Memulai Usaha, Menjadi Pahlawan Ekonomi

Tanpa kita sadari, sebenarnya ada banyak pahlawan di sekitar kita. Tidak peduli seberapa besar jasa yang ia berikan, selama ia memudahkan hidup kita, ia adalah pahlawan. Mulai dari orang tua kita, sahabat, penjual makanan, tukang ojek online, hingga kurir ekspedisi. Mereka semua berjasa pada hidup kita. Mereka adalah pahlawan.

Namun, dari sekian banyak pahlawan, Anda bisa memilih untuk menjadi pahlawan dengan berbisnis atau memulai usaha. Mengapa harus memulai usaha?

Satu Upaya, Beragam Manfaat

Memang benar ada banyak cara menebarkan manfaat. Namun, dengan memulai usaha, Anda bisa memperoleh banyak hal dalam satu tindakan. Misalnya, Anda berjualan sepatu lokal secara online. Tentu dari hasil berjualan Anda akan mendapat keuntungan. Itu manfaat pertama. Kedua, pembeli Anda juga merasakan manfaat dari barang yang Anda sediakan. Ketiga, produsen sepatu juga pasti kecipratan untung karena Anda menjual barang buatan mereka.

Tidak berhenti di situ, kegiatan bisnis online yang Anda lakukan juga menggerakkan sektor ekonomi yang lain, misalnya sektor jasa logistik atau pengiriman barang. Secara tidak langsung, Anda telah “memberi” pekerjaan pada para kurir logistik, penjaga outlet, hingga karyawan perusahaan.

Tentu, manfaat yang Anda berikan dapat bervariasi tergantung pada bisnis apa yang Anda jalankan. Karena pada dasarnya, setiap bisnis memiliki dampak ekonomi baik skala lokal maupun nasional. Dengan menjadi pebisnis, Anda bisa membawa dampak positif bagi roda perekonomian.

Dengan Berbisnis, Anda Membantu Memenuhi Kebutuhan Banyak Orang

Saat memulai usaha, tentu skala bisnis Anda masih kecil atau bisa digolongkan ke dalam UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Untuk sektor bisnisnya, Anda tentu bisa memilih sesuai dengan kemampuan, keinginan, serta minat Anda. Bisa pilih sektor kuliner, kerajinan tangan, fesyen, hingga pertanian.

Karena skalanya masih kecil, tentu konsumennya juga masih orang-orang sekitar. Jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya, produk UMKM cenderung lebih dekat ke konsumen. Para pelaku UMKM tersebar di berbagai tempat di Indonesia, bukan hanya fokus di kota-kota besar. Keberadaan bisnis Anda ini, secara tidak langsung telah memperkecil jurang ekonomi. Masyarakat di kota terpencil tidak perlu repot jauh-jauh datang ke kota besar untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tidak salah memang menyebut pengusaha UMKM seperti Anda sebagai pahlawan ekonomi.

Kini, dengan adanya perkembangan bisnis digital, batasan geografis tak lagi berlaku bagi bisnis Anda.  Bisnis online menghilangkan arti “jarak” yang ada pada bisnis konvensional. Konsumen dapat membeli produk Anda dari mana saja dan di mana saja.

Peluang bisnis online ini tidak boleh Anda sia-siakan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, tentu banyak orang mencari barang secara online. Dengan modal kecil pun, Anda bisa memulai bisnis online. Saat usaha sudah mulai berkembang nanti, tentu Anda butuh modal untuk meningkatkan skala bisnis. Nah, Modalku punya solusinya. Melalui pinjaman usaha online atau modal online seller, Anda bisa mengembangkan usaha online dengan lebih mudah dan cepat. Segera klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman!

Ajukan Pinjaman

Lihat juga: “Memulai Bisnis Baru dengan 5 Peluang Bisnis Online Ini”

Mulai Dulu Aja

Ada banyak peluang bisnis yang bisa Anda gunakan. Memang, pandemi Covid-19 telah membuat ekonomi lesu, namun ada produk-produk yang justru laris saat pandemi. Mulai dari frozen food, perlengkapan kebersihan hingga perabotan rumah tangga. Pilih salah satu di antaranya, dan segera mulai bisnis Anda.

Lihat juga: “5 Peluang Bisnis Online Paling Menguntungkan di Tengah Pandemi”

Agar makin banyak menggaet calon pembeli, meng-online-kan bisnis adalah pilihan tepat. Apapun dagangan Anda, pasarkan bisnis secara online. Saat pandemi, peluang bisnis online juga semakin meningkat. Jangan lupa terapkan strategi pemasaran online yang jitu, pelan tapi pasti bisnis Anda akan semakin berkembang.

Bisnis reseller menjadi pilihan yang menarik. Selain bisa dijalankan secara online, modal yang dibutuhkan pun tidak banyak. Selain itu cara berbisnisnya pun cukup mudah. Anda bisa mempelajarinya lebih dalam di artikel ini: “Tips Mulai Bisnis Online dengan Jadi Reseller”. Setelah belajar, cobalah memulai bisnis. Di masa new normal tentu banyak orang yang memenuhi kebutuhan secara online. Kesempatan untuk sukses pun semakin besar. 

Kapan Saat yang Tepat Memulai Usaha?

Pertanyaan ini kerap terlontar dari calon-calon pengusaha. Memang, timing menjadi aspek penting dalam memulai bisnis. Selain bisa mendapatkan momen dari pasar atau konsumen, timing juga perlu untuk mengukur kesiapan Anda saat memulai usaha.  Karena apapun usahanya tentu memiliki risiko.

Pastikan Anda punya sejumlah dana cadangan saat merintis usaha. Ini penting karena di tahap awal berbisnis, belum banyak orang yang mengetahui brand Anda. Jadi menjual produk akan terasa sulit, risiko tidak laku pun semakin menghantui. Nah, dengan dana cadangan Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan.

Kedua, waktu yang tepat memulai usaha adalah saat Anda tidak menikmati pekerjaan saat ini. Tapi ingat, jangan meninggalkan pekerjaan hanya karena ada masalah dengan atasan atau rekan kerja. Bisa jadi Anda hanya butuh pelarian. Pastikan bahwa Anda memang benar-benar jenuh dan menginginkan tantangan baru.

Ketiga, waktu yang tepat memulai usaha adalah sekarang! Menunda-nunda untuk memulai bisnis bukan pilihan yang bagus. Saat situasi keuangan sudah mendukung (ada dana cadangan) & keinginan untuk mencari tantangan baru inilah waktu yang tepat. Peluang bisnis selalu ada dimana-mana dan selalu ada yang baru setiap hari. Satu di antara peluangnya adalah untuk Anda.

Segera raih kesempatan itu dan mulai usaha sekarang juga! Makin cepat memulai usaha, makin cepat pula manfaat yang bisa Anda sebarkan. Indonesia membutuhkan pengusaha-pengusaha yang menggerakkan roda perekonomian.

Selamat berjuang pahlawan ekonomi! Selamat hari pahlawan Indonesia!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply