Cara Live Streaming untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Banyak cara yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan pelaku bisnis online, salah satunya dengan cara live streaming atau video siaran langsung. Fitur media sosial ini terbukti cukup efektif menggaet pelanggan terutama pasar dari kalangan anak muda. Tertarik untuk mencobanya?

Lihat juga: “Tips Mulai Bisnis Online dengan Jadi Reseller”

Kelebihan Live Streaming

Banyak kelebihan promosi menggunakan live streaming. Ini karena calon pembeli bisa langsung melihat produk apa yang dijual secara real time sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan penjualnya. Selain itu, menurut penelitian terbaru, para calon pembeli sebagian besar memutuskan membeli barang atau jasa setelah menonton langsung dari video di smartphone

Selain lewat platform media sosial, sudah banyak e-commerce yang juga menyediakan live streaming untuk para mitranya dalam bisnis online. Dengan segudang manfaat itu, Anda bisa dengan mudah maksimalkan penjualan dengan siaran langsung. Nah, berikut strategi dan cara live streaming untuk mendongkrak penjualan bisnis online Anda. 

1. Siapkan kamera, tripod, dan microphone

Siaran langsung merupakan konten video yang diambil secara langsung dan diunggah di media sosial tanpa perlu direkam atau diedit terlebih dahulu. Karena digunakan sebagai media interaksi langsung dengan calon pembeli, persiapkan setidaknya 3 peralatan sebelum memulainya agar bisa menghasilkan kualitas video terbaik.

Perangkat pertama tentulah smartphone. Tak perlu smartphone yang mahal, saat ini sudah banyak smartphone terjangkau yang menyediakan kamera dengan kualitas yang cukup bagus. Pastikan pula smartphone didukung dengan jaringan internet yang berkualitas.

Agar lebih profesional, siapkan pula tripod. Tujuannya agar Anda bisa menyesuaikan posisi kamera dan membuat video yang dihasilkan bisa stabil, sehingga penonton bisa melihat dengan jelas produk yang dijual.

Anda juga perlu menggunakan mikrofon supaya informasi produk bisa disampaikan dengan jelas. Ini penting mengingat calon pembeli biasanya akan berinteraksi langsung dengan bertanya di kolom komentar. 

2. Konten padat dan ringkas

Cara live streaming yang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online adalah menyampaikan informasi yang padat dan ringkas. Ingat, tak semua viewer antusias berlama-lama menonton siaran langsung. 

Bagi Anda yang merasa pemula dan belum terlalu mahir di depan pemirsa, sebelum menyajikan siaran, Anda bisa latihan dengan kamera smartphone menyala atau bisa dengan merekamnya. Pakai penjelasan produk yang tidak monoton dan membosankan. Ketika akan melakukan siaran langsung, Anda wajib memahami dengan detail produk yang akan dibahas.

Lihat juga: Cara Berbisnis Online dengan Bikin Konten Digital Marketing

3. Prioritaskan kualitas visual dan audio

Cara live streaming berikutnya yakni prioritaskan pada kualitas visual dan video yang dihasilkan. Selain menggunakan tiga perangkat wajib yang sudah dijelaskan sebelumnya, perhatikan hal-hal pendukung lainnya. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam kualitas gambar live streaming adalah dengan menentukan background dan pencahayaan yang sesuai. Disarankan juga menggunakan outfit yang menarik selama siaran dan sesuai dengan tema yang dibahas.

Untuk menjaga kualitas audio, gunakan mikrofon. Saat ini, ada dua jenis mikrofon yang sering digunakan pelaku bisnis online, yakni mikrofon lapel yang bisa dipasang di kerah baju dan mikrofon directional yang menangkap suara dari jarak dekat.

4. Rajin interaksi dengan audiens

Selama melakukan siaran, rajin-rajinlah untuk berinteraksi dengan audiens. Jadilah diri sendiri dan tak perlu memaksakan meniru gaya penyampaian orang lain karena penonton biasanya tidak terlalu suka dengan karakter yang dibuat-buat.

Pembawaan yang santai juga diperlukan agar pemirsa bisa lebih nyaman dan antusias untuk terus mengikuti penjelasan. Sesekali ciptakanlah unsur kejutan dengan menyapa penonton. Tak jarang, audiens akan meninggalkan komentar di video, sehingga Anda bisa langsung meresponnya secara live

Tahukah Anda, berpromosi secara online dengan live streaming ini, banyak keunggulannya lho! Apa saja ya? Klik di sini!

5. Promosikan jadwal live streaming di media sosial

Promosi jadwal siaran sangat penting agar jumlah audiens semakin banyak. Anda bisa mengunggah pengumuman live di feed media sosial Anda. Cara live streaming efektif untuk menarik audiens sebelum siaran langsung adalah menawarkan promo menarik. Anda bisa menawarkan harga jual yang dengan diskon besar bagi audiens yang bergabung dalam live streaming.

Jadi, optimalkan segala sumber daya untuk meningkatkan penjualan bisnis online. Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman online untuk mendukung bisnis. Gunakan alternatif pinjaman online dari Modalku yang memiliki bunga kompetitif dan pencairan dana hingga Rp 2 miliar. Proses cepat dan aman, Anda pun siap untuk menjadi pemilik bisnis online. Segera dapatkan pinjaman untuk pengusaha online dengan klik tombol di bawah ini:

Ajukan Pinjaman


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply