6 Cara Memulai Bisnis Online Bareng Teman Supaya Akur

cara memulai bisnis online dengan teman agar tidak ada konflik

Apakah Anda sedang mencari cara memulai bisnis online dari nol? Ingin membangun bisnis bersama teman Anda? Ya, banyak sekali orang yang bermimpi memiliki bisnis bersama teman dekat. Untuk permulaan, bisnis online lebih baik dipilih karena modalnya tak sebesar bisnis konvensional. 

Setelah memilih bisnis yang ingin dijalankan, Anda juga jangan sembarangan memilih teman atau rekan bisnis. Meskipun teman, terkadang belum tentu bisa menjadi partner bisnis yang baik, lho. Bahkan sudah banyak kasus di mana bisnis yang dijalankan teman malah bubar jalan. 

Supaya bisa menghindari konflik atau pertengkaran di masa depan, intip 6 cara memulai bisnis online bareng teman supaya bisa kompak menjalankan bisnis online bersama!

Dalam jualan online, desain kemasan produk tidak boleh dilupakan

Jangan Sembarangan Pilih, Ini Langkah Pertama Cara Memulai Bisnis Online Bareng Teman

Cara memulai bisnis online bersama rekan bisnis adalah memilih teman yang benar. Jangan hanya mengandalkan kedekatan atau berapa lama Anda saling mengenal. Saat menjadi rekan bisnis, kedekatan kalian tidak jadi jaminan bisnis akan aman sentosa. 

Ajak teman yang memiliki loyalitas tinggi karena bisnis akan mengalami pasang surut di awal permulaan. Loyalitas juga menjanjikan mereka tidak akan meninggalkan Anda di saat masa sulit, apalagi sampai menggelapkan uang. Teman yang juga cocok jadi rekan bisnis adalah yang teman mengenal karakter Anda. Jika karakter Anda cocok, maka kalian akan lebih harmonis dalam mengelola bisnis.

Konflik dengan rekan bisnis itu biasa, jangan pusing! Ini cara mengatasinya!


Visi dan Misi Usaha Harus Selaras

Dalam menjalani bisnis apapun, Anda dan teman bisnis harus memiliki visi dan misi yang sama. Visi adalah cita-cita bisnis ini ingin dibawa ke mana dalam beberapa tahun mendatang. Sedangkan misi adalah bagaimana cara untuk mencapai visi tersebut. 

Sebelum melangkah lebih jauh, bicarakanlah soal visi dan misi bersama. Jangan memenangkan kepentingan pribadi, tetapi buatlah keputusan yang bisa mengawinkan keinginan yang sudah disebutkan. Setelah memutuskan visi yang sama, Anda bisa memutuskan regulasi operasional bisnis online yang dijalani. 


Langsung Bagi Tugas Masing-Masing

Banyak sekali bisnis online bersama teman terpaksa gulung tikar karena adanya pembagian tugas yang tidak seimbang. Banyak yang terlalu semangat segera launching bisnis, padahal pembagian tugas belum tertata rapi. Walaupun nantinya akan saling membantu, ketimpangan pembagian tugas bisa menjadi konflik di masa depan. 

Bagilah tugas sesuai dengan skill. Misalnya, Anda lihai di bagian keuangan, maka tugas Anda adalah mengurus keuangan bisnis. Bila teman Anda ahli di bidang marketing, maka dia bisa mengurus strategi pemasaran produk yang dijual. Dengan pembagian tugas yang adil dan sesuai, tentunya operasional bisnis akan berjalan dengan lancar.


Surat Kontrak Jadi Cara Memulai Bisnis Online dengan Teman

Sebelum bisnis berjalan, penting sekali untuk membuat surat kontrak sebagai cara memulai bisnis online dengan teman. Surat kontrak ini harus berlandas hukum, dilengkapi dengan materai supaya bisa dilegalisir. Surat kontrak adalah surat yang berisikan pembagian tugas dan hasil keuntungan dari bisnis online yang didirikan. 

Dengan keberadaan surat kontrak ini, permasalahan yang datang di kemudian hari ini bisa diselesaikan seadil-adilnya melalui jalur hukum. Di sinilah Anda tidak boleh melihat teman sebagai teman saja, tetapi rekan bisnis yang memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Lihat juga: “Cara Bangkit dari Bencana Keuangan


Masalah Usaha Tidak Sama dengan Masalah Pribadi

Saat menghadapi masalah bisnis, Anda dilarang untuk mencampurnya dengan urusan pribadi. Jangan pula menyelesaikan urusan bisnis di luar jam kerja. Di saat sedang bersantai dengan teman, jangan bahas urusan bisnis. Jika menemukan masalah dalam bisnis, jangan ragu untuk menegur rekan bisnis untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya. Begitu pula sebaliknya, jika Anda ditegur, maka segera perbaiki dan jangan ambil hati.

Jadilah Profesional dan Berkomunikasi Terbuka

Cara memulai bisnis online bersama rekan bisnis adalah tetap mempertahankan profesionalisme dan persahabatan. Anda dan teman harus belajar mengelola konflik yang tak hanya terjadi dalam bisnis, tetapi juga pertemanan. 

Jangan sampai konflik pertemanan mempengaruhi kinerja dalam bisnis, begitu juga sebaliknya. Di sinilah salah satu keuntungan memulai berbisnis dengan teman, setidaknya karena sudah saling kenal, kalian tidak sungkan lagi untuk berkomunikasi terbuka dan saling bernegosiasi.

Itulah cara memulai bisnis online bersama teman. Tentunya Anda membutuhkan modal untuk membuka bisnis impian. Tenang, andalkan saja Modalku! Pendanaan bisnis online di Modalku prosesnya mudah dan pencairan modalnya juga cepat. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply