Pentingnya Desain Kemasan Produk Bagi Bisnis Online

Maraknya bisnis online dan layanan food delivery membuat sebagian orang lebih memilih untuk membeli makanan via pesan antar. Seiring dengan fenomena tersebut, para pemilik bisnis online pun harus siap bersaing dengan yang lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Lantas, hal apakah yang mungkin bisa membantu Anda membuat bisnis yang stand-out? Ya, bisa melalui desain kemasan produk yang unik dan menarik, serta cara pengiriman barang yang mengunggulkan keamanan.

Membuat orang tertarik membeli

Desain kemasan produk menjadi daya tarik utama ketika calon pelanggan melirik jualan Anda. Ketika desainnya menarik, unik, dan bikin penasaran, maka calon pelanggan tidak ragu untuk melihat atau bahkan membeli. Coba bayangkan saat Anda berada di bazaar khusus kuliner, ada berbagai produk yang bisa dipilih oleh pengunjung. Untuk membuat produk Anda paling stand-out, manfaatkan desain kemasan yang attention grabbing.

Tipsnya, sesuaikan desain packaging dengan target market dan jenis barangnya. Tambahkan elemen estetik seperti warna, tipografi, dan komposisi. Misalnya Anda menjual makanan untuk remaja dan anak-anak, gunakan warna cerah, gambar karakter, dan tulisan dengan font lucu. Jika target market-nya adalah orang yang lebih dewasa, gunakan desain yang simpel dan elegan.

Untuk meningkatkan daya minat dari pembeli, Anda juga bisa memasarkan produk di Instagram.

Wajah dari brand bisnis Anda

Setiap bisnis pastinya butuh identitas yang bisa membedakan dengan brand lain. Adanya ciri khusus pada sebuah produk, akan memudahkan pelanggan mengafiliasi keunikan produk sebagai identitas merek tertentu.

Menciptakan identitas kongkrit di benak pelanggan. Selain dari warna, Anda juga bisa menciptakan image khas dari logo dan font. Kemudian, coba pikirkan ide kreatif membuat kemasan produk yang unik dan belum pernah ada sebelumnya. Dengan begitu, pelanggan merasa percaya untuk membeli produk dengan kemasan yang bagus dan proper. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tips foto produk untuk memasarkan bisnis Anda.

Memudahkan pembeli untuk memakai produk

Sisi ergonomis perlu dipertimbangkan ketika Anda membuat desain kemasan produk. Setelah tadi memikirkan konsep, warna, dan ciri khas yang akan ditampilkan, pikirkan pula bagaimana desain kemasan bisa memudahkan pelanggan, bukan malah sebaliknya. Ada contoh packaging produk yang bagus dan terlihat keren, namun malah menyulitkan pelanggan memakainya. Desain yang seperti ini justru akan menurunkan value produk.

Sebagai inspirasi membuat desain kemasan produk, Anda bisa intip model packaging rice box. Kemasan makanan ini sangat sederhana, praktis, dan memudahkan. Dengan bentuk tersebut, pembeli bisa langsung menikmati makanan yang ada di dalamnya, tanpa bingung mencari meja atau tatakan terlebih dahulu. Rice box bisa dipegang dalam satu tangan, sementara tangan lain dipakai untuk menyuap. Tak heran kalau banyak orang yang bepergian memilih untuk membawa rice box.

Memuat informasi terkait produk

Anda pastinya kerap menggunakan produk dengan informasi kandungan bahan di dalamnya. Misalnya saja obat, sabun, sampo, dan juga skincare. Berbagai produk perawatan tubuh dan kesehatan seperti ini memang sudah seharusnya mencantumkan informasi kandungan bahan agar tidak membahayakan pengguna yang bisa saja mempunyai alergi.

Namun, sebenarnya bukan hanya obat dan produk kecantikan sajayang butuh mencantumkan  informasi produk. Pada makanan, minuman, atau fashion pun perlu mencantumkan informasi yang dirasa penting. Misalnya kalau itu makanan dan minuman, bisa mencantumkan bahan pembuat, tanggal kedaluwarsa, sertifikasi halal, dan juga izin BPOM. Kalau fashion, bisa mencantumkan bahan kain, cara pencucian, pengeringan, dan perawatan.

Menjaga produk tetap aman saat dikirim

Maraknya online shop, layanan delivery makanan dan minuman, serta jasa kurir memang semakin memudahkan orang mendapatkan barang incarannya. Namun, itu berarti dari pihak perusahaan atau penjual harus semakin protektif dalam proses pengiriman barang. Anda harus memastikan produk Anda selamat sampai dengan tujuan, tidak peduli berapa jarak kirim yang harus ditempuh. Ini semua demi memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

Nah, fungsi terakhir dari kemasan adalah memastikan keamanan produk selama proses pengiriman barang. Jangan hanya mengandalkan plastik, kardus, atau bubble wrap, tetapi juga membuat desain kemasan yang bisa melindungi produk di dalamnya. Misalnya Anda menjual kue kering, pikirkan wadah berbahan kaca atau plastik yang lebih tepat dipilih untuk pengiriman barang ke luar kota.

Pentingnya desain kemasan produk tidak hanya memenuhi sisi estetika atau keindahan, namun juga meningkatkan nilai ergonomis dan jaminan keamanan selama pengiriman barang. Tidak ada alasan bagi Anda pemilik bisnis maupun UMKM untuk menunda membuat desain kemasan yang aman dan menarik. Manfaatkan pendanaan bisnis UMKM dari Modalku untuk mulai membuat packaging produk. Dimulai dari desain kemasan, penjualan meningkat dan arus kas akan semakin lancar.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply