6 Cara Mudah Mulai Investasi Emas Khusus Pemula

Investasi emas menjadi salah satu instrumen investasi favorit di Indonesia. Sifatnya yang mudah dijual kembali, harga yang cenderung naik, serta cara membelinya yang sangat mudah menjadi alasan kenapa emas sangat digemari. Namun, cara berinvestasi emas bagi pemula tidak boleh sembarangan karena emas masih memiliki risiko yang tidak boleh diabaikan. Ada 6 Cara Mudah Investasi Emas. Mulai dengan Buat Target Investasi, Pantau Harga Emas, Jangan Paksakan Kemampuan, Pilih Tempat Terpercaya, Tempat Simpan Emas, Gunakan Emas untuk Modal Usaha. Simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini:

Sebelum berinvestasi emas, pelajari dulu cara investasi yang benar & menguntungkan!

Serius Mau Investasi Emas? Buat Target Investasi Dulu!

Ada baiknya sebelum Anda mulai berinvestasi, Anda menetapkan dulu target investasi yang ingin dicapai. Dengan begitu, Anda bisa lebih dimudahkan untuk tahu kapan waktu yang tepat menjual kembali emas dengan harga tinggi. Mengingat banyak sekali investor yang menyimpan emas tanpa tujuan yang jelas, sehingga akhirnya menyesal ketika harga emas anjlok. 

Beberapa orang membeli emas untuk investasi dana seperti pensiun, pendidikan, berangkat haji, sampai membangun rumah. Nah, penting untuk diketahui bahwa sebaiknya tujuan berinvestasi emas ini berjangka menengah atau panjang, yakni di atas 1 tahun. Jadi, saat sudah waktunya Anda perlu mencairkan investasi, misalnya Anda sebentar lagi akan menikah dan ingin menjual emas untuk biaya DP rumah, Anda bisa langsung memantau pergerakan harga emas untuk menentukan waktu yang baik menjual emas. 

Pantau Harga Emas Setiap Hari


Walaupun Anda berencana untuk menjual emas dalam waktu 5 tahun ke depan, tetap saja tidak ada salahnya untuk memantau pergerakan harga emas setiap hari. Betul adanya kalau harga emas bergerak cenderung stabil, tanpa kenaikan atau penurunan yang terlampau banyak. 

Namun, bisa saja sewaktu-waktu Anda ingin membeli emas lagi, ini akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan profit dengan membeli emas saat harganya sedang turun. Hal ini juga berlaku bila Anda sedang berniat untuk menjual emas. Ketika melihat pergerakan emas setiap hari, Anda bisa bertindak cepat dan meraup keuntungan dari margin harga beli dan harga jual. 

Jangan Paksakan Kemampuan Finansial

Emas memang menjadi instrumen investasi yang lagi banyak dilirik karena nilainya yang tidak pernah pudar dan sangat mudah untuk diperjualbelikan. Namun, untuk membeli emas batangan ANTAM 1 gram saja, Anda harus memiliki modal sekitar Rp950.000 (tergantung dengan harga emas di hari itu). Cukup besar, bukan?

Karena itu, Anda harus pertimbangkan dulu berapa porsi investasi dalam budget Anda. Pastikan semua kebutuhan pokok bulanan sudah terpenuhi, ditambah dengan dana likuid sebesar 20% dari pendapatan untuk menutupi kebutuhan tak terduga. Sisanya, barulah bisa Anda gunakan untuk membeli emas. Sebagai saran, tidak dianjurkan untuk membeli emas dengan dana tidak beku, apalagi sampai mengambil pinjaman. Ini karena harga emas yang fluktuatif dan membutuhkan tahunan sampai Anda bisa mendapatkan margin keuntungan yang memuaskan. 

Investasi Emas Harus di Tempat Terpercaya

Cara berinvestasi emas bagi pemula yang paling penting adalah selalu membeli emas yang bersertifikat di tempat yang tepercaya. Sebaiknya tidak sembarangan memilih toko emas untuk membeli emas batangan. Beberapa tempat seperti Butik Emas LM, Pegadaian, website Logam Mulia, sampai marketplace resmi menawarkan layanan beli emas batangan dengan sertifikasi resmi. 

Intinya, jangan tergiur membeli emas batangan dengan harga murah. Tanyakan dulu apakah sudah dilengkapi dengan sertifikat karena ada toko emas yang hanya menjual emas batangan saja. Kemudian, simpan sertifikat tersebut untuk memudahkan Anda menjual kembali emas batangan tersebut. Untuk mengecek keaslian emas yang dibeli, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti CertiEye atau langsung di website Logam Mulia

Pikirkan juga Tempat Aman untuk Menyimpan Emas

Pastinya Anda pernah mendengar berita pembobolan rumah yang mana pemilik kehilangan emas batangan yang disimpan di dalam brankas, bukan? Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu risiko investasi emas adalah risiko kehilangan, bila Anda memutuskan untuk membeli emas batangan dan bukan emas digital.

Salah satu cara berinvestasi bagi pemula yang tidak boleh terlewatkan adalah merencanakan di mana emas akan disimpan. Anda bisa menyimpan emas di brankas rumah, namun ada juga beberapa pilihan lain yang bisa dipertimbangkan. Bank dan pegadaian memiliki layanan safe deposit box (SDB) dengan iuran tahunan. Terjamin aman dan cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jumlah besar. Selain itu, ANTAM LM juga menyediakan layanan brankas berbayar.

Investasi Emas Bisa untuk Modal Usaha

Emas bisa dijadikan investasi untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk membuka usaha sendiri. Anda bisa mulai membeli emas sekarang untuk 5 tahun ke depan, dan saat Anda siap untuk resign dari pekerjaan, Anda bisa menjual emas sebagai modal usaha Anda. Tentu saja ini cukup menguntungkan karena bila dilakukan dengan tepat, jumlah modal yang terkumpul dari menjual emas jelas akan lebih besar daripada modal awal investasi. 

Ketika usaha sudah mulai berjalan, Anda juga masih bisa berinvestasi emas. Sementara untuk melancarkan keuangan usaha, Anda bisa mengandalkan Modalku sebagai pinjaman dengan bunga kompetitif dan proses pengajuan online yang praktis!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply