Kisah Pemimpin Wanita dalam #MakingHerStory

Halo sobat Modalku, bertemu kembali dengan Boss Mom di Funding Societies, Vi Cher Chua beliau adalah Associate Director Legal and Corporate Secretarial (SG, MY, TH). Inilah yang dia ceritakan saat kami bertanya tentang apa artinya menjadi Woman in Leadership di Funding Societies.

Ceritakan tentang kepemimpinan yang telah Anda pelajari, yang unik untuk menjadi seorang pemimpin wanita?

Saya belajar bahwa kualitas kepemimpinan yang unik bagi wanita adalah memiliki kecenderungan untuk peduli, memelihara, dan memberdayakan orang lain.

Saya peduli dengan rekan tim saya baik di bidang profesional maupun pribadi, karena saya percaya bahwa kesejahteraan mereka dalam kehidupan pribadi juga memiliki peran penting dalam kinerja profesional. Saya menjangkau mereka secara pribadi untuk saling terhubung, sehingga bisa mengenal mereka secara pribadi.

Terhubung dan saling peduli dengan tim, saya lakukan demi tujuan pekerjaan, karena saya benar-benar peduli pada mereka (tergantung jika mereka juga terbuka untuk terhubung atau punya batasan privasi sendiri). Ketika saya memahami tujuan kehidupan profesional dan kehidupan pribadi mereka dengan lebih baik, hal itu membantu saya untuk bisa melatih mereka secara efektif dan membantu memelihara kekuatan mereka. Saya juga percaya dengan memberdayakan tim saya, itu akan memberikan kesempatan mereka untuk bersinar dengan cara mereka sendiri.

Apakah Anda mendapatkan inspirasi dari sosok wanita profesional lainnya? Ceritakan tentang seseorang yang telah menginspirasi Anda!

Saya terinspirasi dari Sheryl Sandberg. Sebagai perempuan yang sukses dalam karirnya, ia tidak lupa untuk terus memberikan keyakinan kepada perempuan generasi penerus melalui gerakan, kampanye dan buku, bahwa semua perempuan itu sama baiknya, meskipun tidak bekerja kantoran.

Apa yang memotivasi Anda dalam bekerja?

Perkembangan diri dan kemampuan untuk membawa perubahan ke arah lebih baik bagi masyarakat. 

Apa saran Anda bagi pemimpin perempuan generasi selajutnya?

Percaya diri dan jangan menyerah. Ingatlah bahwa diri Anda berharga!

Bagaimana FSMK Memberdayakan Anda melalui #breakthebias dan menjadikan kamu seorang pemimpin? 

Saya menaruh rasa hormat pada perusahaan karena telah diberikan jalan yang mulus untuk menumbuhkan peran kepemimpinan untuk saya. Saya juga bangga karena FSMK terus mendukung karir saya. Hal ini terbukti dengan adanya peran saya sebagai ibu tidak menggangu peluang saya dalam meraih promosi, peningkatan gaji, begitu juga dengan bonus. 

Bagaimana seharusnya wanita dapat mendukung rekan-rekan wanitanya dalam organisasi? 

Terus berpegang tangan, Mari kita lawan bias gender dalam bentuk tindakan, pernyataan, dan keputusan!

Apa yang paling menarik bagi Anda dari Program FSMK #makingHERstory – Women in Leadership?

FSMK peduli terhadap wanita dan wanita dianggap layak untuk perusahaan. Melalui program Women in Leadership, saya belajar untuk mengenal suatu kondisi yang dikenal sebagai sindrom impostor yang sudah lama mempengaruhi karir wanita.

Kamu juga merupakan bagian dari inisiatif #BossMom – sebuah komunitas dari para ibu di FSMK untuk mendukung sesama ibu-ibu. Bagaimana peran sebagai seorang ibu mempengaruhi gaya kepemimpinan Anda?

Saya baru saja menjadi seorang ibu. Sebelum menjadi ibu, saya dikenal sebagai orang yang tegas dan jarang ragu-ragu. Menjadi ibu mengajari saya bahwa saya mungkin telah melewatkan keseluruhan gambar jika saya tetap memiliki pola pikir dan mentalitas menilai cepat yang sebelumnya. Saya percaya bahwa saya sekarang membuat keputusan dengan lebih baik dan berempati.

Saya percaya bahwa menjadi ibu memberi semua wanita pencerahan yang berbeda dan saya rasa itu indah dan unik bagi seorang wanita.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan