untuk pemula yang terakhir dan tidak kalah penting dibanding keuntungan lainnya adalah investasi tidak sesulit yang dibayangkan. Berinvestasi juga merupakan pengalaman yang lumayan stress free, alias bebas stress. Lakukan riset dan investasikan pada apa yang membuat Anda nyaman. 

Jika Anda merasa bahwa Anda tidak memahami sesuatu, tinggalkan saja. Peluang investasi seperti bus, jika Anda melewatkan satu bus, bus yang berikutnya akan segera menyusul. Nah, salah satu jenis investasi termudah yang bisa Anda coba adalah investasi di Modalku lewat sistem pendanaan UKM Indonesia.

Berinvestasi di Modalku bisa memberikan Anda keuntungan yang cukup besar, sebuah kesempatan untuk membantu permodalan UKM di Indonesia. Dana yang Anda gelontorkan akan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha untuk UKM, sehingga akan membantu bisnis kecil.

Pendanaan modal usaha di Modalku juga sudah terjamin aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Selain menjamin sejumlah hak yang Anda miliki sebagai investor, jenis investasi ini juga memberikan keuntungan berupa bunga hingga 17% per tahun. Anda juga bisa menikmati dan risiko yang terkendali, proses online yang mudah, dan jumlah pendanaan yang terjangkau. 

Itu tadi sedikit informasi tentang investasi untuk pemula dan keuntungan berinvestasi yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply