5 Cara Meningkatkan Penjualan Model Bisnis B2B, Pinjaman Dana Online Salah Satunya

Bagi Anda yang masih awam, mungkin belum memahami peran pinjaman dana online untuk bisnis B2B. Business to Business (B2B) adalah model bisnis di mana penjualan produk atau jasa disediakan oleh satu bisnis dan ditujukan untuk bisnis lain. Contoh model bisnis B2B adalah saat Anda mempunyai bisnis penjualan bahan pakaian dan Anda menjual produk tersebut ke outlet pakaian lainnya. Nah, salah satu cara meningkatkan penjualan model bisnis B2B adalah dengan menggunakan pinjaman dana online.

Selain menggunakan pinjaman dana online, masih ada beberapa cara bagi Anda untuk meningkatkan penjualan model bisnis B2B Anda. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

Teliti Kebutuhan Target Klien dan Industri yang Disasar

Saat Anda sudah menemukan calon klien yang tepat, Anda juga perlu mempelajari industri dan bisnis yang mereka punya. Hal ini supaya Anda bisa memasarkan produk atau jasa Anda dengan lebih baik lagi. Dengan mempelajari industri yang digeluti klien, Anda bisa memprediksi jenis produk atau jasa apa yang sangat mereka butuhkan.

Agar produk atau jasa Anda terlihat lebih menarik, Anda juga bisa mempelajari target pasar dari klien Anda. Pembelajaran ini akan menguntungkan Anda karena Anda jadi bisa memasarkan produk atau jasa Anda kepada klien sesuai dengan kebutuhan target pasar mereka.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Klien Baru untuk Usaha Anda

Jalin Hubungan dengan Calon Klien dan Klien yang Sudah Ada

Tentunya Anda harus senantiasa menjaga hubungan dengan semua klien Anda, baik itu klien lama, baru, ataupun calon klien. Hubungan yang baik akan menjamin loyalitas klien Anda, sehingga mereka akan terus membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan dan tidak berpaling pada pemasok lain. Berikan penawaran-penawaran menarik untuk klien setia. Klien yang puas akan secara gratis membantu memasarkan produk atau jasa Anda ke rekan-rekan bisnis mereka.

Pinjaman Dana Online Bisa Digunakan untuk Optimalisasi Marketing

Cara berikutnya untuk meningkatkan penjualan model bisnis B2B Anda adalah dengan menggunakan pinjaman dana online untuk meningkatkan intensitas pemasaran produk atau jasa Anda. Salah satu strategi pemasaran yang bisa Anda coba adalah dengan membuat acara sendiri.

Acara ini bisa berupa pertemuan kecil-kecilan dengan calon klien Anda, di mana Anda bisa fokus memasarkan produk Anda ke target yang sudah Anda pilih. Cara lainnya adalah dengan mengikuti pameran. Tentunya jika mengikuti pameran, Anda diharuskan untuk membuat booth yang bisa menarik perhatian calon klien.

Baca juga: Jadi Juragan Usaha Pecel Lele dengan Pinjaman UMKM

Pendanaan strategi pemasaran ini tentunya bisa Anda dapatkan dari pinjaman dana online. Dewasa ini, pinjaman dana online menjadi pilihan menarik bagi banyak pelaku usaha yang ingin meningkatkan penjualan mereka. Salah satu pinjaman dana online yang terpercaya adalah Modalku.

Modalku memberikan pinjaman dana online dengan tenor yang fleksibel, sehingga cocok bagi pengusaha online dan offline. Untuk informasi nilai dan syarat-syarat pinjaman, bisa Anda cek informasi lengkapnya di laman resmi Modalku ya.

Selalu Konsisten Menawarkan Produk dan Jasa

Saat melakukan promosi untuk produk atau jasa Anda, ingatlah untuk selalu konsisten. Contohnya berikanlah informasi berkala mengenai produk-produk baru melalui email. Anda juga bisa menawarkan potongan harga pada klien setia Anda. Buatlah informasi yang Anda berikan terlihat menarik, seperti penjelasan manfaat produk. Selain itu, Anda juga bisa menyertakan testimonial dari klien-klien Anda sebelumnya supaya calon klien akan semakin tertarik untuk memilih produk Anda.

Baca juga: Cara Manajemen Bisnis yang Masih Baru Dirintis

Langsung Hubungi Decision Maker

Ketika Anda sedang memasarkan produk atau jasa Anda, pastikan Anda melakukannya pada decision maker dan bukan hanya staff saja di perusahaan target Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam mendapatkan keputusan pembelian lebih cepat dibanding jika Anda berbicara dengan staff.

Keuntungan dalam bertemu langsung decision maker di perusahaan calon klien Anda adalah Anda bisa langsung menanyakan preferensi mereka. Preferensi ini bisa membantu Anda untuk menyesuaikan produk atau jasa mana yang cocok untuk ditawarkan kepada calon klien. Calon klien juga bisa mengetahui apakah produk atau jasa yang ditawarkan bisa dibuat custom agar lebih sesuai dengan kebutuhan mereka.

Itulah lima cara meningkatkan penjualan model bisnis B2B yang dapat kami berikan untuk Anda. Untuk informasi lainnya terkait dengan bisnis, baca artikel-artikel bisnis lain dari Modalku, yuk!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply