6 Cara Memulai Usaha Ayam Geprek yang Pedasnya Nagih

Bingung bagaimana cara memulai usaha ayam geprek? Apakah harus ambil franchise, atau bikin brand sendiri? Jika Anda berniat untuk memulai usaha ayam geprek sendirian, maka ada beberapa hal yang harus disiapkan. Kelebihannya, Anda bisa menjamin semua profit sepenuhnya milik Anda, tidak dibagi dengan franchisor

Kenapa ayam geprek lagi menjamur banget, ya? Sensasi ayam goreng tepung crispy digeprek dengan sambal bawang yang pedas, tentu begitu disukai siapa saja, baik yang muda maupun yang tua. Namun, Anda harus siap menghadapi sengitnya kompetisi bisnis ayam geprek. Supaya lebih siap, kali ini mari bahas cara memulai usaha ayam geprek yang pasti laris manis berikut ini!

Kalau mau pilih franchise, perhatikan 4 tantangan di bisnis ini!

Cara Memulai Usaha Pertama: Lihat Kondisi dan Permintaan Pasar 

Cara memulai usaha ayam geprek dimulai dengan melihat kondisi pasar. Observasi pangsa pasar yang menyukai menu ayam geprek ini, variasi ayam geprek seperti apa yang bisa Anda sajikan untuk menarik pembeli, dan seperti apa usaha ayam geprek yang ingin dijalani. 

Tak sampai di situ, ingatlah, ayam geprek merupakan menu yang disukai banyak orang. Jadi, tentunya banyak sekali orang yang menjual menu ini. Di balik bisnis ayam geprek ini, ada juga kekurangan dan kelebihannya.

Kekurangan dan kelebihannya sebenarnya sama, orang punya banyak pilihan ayam geprek sehingga Anda punya banyak saingan. Kelebihannya, menu ayam geprek ini sudah akrab di lidah banyak orang, jadi pasti banyak yang tertarik mencoba.

Lokasi Usaha Harus Strategis

Lokasi usaha yang strategis juga menentukan keberhasilan usaha ayam geprek yang kita bangun, lho. Kembali lagi, Anda harus melihat pangsa pasarnya. Ayam geprek ini merupakan menu yang disukai oleh anak muda, jadi sebaiknya pilih lokasi yang dekat dengan kampus. 

Selain itu, cek apakah di sekitar lokasi tersebut sudah ada kios ayam geprek lainnya. Jika sudah ada, mungkin Anda bisa pertimbangkan untuk membuat ayam geprek yang berbeda dari yang lainnya. Misalnya memberi aneka topping yang enak dan harga yang lebih murah.

Giat Cari Supplier Menjadi Bagian dari Cara Memulai Usaha yang Jitu

Cara memulai usaha ayam geprek yang tidak kalah penting adalah giat mencari supplier bahan-bahan segar. Dengan mencari supplier yang tepat, Anda bisa mendapatkan ayam yang kualitasnya bagus dengan harga yang ekonomis, apalagi kalau Anda membelinya dalam jumlah banyak. Kriteria lain dalam memilih supplier adalah cara pengirimannya yang aman, cepat, dan tepat waktu supaya persediaan bahan baku tetap ada di dapur tentunya dalam kualitas yang terjaga.

Supplier tetap lancar mengirimkan barang, jika arus kas lancar. Anda bisa menjaga arus kas dengan pinjaman ke Modalku. Klik poster di bawah ini untuk dapatkan pinjamannya:

Modal Kawan Mikro untuk usaha ayam geprek

Urus Segala Perizinan

Sudah mempersiapkan segala cara memulai usaha menu ayam geprek, jangan sampai mengabaikan perizinannya! Perizinan yang perlu diurus antara lain adalah peraturan pemerintah setempat, baik itu izin mendirikan usaha dan izin bangunannya. 

Supaya ayam geprek yang Anda jual juga lebih terpercaya, Anda wajib mengurus sertifikat halal dari MUI. Jika sudah mengurus perizinannya, bisnis ayam geprek Anda bisa berjalan dengan aman dan terhindar dari masalah di masa depan.

Usaha memang tidak selalu mulus, masalah keuangan kerap jadi penghalang. Tapi, ada cara untuk mengatasinya, pinjaman UMKM adalah salah satunya!

Cara Memulai Usaha Ayam Geprek Adalah Terus Berinovasi

Salah satu kekurangan ayam geprek adalah menu ini sudah dijual banyak orang. Semuanya menyajikan ayam goreng tepung digeprek dengan sambal bawang. Kalau kita menyajikannya dengan cara yang sama, tentu akan kalah saing. 

Itulah pentingnya Anda untuk terus berinovasi dengan ayam geprek buatan Anda. Cara berinovasi dengan ayam geprek adalah mengikuti tren makanan yang sedang berkembang. Misalnya menyajikan ayam geprek dengan saus keju, varian sambal yang bisa dipilih sendiri, tambahan kremes, sampai menu paket dengan minuman segar. 

Jeli Hitung Total Biaya dan Modal yang Dibutuhkan

Setelah sudah matang memulai usaha ayam geprek, Anda harus jeli dalam menghitung biaya yang diperlukan. Ada banyak biaya yang dibutuhkan pada bisnis ayam geprek ini. Mulai dari peralatan masak, bahan-bahan membuat ayam geprek, pembungkus makanan, biaya sewa tempat, meja, kursi, biaya operasional, dan tentunya biaya tak terduga. Apalagi kalau Anda juga harus mempekerjakan karyawan, biaya gajinya pun harus dihitung. Catat semua angkanya, barulah Anda bisa menyiapkan dana untuk modal usaha ayam geprek ini.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply