4 Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia

peran umkm dalam perekonomian indonesia

Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia dalam dibilang cukup penting. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang mandiri dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Maka dari itu, UMKM memiliki peran yang cukup signifikan dalam pertumbuhan ekonomi negara.

Lantas, apa saja sih peran UMKM ini terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian dan Klasifikasi Jenis-jenis UMKM

UMKM adalah istilah umum dalam dunia ekonomi yang mengacu pada usaha ekonomi produktif yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh UU Nomor 20 Tahun 2008. Pengklasifikasian UMKM biasanya didasarkan pada omzet pendapatan tahunan, total aset, dan jumlah karyawan.

Pemerintah sendiri telah mengklasifikasikan UMKM sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah berdasarkan kriteria dari omzet dan total kekayaan.

Setiap jenis harus merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari suatu perusahaan tertentu. Berikut ini adalah klasifikasi jenis-jenis UMKM di Indonesia:

1. Usaha Mikro

Usaha Mikro adalah usaha produktif atas nama orang perseorangan dan/atau badan usaha perorangan dengan jumlah kekayaan bersih paling banyak Rp. 50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Omzet tahunan yang dihasilkan oleh usaha kecil ini tidak lebih dari Rp 300 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Contoh usaha mikro antara lain warung kopi, pedagang asongan, pangkas rambut, dan pedagang pasar.

Baca Juga: Pinjaman Tanpa Jaminan, Cocok untuk UMKM?

2. Usaha Kecil

Total kekayaan bersih usaha kecil harus berkisar antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan usaha. Usaha kecil memiliki omzet tahunan lebih dari Rp 300 juta hingga maksimal Rp 2,5 miliar. Beberapa contoh usaha kecil antara lain restoran, kafe, katering, laundry, usaha fotokopi, bengkel sepeda motor, dan sejenisnya.

3. Usaha Menengah

Suatu usaha dapat dikatakan usaha menengah apabila total kekayaan bersihnya lebih dari Rp 500 juta sampai dengan maksimal Rp 10 miliar. Total penjualan tahunan usaha menengah juga harus lebih dari Rp 2,5 miliar hingga maksimal Rp 50 miliar. Restoran besar, pembuat roti, dan toko bangunan adalah beberapa contoh bisnis menengah yang paling dominan.

Peran UMKM Dalam Perekonomian Indonesia

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang ada saat ini telah mencapai 64,19 juta. Angka tersebut telah kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah.

Salah satu kontribusi penting dari UMKM terhadap perekonomian Indonesia adalah kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja dan dapat menghimpun hingga 60,4% dari total investasi.

Dari data di atas, Indonesia memiliki potensi basis ekonomi nasional yang kuat karena banyaknya jumlah UMKM, terutama usaha mikro dan daya serap tenaga kerja yang sangat besar. Jika ingin lebih berkembang, pemerintah dan pelaku usaha harus menaikkan ‘kelas’ usaha mikro menjadi usaha menengah.

Pemerintah yang menyadari potensi UMKM tersebut, telah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil sehingga dapat ditingkatkan menjadi usaha menengah dalam beberapa tahun terakhir. Kebijakan tersebut harus mendapat banyak dukungan dari masyarakat Indonesia agar perekonomian Indonesia cepat bertumbuh.

Sebagai salah satu pilar penting perekonomian Indonesia, UMKM memiliki peran yang cukup signifikan, antara lain:

1. Mendorong Pemerataan Ekonomi

UMKM berperan besar dalam membantu meningkatkan kondisi perekonomian di daerah-daerah kecil maupun terpencil sehingga masyarakat dari daerah tersebut dapat memiliki kesempatan untuk memperoleh berbagai kebutuhan primer di lingkungan sekitarnya. Hal ini jelas telah membantu negara dalam pemerataan ekonomi.

Baca Juga: Ketahui Cara Mendapatkan Bantuan UMKM untuk Usaha Anda

2. Meningkatkan Devisa Negara

Saat ini, sudah banyak sekali produk UMKM yang berhasil menarik perhatian konsumen mancanegara. Kegiatan ekspor yang dilakukan oleh pelaku UMKM ini jelas telah membantu meningkatkan devisa negara serta mendorong devisa negara untuk terus tumbuh.

3. Mendukung Ekonomi di Masa Krisis

Kemampuan beradaptasi yang dimiliki oleh UMKM mampu menopang kondisi perekonomian Indonesia ini di masa-masa kritis. Fleksibilitas ini jelas dapat membantu UMKM untuk terus tumbuh meskipun sedang mengalami atau dilanda oleh suatu krisis.

Baca Juga: Mari Mengenal UMKM dan Beragam Manfaat yang Dibawanya

4. Membuka Lapangan Pekerjaan

Keterampilan yang dibutuhkan untuk mengerjakan proses produksi atau manufaktur produk UMKM umumnya lebih ringan jika dibandingkan dengan perusahaan besar. Dengan demikian, lowongan kerja akan bertambah dan potensi penyerapannya pun sangat besar.

Demikian penjelasan mengenai UMKM yang dapat kami sampaikan. Jika Anda adalah salah satu pelaku UMKM dan sedang mencari modal untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat melakukan pinjaman online tanpa agunan di Modalku. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan