Jangan Sembarangan, Begini 7 Cara Main Saham Pemula

cara main saham untuk pemula

Saham memang jadi salah satu investasi jangka panjang yang amat menjanjikan. Nilai return atau keuntungan investasi saham bahkan bisa dipakai untuk biaya pernikahan, beli rumah, dana pendidikan anak, hingga tabungan pensiun. Akan tetapi, dengan keuntungan yang besar itu datanglah risiko yang sama tingginya. Buat investor saham pemula, baiknya pahami konsep dasar investasi ini sebelum menanamkan modal. Seperti apa cara main saham pemula? Yuk, langsung cari tahu cara bermain saham untuk pemula yang aman.

Pahami Konsep Dasar Saham

Cara main saham pemula paling utama adalah memahami konsep dasar investasi ini sebelum menanamkan modal, terlebih dalam jumlah besar. Anda harus paham dulu dengan berbagai istilah dalam dunia saham, contohnya emiten dan dividen. Di samping itu, ketahui bahwa ada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang bertujuan untuk menampung aspirasi para pemegang saham dalam menentukan kebijakan yang tepat. Apa itu saham dan bagaimana cara kerja investasi ini pun perlu Anda pahami, lho.

Lakukan Analisis Saham

Cara bermain saham untuk pemula yang selanjutnya adalah melakukan analisis. Analisis dilakukan untuk melihat pergerakan naik turun harga saham. Tujuannya tentu agar Anda mendapatkan pilihan saham terbaik untuk ditanami modal. Tanpa analisis, Anda tidak akan tahu mana saham yang menjanjikan mana yang berisiko mengalami kerugian. Selain itu, analisis ini bisa dipakai untuk memutuskan kapan harus menjual, membeli, atau menahan saham yang dimiliki.

Pilih yang Cenderung Stabil

Jika ingin bermain aman dan minim risiko, cara main saham pemula adalah dengan memilih aset yang cenderung stabil pergerakannya. Saham yang cenderung stabil kecil kemungkinannya untuk anjlok, sehingga tidak akan merugikan para investor pemula. Namun, bukan berarti saham yang cenderung stabil tidak akan turun harganya. Kemungkinan itu tetap ada, tapi ketika terjadi penurunan nilainya tidak akan drastis.

Tentukan Rencana Bermain

Sebagai investor saham pemula, Anda pun harus menentukan rencana bermain. Dalam hal ini, Anda harus punya strategi investasi mulai dari memilih jangka waktu hingga saham yang akan dibeli. Perihal modal juga tak luput dari rencana bermain yang dijalankan. Sebagai contoh, Anda akan bermain saham dalam jangka panjang karena menarget keuntungan maksimal. Setelahnya, tentukan berapa modal yang akan ditanam dan pilih saham dengan reputasi baik.

Tentukan Indeks Saham

Mengetahui jenis indeks saham juga menjadi bagian penting dari cara main saham pemula. Sebagai informasi, ada 22 jenis indeks saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Di antara indeks saham itu ada yang namanya LQ45 atau IDX30 dengan likuiditas tinggi serta didukung perusahaan tepercaya. LQ45 terdiri dari 45 perusahaan sementara IDX30 adalah 30 saham dengan likuiditas paling tinggi.

Pilih Sekuritas Penyedia Saham

Ketika membeli saham, sudah pasti Anda akan membutuhkan perantara perusahaan sekuritas atau broker saham. Perusahaan sekuritas atau broker saham ini akan meminta imbalan berupa biaya transaksi yang Anda lakukan dalam jual beli saham. Oleh karenanya, cara bermain saham untuk pemula yang perlu diketahui agar tidak kaget adalah mencari perusahaan sekuritas dengan biaya rendah, misalnya 0.20 persen dari jumlah pembelian saham.

Jangan Gunakan Uang Panas

Terakhir yang tak kalah penting dari cara main saham pemula adalah hindari menggunakan uang panas. Uang panas yang dimaksud adalah uang yang sebenarnya Anda butuhkan untuk keperluan lain atau uang dari hasil berutang. Kesalahan investor saham saat pertama kali terjun menanamkan modalnya adalah asal menggunakan uang tanpa memikirkan apa itu uang panas atau bukan.

Sangat disarankan dalam cara main saham pemula ini, Anda menggunakan uang dingin atau istilahnya uang nganggur. Hindari sikap impulsif mencari keuntungan besar dengan memasukkan uang panas ke investasi saham. Masalahnya, bagus jika investasimu mendatangkan untung. Namun, jika nilai investasi itu sedang turun, Anda akan kesulitan finansial karena tak ada lagi uang untuk memenuhi kebutuhan.

Itulah ulasan mengenai cara main saham pemula yang benar-benar harus diterapkan untuk menghindari kerugian besar. Jika Anda sudah merasa siap, silakan berinvestasi pada saham. Namun, jika belum yakin dan ingin alternatif investasi dengan keuntungan menjanjikan untuk pemula, Anda bisa berinvestasi dengan ikut mendanai UMKM di Modalku. Bergabung sebagai pemberi dana UMKM di Modalku bisa dimulai dari Rp100 ribu dengan tingkat bunga 17 persen per tahun. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan