10 Contoh Usaha dengan Modal 1 juta

10 Contoh Usaha dengan Modal 1 juta

Anda ingin mencoba untuk membuka usaha dengan modal 1 juta? Meskipun modal yang tersedia hanya 1 juta, namun Anda dapat menjalankan berbagai macam usaha yang menguntungkan.

Banyak orang yang takut untuk memulai usaha karena harus mengeluarkan modal yang besar. Padahal, ada begitu banyak ide usaha dengan modal yang sedikit hingga tidak memerlukan modal sama sekali.

Ingin tahu apa saja contoh usaha dengan modal 1 juta tersebut? Simak pembahasan lengkap dari Modalku di bawah ini untuk melihat berbagai contoh usaha yang dapat Anda jalankan.

Berbagai Contoh Usaha dengan Modal 1 Juta

Modalku sudah menyiapkan 10 contoh usaha dengan modal 1 juta rupiah yang dapat Anda coba, yaitu:

1. Menjual Menu Sarapan

Contoh usaha dengan modal 1 juta yang pertama adalah menjual menu sarapan. Untuk menjalankan usaha ini, Anda hanya memerlukan modal untuk berbelanja sayur, lauk, nasi, bumbu, dan lainnya.

Selain modal untuk pembuatan menu sarapan, Anda juga perlu mengeluarkan modal untuk packaging. Sebagai tambahan, jika Anda ingin membuka usaha menu sarapan ini di rumah, maka ada modal tambahan yang perlu dikeluarkan untuk membeli etalase makanan atau cukup gunakan meja yang sudah ada di rumah.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil

2. Menjual Kue

Masih dalam bisnis makanan, Anda dapat menjual berbagai macam olahan kue seperti nastar, kastengel, lidah kucing, hingga kue basah seperti yang ada pada jajanan pasar. Anda dapat menjual kue dengan membuka toko di depan rumah ataupun memanfaatkan platform online.

Saat ini, membuka usaha makanan sangatlah mudah karena Anda dapat menggunakan jasa pengiriman makanan. Selain itu, ada juga berbagai macam aplikasi yang memudahkan Anda dalam menjual kue. Pembeli pun tidak perlu repot-repot mengunjungi toko Anda karena semua dapat dipesan secara online.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Sederhana untuk Menambah Penghasilan

3. Jasa Laundry Kiloan

Modal 1 juta sangatlah cukup untuk Anda membuka jasa laundry kiloan. Anda dapat membuka usaha laundry kecil-kecilan terlebih dahulu dengan memanfaatkan mesin cuci di rumah atau bahkan menggunakan tenaga tangan.

Jasa laundry kiloan banyak dibutuhkan oleh orang-orang, khususnya mereka yang sibuk bekerja seharian dan tidak memiliki waktu untuk mencuci baju. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka jasa laundry kiloan.

Baca Juga: Modalku Dukung Peran UMKM dalam Implementasi Ekonomi Hijau

4. Membuka Warung

Untuk membuka sebuah warung, Anda cukup mengeluarkan modal sebesar 1 juta rupiah saja. Modal tersebut sangat cukup untuk membeli berbagai barang yang biasa dijual di warung seperti makanan ringan, sabun, shampoo, sembako, dan lainnya.

Anda tidak harus mencari tempat dan membayar biaya sewa tempat per bulan untuk membuka warung. Silakan manfaatkan halaman depan rumah Anda untuk membuka warung kecil-kecilan sebagai peluang usaha yang menguntungkan dengan modal kecil.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Anak Muda

5. Menjadi Dropshipper

Apakah Anda tahu apa itu dropshipper? Dropshipper merupakan orang yang melakukan bisnis dengan menjual barang tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal 1 juta untuk menjalankan bisnis ini.

Untuk menjadi seorang dropshipper, Anda hanya perlu mencari supplier yang dapat diajak kerja sama dan mereka nantinya yang akan mengatur alur pemesanan barang hingga pengirimannya. Tugas Anda sebagai seorang dropshipper adalah melakukan kegiatan promosi dan memberikan data pesanan kepada supplier. Menarik sekali, bukan?

Baca Juga: Apa Itu Reksa Dana Syariah dan Cara Membelinya

6. Menjual Kaus Custom

Kaus menjadi kebutuhan sandang setiap orang. Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan modal 1 juta tersebut untuk menjual kaus yang sudah didesain secara khusus. Anda dapat mencari supplier kaus polos dan juga tempat print kaus untuk menjalankan usaha ini.

Baca Juga: Fungsi Kas Kecil dan Cara Mengelolanya

7. Menyewakan Ruang Kosong

Apakah Anda memiliki ruang kosong di rumah yang tidak digunakan sama sekali? Ruang kosong tersebut dapat dimanfaatkan sebagai usaha yang menguntungkan. Anda dapat menyewakan ruang kosong tersebut begitu saja atau menyulapnya menjadi berbagai macam ruang.

Biasanya, ada beberapa orang yang menyulap ruang kosong tersebut sebagai kamar tidur untuk disewakan sebagai kamar kos. Lalu ada juga yang menjadikannya sebagai studio foto dengan konsep yang unik dan menarik untuk disewakan bagi mereka yang ingin melakukan sesi pemotretan.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Inflasi di Indonesia, Apa Saja Ya?

8. Menyewakan Barang Tidak Terpakai

Selain ruang kosong, Anda juga dapat menyewakan barang-barang yang tidak atau jarang dipakai seperti mobil, kamera, komputer, dan lainnya. Jasa penyewaan seperti ini sangat menguntungkan dan dapat menjadi contoh usaha dengan modal kecil yang dapat Anda coba.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencari Modal Awal?

9. Membuka Warung Kopi

Warung kopi menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat masa kini. Di warung kopi, mereka dapat menikmati secangkir minuman kesukaan sambil mengerjakan berbagai aktivitas mereka.

Anda dapat menggunakan modal 1 juta tersebut untuk membuka warung kopi. Sebagai langkah awal, Anda bisa memanfaatkan lahan teras rumah untuk membuka warung kopi. Jika sudah ada modal tambahan, maka carilah tempat baru untuk membuka warung kopi yang lebih besar lagi.

Baca Juga: Peluang Usaha Adalah: Pengertian dan Ciri-cirinya

10. Menjual Souvenir Pernikahan

Contoh usaha terakhir dengan modal 1 juta yang dapat Anda coba adalah dengan menjual souvenir pernikahan. Untuk menjalankan usaha ini, caranya hampir mirip dengan menjalankan bisnis kaus custom.

Pertama-tama, Anda perlu mencari supplier yang menjual souvenir pernikahan dalam bentuk polosan. Lalu, carilah jasa pencetakan nama atau gambar sesuai dengan permintaan pembeli.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda mengenai 10 contoh usaha dengan modal 1 juta. Adakah contoh usaha yang ingin Anda coba dari informasi di atas?

Jika ingin mengembangkan usaha namun tidak memiliki modal, Anda dapat menggunakan layanan pinjaman modal usaha dari Modalku. Kami memberikan pinjaman dalam limit yang tinggi untuk membantu Anda dalam membuka usaha yang diinginkan. Hubungi kami sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan