Pinjaman Tanpa Jaminan, Cocok untuk UMKM?

pinjaman tanpa jaminan

Anda tentu telah sering mendengar tentang pinjaman tanpa jaminan atau pinjaman tanpa agunan. Akan tetapi, tahukah bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pinjaman ini? Berikut adalah penjelasan lengkapnya mengenai pinjaman ini dan cara memperolehnya!

Apa itu pinjaman tanpa jaminan? 

Pinjaman tanpa jaminan adalah pinjaman yang diberikan dalam bentuk uang tunai. Peminjam dapat mendapatkannya tanpa perlu memberikan agunan. Biasanya, pinjaman ini diberikan untuk keperluan modal kerja, biaya sekolah, membangun atau merenovasi rumah, dan lain-lain.

Kelebihan dari pinjaman tanpa jaminan ini adalah tidak adanya syarat minimal pendapatan yang harus dipenuhi peminjam. Bagi UMKM, kelebihan tersebut bisa menjadi peluang yang besar. Pemilik UMKM tidak perlu menyertakan minimal pendapatan mereka untuk mencari pinjaman modal.

3 Cara mendapatkan pinjaman untuk UMKM

Setelah mengetahui apa itu pinjaman tanpa jaminan, kini saatnya Anda tahu bagaimana caranya mendapatkan pinjaman untuk UMKM. Simak penjelasannya di bawah ini!

Tentukan jenis pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, penting sekali bagi pemilik UMKM untuk menentukan jenis pinjaman seperti apa yang akan diajukan. Pemilik UMKM bisa memilih pinjaman ini atau pinjaman dengan jaminan. Pinjaman untuk UMKM dengan jaminan atau agunan dan tanpa agunan punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri.  

Pinjaman tanpa agunan memiliki bunga yang relatif rendah, jangka waktu pinjam yang lama, serta jumlah pinjaman yang besar, tergantung pada jaminan yang diberikan si peminjam. Sementara itu, pinjaman dengan jaminan memiliki proses pencairan dana yang cukup rumit, sebab kreditur akan melakukan survei terlebih dahulu.

Di antara dua jenis pinjaman ini, pemilik UMKM harus memilih mana yang paling tepat untuk diterapkan. Biasanya, pinjaman dengan jaminan membutuhkan minimal pendapatan yang harus dipenuhi oleh peminjam. Jika jumlah pendapatan bisnis Anda belum mencapai batas tersebut, Anda bisa menggunakan pinjaman tanpa jaminan.

Lengkapi dokumen persyaratan

Setelah menentukan jenis pinjaman, langkah selanjutnya adalah melengkapi dokumen persyaratan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan serta melancarkan dalam mengajukan pinjaman. Semua persyaratan harus disiapkan dengan lengkap. Ada enam dokumen yang sangat penting untuk disiapkan sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan.

– Kartu Tanda Penduduk (KTP);

– Kartu Keluarga (KK);

– Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT);

– Rekening koran tiga bulan terakhir;

– Kelengkapan surat usaha;

– Laporan transaksi serta dokumen rencana investasi.

Jangan lupakan prinsip 5C

Hal penting yang harus diingat dalam melakukan pinjaman tanpa jaminan adalah selalu mengingat prinsip 5C. Adapun konsep dari 5C adalah Capacity, Collateral, Character, Conditions, dan Capital. Lima hal ini yang nantinya akan diperhitungkan sebelum memutuskan apakah si peminjam bisa mendapatkan pinjaman usaha atau tidak. 

Capacity adalah kemampuan dalam mengembalikan pinjaman usaha. Hal ini biasanya dilihat dari cara peminjam mengelola keuangannya. Collateral adalah aset yang dimiliki peminjam untuk menjadi jaminan. Character adalah penilaian kepribadian peminjam. Condition adalah situasi lingkungan yang mempengaruhi keadaan usaha. Terakhir, Capital adalah pendapatan bersih dari UMKM atau usaha yang tengah dijalankan.

Ajukan pinjaman tanpa jaminan di Modalku saja!

Dalam membantu UMKM agar terus berkembang, Modalku menyediakan pinjaman yang bisa digunakan oleh para pelaku UMKM. Semua UMKM bisa mengajukan pinjaman ini ke Modalku dengan persyaratan yang cukup mudah, yakni KTP, foto selfie, mutasi rekening usaha, serta laporan penjualan usaha. Selain itu, dana juga bisa dicairkan langsung ke rekening pemilik UMKM, sehingga bisa memperluas usaha tanpa perlu ada hambatan terkait modal.

Selain mudah dan tanpa jaminan, Modalku juga telah menjadi platform pinjaman yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apa lagi? Klik tombol di bawah ini untuk mulai mengajukan pinjaman tanpa jaminan atau untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait Modalku!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan