Akun Email Bisnis akan Meningkatkan Kredibilitas Anda

Akun Email Bisnis Sangat Penting Bagi Bisnis

Membuka usaha ternyata tidak sekadar menjual dan memasarkan produk saja. Ada berbagai persiapan supaya bisnis berjalan optimal. Persiapan tersebut berupa rencana bisnis, pemilihan produk yang hendak dipasarkan, lokasi, izin usaha, hingga meningkatkan brand awareness. Namun, tahukah Anda bahwa menyediakan kontak berupa email bisnis juga sangat penting?

Ada beragam pilihan kontak yang disediakan, mulai dari alamat kantor hingga media sosial—pemilihan alat komunikasi ditentukan berdasarkan dari popularitas dan banyaknya pengguna platform tersebut. Narahubung bisnis yang populer digunakan adalah nomor telepon, WhatsApp, media sosial seperti Instagram, serta fitur kirim pesan pada e-commerce. Meski begitu, alangkah baik apabila sebuah usaha memiliki email bisnis sebagai kontaknya. Mengapa email begitu penting? Melalui artikel ini, kami akan mengulas 7 alasan pentingnya memiliki akun email bisnis.

Baca juga: “4 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Iklan Instagram

Akun Email akan Membuat Kesan Profesional dan Terpercaya

Penting bagi sebuah bisnis untuk meninggalkan kesan profesional dan terpercaya di hadapan para konsumen. Hal tersebut dikarenakan para pembeli kebanyakan mempertimbangkan penyedia jasa/produk yang kredibilitasnya dapat dipertanggungjawabkan. Sama halnya saat menggunakan akun email, tidak jarang nama usaha disematkan pada alamat email bisnis supaya terlihat lebih profesional. Para konsumen juga terlihat lebih nyaman berkomunikasi dengan usaha yang sudah memiliki akun bisnis sendiri.

Cara Mudah Mengarahkan Konsumen kepada Website 

Email bisnis yang menggunakan alamat domain sesuai nama usaha akan mempermudah konsumen untuk mencari tahu informasi melalui website yang Anda sediakan. Hal tersebut dapat terjadi ketika konsumen butuh memeriksa kredibilitas alamat domain, mereka akan mencarinya di mesin pengguna dan menemukan bisnis Anda melalui website. Oleh karena itu,  penting juga untuk menyediakan website. Karena keduanya memiliki pengaruh besar mengoptimalkan branding pada produk dan usaha Anda.

Baca juga: “Peran Penting Website untuk Bisnis Offline”

Mengurangi Risiko Ditandai sebagai Spam 

Kelemahan saat mengirim informasi melalui email kepada para konsumen adalah adanya kemungkinan pesan yang Anda kirimi ditandai sebagai spam. Dengan menggunakan akun email bisnis, maka bisa memungkinkan email yang Anda kirim lolos dari filter spam. Alamat email yang profesional akan menghindarkan bisnis Anda dari risiko terkena spam, dengan begitu pesan tetap dapat tersampaikan dengan baik pada konsumen. 

Email adalah Media Marketing yang Tergolong Kuat 

Marketing dibutuhkan supaya produk dapat dikenali dan dijual secara cepat. Berbagai strategi dan persiapan dibutuhkan saat melaksanakan marketing. Termasuk dengan adanya penggunaan akun email bisnis. Akun email yang berkualitas berpotensi membangun komunikasi yang baik dengan konsumen, supplier, staff, dan berbagai industri lainnya. Email bisnis secara efektif sukses sebagai alat marketing untuk mendapat konsumen baru. Menurut themediagenius.com, 85% retail di Amerika Serikat mempertimbangkan email bisnis sebagai salah satu media marketing yang diandalkan. Ada berbagai aspek yang mendorong mereka untuk menggunakan email bisnis, yaitu lebih efektif, biaya yang murah dan dinilai lebih memenuhi target daripada media sosial. 

Melindungi Data Penting Milik Usaha dan Konsumen

Data yang kita miliki di internet berpotensi mengalami kerusakan berupa penyerangan dari virus dan hackers. Melindungi data yang berkaitan dengan konsumen sangat penting untuk dilakukan. Karena jika sebuah bisnis mengalami kebocoran data, hal tersebut berpotensi menghilangkan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, upayakan berbagai cara termasuk penggunaan akun email bisnis untuk melindungi data online yang usaha Anda miliki dari bahaya. 


Baca juga: “Hadirkan Pinjaman Terproteksi, Upaya Modalku Mewujudkan Pendanaan Lebih Aman”

Menghilangkan Iklan 

Tidak hanya melindungi data dari hacker dan virus, penting juga untuk mempertimbangkan penggunaan akun email bisnis untuk menghindari iklan yang muncul dari layanan email gratis. Berbeda dengan layanan email berbayar, Anda dapat menikmati layanan email yang lancar tanpa adanya iklan yang mengganggu. Komunikasi terjalin dengan baik tanpa takut konsumen merasa tidak nyaman dengan munculnya berbagai iklan. 

Itulah alasan pentingnya menggunakan akun email bisnis bagi usaha Anda. Tidak hanya sekadar mengirim pesan, Anda bisa mengiklankan website dan bisnis melalui alamat domain. Ingatlah selalu bahwa konsumen lebih memercayai alamat email yang kredibel dan profesional. Oleh karena itu, segeralah beralih menggunakan email bisnis demi meningkatkan pemasaran dan pengenalan bisnis Anda kepada para konsumen. 

Memudahkan Pengembangan Bisnis

Siapa yang tidak ingin bisnisnya berkembang? Maju dan berhasil stand out diantara para pesaing. Pada titik inilah kegunaan akun email bisnis sangat penting. Dengan adanya email bisnis, perusahaan Anda akan dilihat kredibel dan terpercaya, sehingga mudah mendapatkan pinjaman modal usaha. Baik itu berupa pinjaman dan maupun paylater, seperti Modalku Virtual Kredit. Penasaran dengan produk ini? Klik banner di bawah ini untuk dapatkan pinjamannya!

Paylater Modalku Virtual Kredit

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply