Mau Jualan Kue Online? Simak Dulu Tips Suksesnya

Mencari pundi-pundi uang di tengah keadaan ekonomi yang serba tak pasti harus segera dilakukan. Salah satu caranya yakni dengan membangun usaha sendiri. Usaha yang sedang banyak digemari adalah berjualan kue online. Meski menggiurkan, jualan kue online juga bisa berujung buruk bila tidak dikelola dengan baik. Buat Anda yang mau jualan kue online, mari simak dulu tips suksesnya berikut ini!

Siapkan menu kue yang menarik

Hal pertama yang harus disiapkan saat jualan kue online adalah menu yang menarik. Menu ini bisa saja hasil kreasi sendiri, tetapi bisa juga hasil inovasi dari resep dasar yang sudah ada. Namun ingat, jika ingin menginovasi resep yang sudah ada pastikan Anda menguasai resep dasarnya terlebih dahulu. Dengan begini, Anda bisa memulai berinovasi misalnya dengan menambah rasa, topping yang unik, atau menciptakan paduan rasa yang terasa unik dari para kompetitor. Pastikan setiap resep memiliki takaran dan cara memasak yang sama, ya. Keduanya harus dipertahankan agar cita rasa kue Anda tetap terjaga.


Analisis pesaing toko kue online di sekitar Anda

Setelah memilih menu kue yang menjadi andalan toko kue Anda, hal berikutnya adalah menganalisis pesaing bisnis kuliner online di sekitar Anda. Pasti ada senior-senior yang sudah merasakan manis pahit jualan kue online. Dari sinilah Anda harus menjadikan pengalaman mereka untuk kemajuan toko kue online Anda. Misalnya, pelajari bagaimana teknik pemasaran hingga mempelajari crisis management mereka. Dengan menganalisis pesaing, Anda pun bisa mempersiapkan diri saat bisnis kue online Anda sewaktu-waktu diterpa badai.

Selalu kreatif dalam membuat kreasi kue baru

Menjadi pebisnis, Anda tak boleh statis. Meskipun kue Anda diminati banyak orang, Anda harus tetap kreatif untuk mengundang pembeli baru. Bagaimana caranya? Anda harus up to date dengan trend di dunia kuliner. Sering-seringlah memantau media sosial atau berita-berita di dunia kuliner agar Anda mendapatkan ide untuk membuat kreasi kue baru.

Buat logo brand yang menarik

Selain rasa kue yang enak dan unik, Anda juga harus bisa branding jualan kue online Anda. Salah satunya dengan membuat logo brand yang menarik. Logo brand yang menarik tentu membuat produk Anda lebih mudah dibedakan dengan produk-produk lainnya. Ingat, semakin unik dan menarik logo brand Anda, semakin calon pembeli tertarik untuk membeli produk Anda.


Kemasan kue pun harus cantik

Saat membuka bisnis kuliner online, pasti yang dilihat calon pembeli adalah kemasan kue Anda. Untuk itu, jangan asal membuat kemasan kue, ya. Buat kemasan yang cantik dan menarik. Dari kemasan yang cantik dan menarik, calon pembeli pasti semakin yakin membeli kue Anda. Mereka pasti bisa melihat bahwa Anda adalah pebisnis yang mengedepankan mutu produknya.


Pamerkan foto-foto kreasi kue Anda di media sosial

Cara memasarkan kue yang ampuh dan menjangkau calon pembeli secara lebih luas adalah lewat media sosial. Caranya sangat mudah, kok, Anda cukup mengunggah foto-foto kreasi kue Anda di media sosial. Jangan lupa untuk memperhatikan angle pengambilan gambar agar kue terlihat menggiurkan untuk dibeli. Selain memamerkan kreasi kue, Anda bisa mengunggah testimonial pembeli yang sudah approve dengan cita rasa kue yang dijual. Anda juga bisa menggunakan trik berikut supaya foto yang diambil terlihat menarik.


Atur proses pemesanan hingga pembayaran

Berjualan kue secara online seharusnya memudahkan transaksi jual-beli. Karena itu, Anda harus bisa mengatur proses pemesanan hingga pembayaran yang memudahkan pembeli. Misalnya, karena kue dibuat fresh, Anda harus membuka pre-order beberapa hari sebelum kue sampai di tangan pembeli. Setelah itu, atur transaksi pembayaran yang mudah, bisa lewat transfer bank atau cash on delivery. Terakhir, sediakan opsi pengiriman yang banyak dan aman, contohnya via jasa pengiriman ekspedisi atau ojek online.

Itulah tips yang bisa Anda ikuti bila ingin jualan kue online. Masih ragu jualan kue online karena modal tak cukup? Kini, Modalku menawarkan  produk pinjaman untuk pengusaha UMKM termasuk pedagang online. Persyaratan pinjaman modal usahanya sangat mudah, klik tombol ini untuk mengajukan pinjaman:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply