Kenali Apa Itu Tenor dalam Proses Pinjaman Dana Online

Anda mungkin sering melihat pinjaman dana online dengan tulisan “tenor sesuai kebutuhan.” Sebenarnya, apa itu tenor pinjaman? Tenor pinjaman adalah jangka waktu Anda harus membayar cicilan per bulan atau melunasi pinjaman tersebut. Jadi, misalnya tertera tenor pinjaman 12 bulan, itu artinya Anda perlu melunasi pinjaman tersebut dalam 12 bulan. Total pinjaman akan dibagi 12 bulan, ditambah dengan bunga per bulan. Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut ini informasi lengkapnya.

Kapan perlu pinjaman dana online bertenor pendek

Jika Anda ingin membeli barang-barang dengan harga yang tidak mencapai ratusan juta rupiah, misalnya seperti ponsel atau laptop baru, maka pinjaman dengan tenor pendek bisa jadi pilihan. Mengapa begitu? Keuntungan dari memilih pinjaman bertenor pendek adalah Anda bisa lebih cepat melunasi utang. Tidak perlu membayar cicilan setiap bulan selama lebih dari 1 tahun, dalam hitungan 3-6 bulan, atau bahkan 30 hari saja, Anda sudah bisa bebas dari tanggung jawab membayar pinjaman.

Selain itu, total pinjaman yang Anda bayar pun lebih rendah daripada ketika mengambil pinjaman bertenor panjang. Namun, kekurangannya adalah cicilan per bulannya yang lebih besar. Karenanya, tidak disarankan untuk mengambil pinjaman bertenor pendek dalam nominal yang terlampau besar.

Baca juga: Ubah Bisnis Offline Jadi Online dengan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Misalnya, Anda ingin membeli mesin kasir dan kulkas baru untuk toko seharga Rp12 juta dengan mengambil pinjaman online. Ketentuan pinjaman ini adalah tenor 3 bulan dan bunga 2% per bulan. Maka, perhitungannnya adalah sebagai berikut:

 Bulan 1Bulan 2Bulan 3
Pokok PinjamanRp4.000.000Rp4.000.000Rp4.000.000
Bunga per bulanRp80.000Rp80.000Rp80.000
Total pinjaman  Rp12.240.000

Kapan perlu pinjaman dana online bertenor panjang

Mengambil pinjaman dana dengan tenor panjang biasanya dilakukan untuk pembelian dalam nominal yang besar, puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tenor panjang merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menggunakan pinjaman untuk membeli barang-barang seperti kendaraan, properti, atau aset usaha yang nilainya besar.

Keuntungan dari mengambil pinjaman bertenor panjang adalah cicilan per bulan yang lebih ringan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan nominal cicilan yang harus dibayarkan per bulan, selama Anda tepat memilih produk pinjaman, ya. Akan tetapi, kekurangan dari pinjaman bertenor panjang adalah Anda harus berkomitmen membayar cicilan selama bertahun-tahun dan juga total pinjaman yang melambung tinggi.

Ada pinjaman yang memberikan tenor 3 tahun, ada juga yang bisa sampai 25 tahun. Karena itu, umumnya pihak pemberi pinjaman meminta bukti slip gaji atau dokumen lain untuk menjamin bahwa peminjam memiliki pendapatan tetap dan mampu melunasi cicilan sesuai tenor.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan Model Bisnis B2B, Pinjaman Dana Online Salah Satunya

Peran tenor

Tenor memiliki peran yang sangat penting, baik itu bagi debitur (peminjam) maupun kreditur (pemberi pinjaman). Bagaimana tidak, apa itu tenor pinjaman adalah durasi Anda harus melunasi pinjaman tersebut. Tanpa adanya tenor, Anda sebagai peminjam tidak memiliki pegangan soal sampai kapan harus membayar cicilan, begitu pula dengan pihak peminjam.

Selain itu, Anda juga tidak tahu berapa nominal cicilan yang harus dibayar per bulannya. Entah itu tenor pendek atau panjang, setidaknya Anda bisa bernapas lebih lega karena sudah menyepakati waktu pelunasan pinjaman.

Faktor penentu tenor

Secara umum, pihak penyedia pinjaman, termasuk pinjaman dana online, menawarkan pilihan tenor. Jadi, Anda sebagai peminjam diberikan fasilitas untuk memilih tenor mana yang paling tepat. Namun tenang saja, kesepakatan tenor bisa Anda konsultasikan dengan penyedia pinjaman. Ada beberapa faktor untuk menentukan tenor pinjaman. Pertama, kesanggupan peminjam dalam membayar cicilan. Kedua, nominal pinjaman yang diambil.

Jika pendapatan bersih per bulan Anda mencapai Rp10 juta, tentu tidak bisa mengambil tenor pendek untuk pinjaman besar dengan cicilan lebih dari Rp10 juta per bulan. Anda bisa melakukan perhitungan sendiri atau sesuai dengan saran dari pihak penyedia pinjaman.

Baca juga: Mau Buka Usaha Toko Roti? Jalankan Sekarang dengan Pinjaman Dana Online

Ambil pinjaman resmi dengan tenor fleksibel

Satu hal utama yang harus Anda perhatikan sebelum mengambil pinjaman, terutama pinjaman dana online, adalah legalitasnya. Apakah pihak penyedia pinjaman sudah terdaftar, berizin, dan diawasi oleh OJK Indonesia? Jika sudah, maka Anda bisa langsung mencari tahu informasi pinjaman tersebut. Sebelum pilih tenor, cari juga pinjaman yang menawarkan suku bunga kompetitif. Kemudian, sesuaikan tenor dengan kondisi finansial Anda. Sebagai saran, jangan sampai cicilan pinjaman per bulan melebihi 30% dari pendapatan Anda.

Jika Anda tengah mencari pinjaman dana online untuk usaha Anda dengan suku bunga kompetitif dan pilihan tenor yang menarik, Modalku adalah solusinya. Sudah berizin dan diawasi oleh OJK Indonesia, Modalku siap memberikan produk pinjaman online tanpa agunan dengan proses pengajuan yang praktis dan aman!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply