5 Fitur Instagram yang Sering Dilewatkan oleh Pemilik Bisnis Online

Media sosial seperti Instagram tak hanya digunakan sebagai platform untuk membagikan video dan foto. Media sosial milik grup Facebook ini juga sangat berperan penting dalam strategi pemasaran online di era sekarang. 

Untuk menunjang berbagai fungsi tersebut, ada beragam fitur Instagram yang bisa dipakai untuk sarana promosi. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mengatrol omset penjualan bisnis online.  Berikut ini fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan untuk strategi pemasaran pelaku bisnis daring. 

Lihat juga: “5 Panduan Media Sosial Bagi UMKM”

Fitur Auto Reply

Media sosial seperti Instagram memiliki ciri khas yang interaktif. Tak hanya untuk mempromosikan produk agar bisa dilihat sebanyak mungkin calon pembeli, namun juga memungkinkan antar-penggunanya berkomunikasi.

Saat ini banyak calon pembeli cenderung kritis dan memiliki keingintahuan yang besar untuk bertanya lebih banyak sebelum memutuskan untuk membeli. Calon pembeli lazimnya akan bertanya di kolom komentar. Bagi akun bisnis dengan ribuan, bahkan jutaan followers, tentu sulit untuk membalas komentar pengikut secara manual. Sementara Anda harus memberikan respon yang cepat untuk calon pembeli. 

Instagram sendiri memiliki fitur auto reply atau balasan cepat yang identik dengan frequently ask question (FAQ). Cara mengaktifkannya juga cukup mudah, Anda tinggal membuka menu Setting > Pengaturan Bisnis > Balasan Cepat. 

Lihat juga: “Teknik Sales Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online”

Interaksi dengan Instastory

Fitur Instagram ini menjadi alat promosi yang sangat efektif dalam strategi pemasaran via online. Bahkan, menurut data yang dirilis Instagram, setiap hari ada sekitar 400 juta Instagram Stories yang diunggah penggunanya di seluruh dunia. Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah pengguna Instagram terbesar di dunia. 

Fitur ini memang memiliki kelemahan, yakni konten akan hilang setelah 24 jam. Namun, persentase Instagram Stories untuk dilihat follower sangatlah besar. Agar efektif, buatlah jadwal rutin kapan harus meng-upload stories.

Para calon pembeli juga bisa langsung merespon dengan berkomentar di fitur ini. Instagram Stories lebih menarik dengan melengkapi unggahan dengan stiker, polling, hingga fitur melempar pertanyaan. Gunakankanlah fitur Instagram ini secara maksimal untuk meningkatkan penjualan. Agar strategi pemasaran berjalan optimal, buatlah konten-konten yang menarik.

Flash Sale via Live Streaming

Fitur Instagram berikutnya yang harus dimaksimalkan adalah live streaming. Beberapa penelitian menyebut bahwa penjualan online bisa meningkatkan omset lebih tinggi ketika menggunakan fitur live ketimbang mereka yang tidak menggunakannya sama sekali.

Konten yang disiarkan sangat beragam. Fitur siaran langsung ini salah satunya bisa dimanfaatkan untuk melakukan flash sale. Berikan penawaran diskon yang lebih tinggi hanya saat melakukan live streaming. Agar semakin menarik, Anda juga bisa menyediakan program lelang selama live streaming.

Penasaran dengan tips & trik dalam live streaming? Klik di sini!

Anda juga bisa membuat konten penjualan dengan strategi pemasaran soft selling. Contohnya, jika Anda berbisnis kuliner, Anda bisa mengunggah proses di balik layar yang bercerita tentang proses pembuatan makanan di dapur. Gunakanlah konten-konten visual yang menghibur. 

Evaluasi Bisnis Pakai Insight

Audience insight berfungsi untuk memberikan masukan atau informasi penting terkait profil pelanggan Anda. Fitur Instagram ini akan menganalisis pengguna yang masuk ke profil, lalu memberikan informasi terkait usia, jenis kelamin, demografi, lokasi, dan informasi penting lainnya. 

Tambahan informasi kriteria pelanggan tersebut akan bisa membantu Anda membuat patokan konten-konten produk yang diunggah. Misalnya seperti apakah sebagian besar pelanggan adalah usia muda atau berusia lanjut. Jika sudah mengetahui profil sebagian besar pembeli, tentu akan lebih mudah menentukan konten yang sesuai dengan audiens. 

Tulis Hashtag di Setiap Post

Hashtag atau tagar sangat berperan penting untuk strategi pemasaran di Instagram. Bagi pebisnis online, penggunaan hashtag bisa dikatakan wajib dilakukan. Anda perlu memilih tagar yang mungkin sesuai atau paling dicari calon pembeli. Buatlah tagar yang unik dan mudah diingat. 

Sebaiknya, manfaatkan fitur Instagram ini dengan bijak, jangan terlalu banyak menyematkan hashtag karena justru akan dikategorikan Instagram sebagai spam. Batasi jumlahnya dengan maksimal 15 hashtag dalam sekali posting

Sebagai informasi, pelaku usaha bisnis online bisa mengatasi masalah keterbatasan modal dengan pinjaman online peer-to-peer lending yang ada, salah satunya Modalku yang memberikan pinjaman secara online dengan proses yang cukup mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman untuk bisnis online dengan klik tombol di bawah ini!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply