Indonesia Fintech Summit 2020: Pentingnya E-KYC dalam Mendukung Inklusi Keuangan

Jakarta, 12 November 2020 – Proses e-KYC (electronic-Know Your Customer) merupakan aspek penting dalam dunia finansial teknologi atau Fintech. Hal ini menjadi topik dalam sesi “Just One Me: How e-KYC Supports Digital Transformation in Financial Services” di ajang Indonesia Fintech Summit 2020. Melalui proses e-KYC yang baik, berbagai tindak kejahatan siber seperti fraud, penipuan, hingga pencucian uang juga bisa dicegah.

Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan turut hadir sebagai pembicara. Pada kesempatan ini, Iwan mengemukakan bahwa selain faktor keamanan, e-KYC harus mudah dilakukan, khususnya bagi pengguna dari sektor UMKM. Dengan demikian, semua segmen bisa mengakses layanan keuangan dengan keamanan yang terjamin.

Selain dihadiri oleh pelaku industri Fintech, seperti Modalku, Link Aja, dan Bareksa, diskusi ini juga dihadiri oleh stakeholder pemerintah yakni dari PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) & BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional).

Melalui diskusi ini, diharapkan berbagai “pekerjaan rumah” bisa diselesaikan bersama-sama. Masalah-masalah seperti keterbatasan infrastruktur, akurasi data, hingga kemampuan pengguna dalam mengunggah dokumen harus mendapat perhatian agar penerapan e-KYC bisa berjalan maksimal, aman, dan mudah digunakan.


 Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply