6 Investasi yang Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga

Memilih investasi yang menguntungkan bagi ibu rumah tangga bukan hal yang mudah untuk dilakukan sendiri. Kebanyakan ibu rumah tangga mungkin merasa terintimidasi dengan kata investasi yang kesannya begitu rumit dan menakutkan.

Kegiatan ibu rumah tangga yang sehari-harinya sibuk mengurus keluarga dan urusan rumah membuatnya para ibu-ibu sulit untuk secara menyeluruh memahami tentang investasi. Tidak perlu malu karena hal itu, Anda tetap bisa mencoba investasi yang menguntungkan dengan mencoba 6 jenis investasi berikut.

Reksa Dana

Sudah pernah dengar tentang reksa dana? Sebuah investasi yang menguntungkan ini cukup direkomendasikan untuk pemula karena Anda dapat berinvestasi dengan budget rendah tergantung dengan produk yang dipilih, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Jadi, reksa dana bekerja dengan cara mengumpulkan dana dalam jumlah yang besar, sehingga memudahkan diversifikasi. Sebagai pemodal yang baru memulai, Anda bisa memanfaatkan reksa dana yang mempermudah pemodal melakukan investasi di pasar modal.

Baca juga: Memenuhi Kebutuhan Hidup dengan Reksa Dana, Mungkinkah?

Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka merupakan sebuah jenis produk simpanan yang memungkinkan nasabah melakukan setoran dana dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktunya sudah ditentukan di awal dengan jumlah tetap. Sesuai namanya, uang yang sudah dikumpulkan baru dapat diambil di akhir periode simpanan.

Salah satu investasi yang menguntungkan ini mempunyai beberapa keunggulan, salah satunya nominal setoran awal yang kecil. Sejumlah bank bahkan menawarkan setoran awal dengan nominal Rp100.000. Tabungan berjangka juga memberikan penawaran berupa suku bunga yang lebih tinggi daripada produk tabungan biasa yang membuat dana nasabah bisa terus berkembang.

Emas Jadi Investasi yang Menguntungkan

Investasi emas bisa jadi kegiatan ibu rumah tangga yang menguntungkan karena emas mempunyai karakteristik harga cukup stabil. Sebagai ibu rumah tangga, Anda mungkin suka memakai emas sebagai perhiasan. Nah, sekarang sudah saatnya Anda mulai investasi emas karena tidak hanya menguntungkan, namun juga tergolong aman.

Emas menjadi jenis investasi yang cocok untuk ibu rumah tangga karena risikonya tidak terlalu tinggi dan menawarkan return jangka panjang yang lebih stabil. Untuk memulai, Anda bisa pilih untuk melakukan investasi emas secara offline atau online

Selanjutnya baca juga: 6 Cara Mudah Mulai Investasi Emas Khusus Pemula

Properti

Real estate umumnya merupakan pilihan investasi yang bagus. Ini dapat menghasilkan pendapatan pasif berkelanjutan dan dapat menjadi investasi jangka panjang yang baik jika nilainya meningkat seiring waktu. Anda bahkan dapat menggunakan jenis investasi yang menguntungkan ini sebagai bagian dari strategi untuk mulai membangun kekayaan.

Hanya saja, investasi properti bisa terasa sulit, terutama jika Anda berinvestasi secara langsung. Anda mungkin tidak ingin melakukan renovasi atau perbaikan sendiri, sedangkan meminta orang lain untuk melakukannya bisa menguras budget.

Koleksi Barang Antik

Sebagian besar pembelian barang antik masih merupakan investasi yang bijaksana. Hanya saja bukan lagi hal yang pasti bahwa nilai akan meningkat. Terlalu banyak orang membeli barang antik murni untuk investasi. Sementara Anda mungkin terus menunggu harga naik, bisa jadi hal itu tidak kunjung terjadi dan saat Anda jual di pasaran, koleksi barang antik Anda tidak memberikan keuntungan yang diharapkan. 

Selain punya peluang lebih besar untuk mempertahankan nilai daripada furniture buatan mesin baru, barang antik juga memiliki nilai tambah berupa kehangatan, sejarah, dan karakter khusus. Jika Anda menemukan barang antik yang tepat, Anda mungkin menemukan barang yang kemungkinan besar nilainya akan meningkat seiring berjalannya waktu, seperti lukisan asli, kartu pos, hingga jam tua.

Baca juga: 5 Cara Ubah Hobi Menjadi Bisnis Menguntungkan

Saham

Sementara saham sering dipandang sebagai strategi investasi yang aman dalam jangka panjang, tidak ada yang bisa menjaminnya. Jika Anda ingin menginvestasikan uang dalam jangka pendek, biasanya ada banyak strategi investasi yang lebih andal dan berisiko rendah yang tersedia. Pasar saham secara historis tumbuh pada tingkat rata-rata sekitar 7% per tahun.

Saham mewakili kepemilikan di perusahaan publik. Misalnya, jika sebuah perusahaan memiliki 100.000 saham dan Anda membeli 1.000 saham, artinya Anda memiliki 1% saham dari perusahaan tersebut. Memiliki saham memungkinkan Anda memperoleh lebih banyak keuntungan dari pertumbuhan perusahaan dan memberi Anda hak suara pemegang saham.

Sebagai alternatif; Anda juga bisa investasi di Modalku dengan sistem pendanaan ke UKM Indonesia. Kegiatan ibu rumah tangga yang menguntungkan ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk turut membantu permodalan UMKM di Indonesia karena uang Anda akan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha.

Anda tidak perlu khawatir karena pendanaan modal usaha di Modalku sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK jadi sangat aman. Hak-hak Anda sebagai investor pastinya terlindungi dengan baik. Untuk urusan keuntungan, Anda dapat memperoleh bunga hingga 17% per tahun dan kelebihan berupa risiko yang terkendali, proses online yang mudah, dan jumlah pendanaan yang terjangkau. 

Jadi, Anda ingin mencoba investasi yang menguntungkan mana? Semoga bermanfaat, ya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply